Striker FC Barcelona Luis Suarez. (Reuters/Paul Hanna)

Solopos.com, JAKARTA - Juara bertahan FC Barcelona menghantam Valencia dengan skor telak 5-2, sebaliknya pemimpin klasemen sementara Atletico Madrid ditaklukkan tuan rumah Real Sociedad dalam pertandingan pekan keempat Divisi Primer La Liga Spanyol pada Minggu (15/9/2019) dini hari WIB.

Tampil tanpa Lionel Messi yang tengah cedera, Luis Suarez mampu memainkan peran supersub yang mengemas dua gol saat membantu Barcelona membekuk tamunya Valencia 5 - 2 di Stadion Nou Camp di Varcelona.

Suarez yang baru pulih dari cedera memasuki lapangan sebagai pemain pengganti pada menit ke-60 dan hanya memerlukan waktu 71 detik untuk kemudian mencetak gol untuk Barcelona, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Penyerang Uruguay itu menerima bola sodoran Arthur Melo di tepi kotak penalti, merangsek ke dalam melakukan sebuah gerakan tipu, dan mencetak gol ke tiang dekat dengan tembakan lengkung.

Lantas pada menit ke-82, Suarez menandai penampilan kembalinya dengan gol keduanya menyambut umpan tarik Antonio Griezmann untuk memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 5 - 1, namun Maxi Gomez kemudian memperkecil kekalahan Valencia menjadi 2 - 5 lewat sundulannya pada masa injury time.

Sebelumnya, penyerang muda Ansu Fati sukses melanjutkan penampilan gemilangnya bersama Barcelona dengan membuka keunggulan tuan rumah saat laga baru berjalan 2 menit.

Lantas 5 menit kemudian Frenkie de Jong akhirnya mencetak gol debutnya untuk menggandakan keunggulan Barcelona.

Valencia sempat memperkecil ketertinggalan lewat Kevin Gameiro yang berhasil menyelesaikan umpan terobosan kiriman Rodrigo Moreno pada menit ke-27, yang keabsahannya harus dikonfirmasi oleh video asisten wasit (VAR) karena dugaan offside.

Meski Valencia berusaha untuk menyamakan kedudukan, 6 menit memasuki babak kedua Barcelona justru merestorasi keunggulan dua gol berkat gol Gerard Pique yang bermula dari sepak pojok.

Kemenangan tersebut mengangkat posisi tim besutan Ernesto Valverde ke peringkat keempat dengan koleksi tujuh poin, sementara Valencia (4) melorot ke urutan ke-14.

Hasil itu menjadi laga debut yang buruk bagi pelatih baru Valencia, Albert Celades, yang baru ditunjuk menggantikan Marcelino Garcia Toral.

Sementara itu, Atletico Madrid menelan kekalahan 0 - 2 di markas Real Sociedad Stadion Reale Arena, San Sebastian. Padahal Atletico selalu menang di tiga laga sebelumnya.

Dua gol yang disarangkan Martin Odegaard dan Nacho Monreal tak mampu dibalas satu pun oleh anak asuh Diego Simeone meski diperkuat remaja termahal di dunia Joao Felix.

Felix bahkan cuma menciptakan satu peluang pada menit ke-51 saat menerima umpan tarik Kieran Trippier, namun sontekannya dari tiang dekat menyamping dari sasaran.

Berselang 6 menit kemudian ia ditarik keluar digantikan Angel Correa, lantas pada menit ke-58 Sociedad justru mencetak gol pembuka keunggulan lewat Odegaard.

Menerima umpan silang dari Mikel Merino, Odegaard melewati hadangan dua pemain Atletico sebelum melepaskan tembakan yang sempat mengenai kaki Stefan Savic dan bersarang ke dalam gawang tim tamu.

Momentum itu sukses dimanfaatkan Sociedad untuk menggandakan keunggulan hanya 3 menit berselang lewat gol Monreal.

Alexander Isak melakukan sundulan yang dihentikan oleh kiper Jan Oblak, namun bola masih bergerak liar dan disontek oleh Monreal ke dalam gawang.

Proses gol itu sempat membuat Oblak terkena pukulan di wajahnya dan ia berbaring hampir 2 menit sebelum akhirnya ditarik keluar atas masukan tim medis digantikan oleh Antonio Adan pada menit ke-66.

Atletico hampir mencetak gol pada menit ke-75 saat Vitolo melepaskan tembakan sentuhan pertama, tetapi kiper Miguel Angel Moya sukses menghalaunya. Moya juga berhasil mengamankan sundulan Jose Gimenez dalam situasi sepak pojok yang mengikuti.

Skor 2 - 0 bagi Sociedad bertahan hingga laga usai, mengangkat posisi mereka ke peringkat keenam dengan koleksi 7 poin. Sementara Atletico (9) masih berada di puncak klasemen sementara.

Hasil pertandingan pekan keempat hingga Minggu dini hari WIB: Mallorca 0 vs Athletic Bilbao 0; Real Madrid 3 vs Levante 2; Leganes 0 vs Villarreal 3; Real Sociedad 2 vs Atletico Madrid 0; Barcelona 4 vs Valencia 2.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 15 September:

17:00   Eibar vs Espanyol

19:00   Deportivo Alaves vs Sevilla

21:00   Celta Vigo vs Granada

23:30   Real Valladolid vs Osasuna

Senin, 16 September:

02:00   Real Betis vs Getafe.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: