SOLOPOS.COM - Sejumlah mahasiswa menggelar aksi simpatik dengan membawa poster bertuliskan "Indonesia bersyur pemilu sukses" di arena Car Free Day (CFD) Kota Solo, sepanjang Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (13/4/2014). Aksi tersebut mereka gelar sebagai wujud rasa syukur karena rangkaian kegiatan pemilihan calon anggota lembaga legislatif pada Pemilu 2014 berlangsung dengan aman. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN-Sebanyak 16 orang anggota DPRD Klaten incumbent periode 2009-2014 diprediksi bisa bertahan dalam Pemilu Legislatif 2014. Hal itu berdasarkan data sementara yang diperoleh Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (15/4/2014).

“Informasi yang kami peroleh, ada 16 orang anggota DPRD Klaten incumbent yang masih bertahan dalam Pemilu Legislatif 2014. Jumlah itu dari total 50 orang yang bisa menduduki kursi DPRD Klaten,” kata seorang narasumber di DPRD Klaten kepada wartawan yang enggan disebut namanya, Selasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan perkiraan perhitungan perolehan suara dari sejumlah partai politik, 50 kursi itu di antaranya diisi 19 kursi untuk PDIP, sembilan kursi untuk Partai Golkar, dan lima kursi untuk Partai PAN. Selain itu, lima kursi untuk PKS, lima kursi untuk Partai Gerindra, dua kursi untuk Partai Hanura, beberapa lainnya untuk PPP, PKB, Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat.

Sementara, menurut informasi yang diperoleh dari seorang perwakilan Fraksi Golkar, ada sembilan kursi yang bisa diraih. Sembilan kursi itu terdiri atas daerah pemilihan (dapil) 1 sebanyak dua kursi, dapil 2 sebanyak tiga kursi, dapil 3 sebanyak dua kursi, dapil 4 sebanyak satu kursi, dan dapil 5 sebanyak satu kursi.

Sedangkan Fraksi PDIP memprediksi memperoleh 19 kursi dalam perolehan suara Pemilu Legislatif 2014. Terdiri atas dapil 1 sebanyak tiga kursi, dapil 2 sebanyak tiga kursi, dapil 3 sebanyak dua kursi, dapil 4 sebanyak empat kursi, dan dapil 5 sebanyak lima kursi hingga enam kursi.

Di sisi lain, informasi dari PAN, diprediksi memperoleh sebanyak lima kursi yang mewakili masing-masing dapil. “Dari hasil sementara Pemilu Legislatif 2014 untuk DPRD Klaten, kami memprediksi ada lima calon legislatif yang bisa mewakili masing-masing dapil. Jadi, satu dapil ada satu wakil,” kata Sekretaris DPD PAN Klaten, Nurcholis Madjid, kepada wartawan, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya