Hasil Liga Nations: Sikat Portugal 1-0, Spanyol Rebut Tiket Terakhir Semifinal

Alvaro Morata membawa Spanyol ke semifinal Liga Nations 2022/2023 setelah mengalahkan Portugal 1-0.

 Alvaro Morata membawa Spanyol ke semifinal Liga Nations 2022/2023 setelah mengalahkan Portugal 1-0 di Braga, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB. (uefa.com)

SOLOPOS.COM - Alvaro Morata membawa Spanyol ke semifinal Liga Nations 2022/2023 setelah mengalahkan Portugal 1-0 di Braga, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB. (uefa.com)

Solopos.com, JAKARTA—Spanyol merebut tiket terakhir semifinal Liga Nations 2022/2023 seusai mengalahkan Portugal 1-0 di Braga, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB.

La Furia Roja membutuhkan kemenangan untuk finis di puncak Grup 2 Liga A. Tetapi mereka harus berjuang keras mengatasi semifinalis Euro 2020 itu hingga akhirnya Morata menembus kebuntuan pada menit ke-88.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Spanyol belum mampu mencapai performa terbaiknya di pertandingan internasional menjelang Piala Dunia Qatar 2022. Sehingga kemenangan susah payah kali ini memberikan dorongan moral yang positif bagi tim Matador.

Baca Juga: Hasil Liga Nations: Italia Rebut Tiket Semifinal, Inggris 6 Laga Tanpa Menang

Portugal sejatinya menampilkan permainan yang lebih baik ketimbang Spanyol namun hanya kurang beruntung. Sementara Spanyol justru mendapat peluang emas setelah memasukkan beberapa pemain pengganti, termasuk Nico Williams, yang nyaris mencetak gol namun bola masih melewati gawang.

Luis Enrique membuat perubahan besar pada tim yang menderita kekalahan kandang pertama Spanyol sejak 2018 atas Swiss pada Sabtu, dengan hanya mempertahankan empat pemain starter.

Morata dimainkan untuk memimpin lini depan, sementara seluruh trio lini tengahnya dirotasi.

Baca Juga: Hasil Liga Nations: Kroasia-Belanda ke Semifinal, Prancis Lolos dari Degradasi

Spanyol masih mendominasi penguasaan bola, tetapi hal itu tidak banyak berpengaruh lantaran justru Portugal yang menciptakan peluang-peluang lebih berbahaya di babak pertama.

Unai Simon yang juga penjaga gawang Athletic Bilbao, melakukan penyelamatan solid untuk menggagalkan upaya Ruben Neves dan kemudian kembali melakukan penyelamatan brilian untuk menahan serangan striker Liverpool Diogo Jota.

Cristiano Ronaldo meminta penalti dalam perebutan bola dengan Simon. Tetapi wasit melihat dia terjatuh tanpa ada kontak apa pun sehingga dia melambaikan tangan untuk melanjutkan permainan.

Baca Juga: Hasil Liga Nations: Italia Bikin Inggris Degradasi ke Liga B

Dengan kepercayaan diri Portugal yang semakin meningkat, upaya Bruno Fernandes sedikit meleset dari target. Fans Portugal sempat menduga terjadi gol dan bersorak gempita di stadion saat bola tampaknya masuk ke gawang.

Sebagaimana yang mereka lakukan saat melawan Swiss, Spanyol gagal mendapatkan satu tembakan tepat sasaran di babak pertama. Setelah Simon melakukan penyelamatan bagus lainnya dari sepakan Ronaldo di awal babak kedua, Luis Enrique pun mengambil tindakan.

Pelatih mengirim Pedri, Gavi dan Yeremy Pino demi memberi La Roja lebih banyak inspirasi serangan ke depan. Meskipun tuan rumah hampir memecah kebuntuan ketika Dani Carvajal membelokkan tendangan dan nyaris mengenai mistar gawangnya sendiri.

Baca Juga: Liga Nations Malam Ini: Portugal vs Spanyol Berebut Tiket Semifinal Terakhir

Di sisi lain, Morata membalas dengan sepakan lemah yang dengan mudah digagalkan Diogo Costa, yang sukses pula menghalau upaya pemain cadangan Spanyol, Williams.

Perubahan ini menghidupkan tim Luis Enrique dan Costa dimainkan untuk mempertajam serangan ketimbang striker Atletico Madrid Morata, sebelum gol tunggal akhirnya tercipta.

Dani Carvajal melepaskan umpan silang ke kotak penalti, dengan sundulan Williams membuat Morata dengan mudah melepas tembakan ke gawang yang kosong demi membawa runner-up edisi terakhir Nations League itu kembali ke empat besar.

Baca Juga: Prancis 2-0 Austria: Mbappe dan Giroud Bawa Les Bleus Keluar dari Juru Kunci

Pada laga lainnya, Swiss selamat dari drgradasi ke Liga B setelah mengalahkan Cheska 2-1 di Kybunpark, St Gallen. Dua gol Swiss diciptakan oleh Remo Freuler pada menit ke-29 dan Breel Embolo satu menit kemudian.

Cheska memperkecil kedudukan lewat gol Patrik Schick di pengujung babak pertama.

Hasil ini membuat Swiss menempati posisi ketiga Grup 2 dengan poin 9, di bawah Spanyol (poin 11) dan Portugal (10). Sedangkan Cheska mengumpulkan poin 4 dan degradasi ke Liga B musim depan.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Skema 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang vs Kroasia, Maroko vs Spanyol

      Skema babak 16 besar Piala Dunia 2022 mempertemukan Prancis vs Polandia dan Argentina vs Australia seusai laga penyisihan terakhir Grup C dan D pada Rabu (30/11/2022) malam dan Kamis (1/12) dini hari WIB.

      Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang di Puncak, Spanyol Runner-up

      —Jepang di luar dugaan menempati posisi pertama klasemen Grup E Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Spanyo 2-1 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Sensasional! Hajar Spanyol 2-1, Jepang Juara Grup E

      Jepang kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha.

      Hasil Piala Dunia 2022: Kalahkan Kosta Rika 4-2, Jerman Tetap Tersingkir

      Jerman dipastikan gagal meraih tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 untuk kali kedua secara beruntun meskipun mengalahkan Kosta Rika 4-2 pada laga terakhir Grup E di Al Bayt Stadium Al Khor

      Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2022: Kejutan! Maroko Pertama, Kroasia Kedua

      Kejutan terjadi saat Maroko  mengakhiri penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Hari Ini: Jepang Vs Spanyol, Bisa Otomatis!

      Pertandingan Jepang Vs Spanyol akan berlangsung pada Jumat (2/12/2022) dini hari ini, mulai pukul 02.00 WIB.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Kosta Rika Vs Jerman, Dipimpin Wasit Perempuan

      Jerman dan Kosta Rika akan menjalani laga hidup mati di Grup E Piala Dunia 2022 dini hari ini.

      Hasil Piala Dunia 2022: Imbangi Belgia 0-0, Kroasia Lolos ke 16 Besar

      Kroasia melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang 0-0 lawan Belgia pada laga penentuan Grup F di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Kanada 2-1, Maroko Tembus 16 Besar  

      Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Kanada 2-1 pada pertandingan terakhir Grup F  di Al Thumama Stadium Doha.

      Prediksi Skor Jepang Vs Spanyol di Piala Dunia 2022: Wakil Asia Menyerah?

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia FIFA 2022 antara Jepang dan Spanyol.

      Prediksi Skor Kosta Rika Vs Jerman di Piala Dunia 2022: Mukjizat Tim Panser

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup E Piala Dunia FIFA 2022 antara Kosta Rika dan Jerman.

      Hasil Babak Pertama, Kroasia vs Belgia 0-0

      Kroasia dan Belgia bermain sama kuat 0-0 pada babak pertama laga penentuan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Mantap! PBSI Kembali Gulirkan Kejurnas Bulu Tangkis, Berhadiah Rp1,1 Miliar

      Kejurnas bulu tangkis PBSI sempat vakum selama pandemi Covid-19.

      Susunan Pemain Kanada vs Maroko, Sama-Sama Pasang 3 Penyerang

      Kanada memasang tiga bek tengah dan menempatkan dua gelandang tengah dalam formasi 3-4-3 dalam susunan starting XI untuk pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 menghadapi Maroko di Al Thumama Stadium Doha.

      Tak Tergantung Waktu Liga 1 Dimulai, Persis Solo Memilih Tetap Fokus Latihan

      Hingga saat ini belum diketahui pasti tentang waktu pelaksanaan kembali kompetisi Liga 1.

      Susunan pemain Kroasia vs Belgia: Martinez Cadangkan Kapten Eden Hazard

      Kapten Belgia Eden Hazard tidak ada dalam susunan pemain starting XI menghadapi Kroasia pada laga penentuan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.