Roberto Firmino (kiri) disambut Mohamed Salah setelah mencetak gol ketiga Liverpool ke gawang Burnley. (Reuters-Phil Noble)

Solopos.com, JAKARTA - Liverpool dan Manchester City pesta gol dalam pertandingan pekan keempat Liga Primer Inggris, sementara Chelsea ditahan imnbang di kandang oleh tim promosi Sheffield United.

Liverpool menang dengan skor telak 3 - 0 atas tuan rumah Burnley di Stadion Torf Moor. Dengan demikian tim asuhan pelath asal Jerman Jurgen Klopp itu bertahan sebagai satu-satunya tim yang belum kehilangan poin.

The Reds mengukuhkan diri di posisi teratas klasemen sementara dengan nilai sempurna 12 hasil menyapu bersih empat laga awal Liga Primer musim ini, berjarak 2 poin dari Manchester City di peringkat kedua.

Liverpool, runner up musim lalu, membuka keunggulan dalam pertandingan di Burnley pada Minggu (1/9/2019) dini hari WIB akibat gol bunuh diri pemain tuan rumah Chris Wood pada menit ke-33.

Berselang 4 menit kemudian Sadio Mane menggandakan keunggulan dengan assist Roberto Firmino dan Firmino sendiri mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol ketiga dengan assist Mohamed salah 11 menit menjelang laga usai.

Sementara itu, Sergio Aguero mencetak dua gol saat juara bertahan Manchester City menang telak 4 - 0 atas Brighton & Hove Albion di Stadion Etihad, Manchester.

Dua gol Aguero tersebut menyusul gol pembuka yang dicetak Kevin de Bruyne dan ditutup dengan sempurna oleh Bernardo Silva, demikian catatan laman resmi Liga Primer.

Tim besutan Pep Guardiola bermain agresif sejak sepak mula dan baru dua menit pertandingan berjalan De Bruyne sukses membuka keunggulan dengan sontekan menyambut umpan matang David Silva.

Brighton berusaha membalas pada menit ke-40 kala Leandro Trossard menari merangsek ke dalam kotak penalti City, namun bola tembakannya berhasil dihalau oleh Nicolas Otamendi.

Hanya 2 menit kemudian setelah gawang mereka terancam, City berhasil menggandakan keunggulan saat De Bruyne melepaskan umpan tarik yang disambut satu sentuhan Aguero sebelum diselesaikan dengan tembakan keras untuk menaklukkan kiper Matt Ryan.

Pada pengujung babak pertama, Brighton kembali mengancam gawang City saat umpan silang Bernardo gagal dijangkau Neal Maupay namun disambut tembakan Trossard namun kali ini kiper Ederson Moraes sukses melakukan penyelamatan dengan kakinya.

City menambah keunggulan lagi pada menit ke-55 lewat gol kedua Aguero yang berhasil memperoleh sedikit ruang usai menerima umpan kiriman David Silva sebelum melepaskan tembakan lagi demi menjebol gawang Ryan.

Pada menit ke-78, Bernardo Silva masuk menggantikan David Silva dan legiun Portugal itu mencetak gol keempat City lewat sentuhan pertamanya.

Aguero melepaskan umpan yang dikendalikan Bernardo Silva sejenak sebelum melepaskan tembakan mendatar yang bersarang ke sudut kanan gawang Brighton.

Tertinggal empat gol, Brighton masih bernafsu menyerang, dan mendapat peluang pamungkas lewat tembakan keras Pascal Gross yang berhasil dihalau Ederson, bola liar hampir saja disambar oleh Glenn Murray namun Riyad Mahrez bereaksi lebih cepat demi memastikan skor 4-0 bagi City bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Sementara itu, sebuah gol bunuh diri yang dicetak Kurt Zouma membuyarkan keunggulan Chelsea sehingga mereka ditahan imbang Sheffield United 2 - 2 dalam laga di Stadion Stamford Bridge, London.

Padahal penyerang muda Chelsea Tammy Abraham sudah mengemas dua gol dalam laga tersebut, namun pada akhirnya tim besutan Frank Lampard harus rela dengan 1 poin.

Kedua tim sama-sama kini sama-sama mengoleksi 5 poin dan memperbaiki posisi di klasemen sementara, Sheffield di urutan kedelapan, Chelsea kesembilan.

Chelsea membuka keunggulan pada menit ke-19 setelah kiper Dean Henderson terkapar usai menghalau tembakan Christian Pulisic namun bola bergulir ke kaki Abraham yang menyarangkannya ke gawang tak bertuan.

Abraham kembali berada di posisi yang tepat saat barisan pertahanan Sheffield gagal membuang bola udara dan jatuh ke kaki penyerang muda Inggris sebelum ia melepaskan tembakan mendatar ke dalam gawang Henderson demi menggandakan keunggulan Chelsea pada menit ke-43.

Tertinggal dua gol tak mebuat Sheffield patah semangat memasuki babak kedua. Tepat pada serangan pertama usai sepak lanjut sebuah umpan tarik yang dilepaskan Enda Stevens berhasil disambut dengan baik oleh Callum Robinson untuk memperkecil ketertinggalan Sheffield 1 - 2.

Abraham sempat berpeluang untuk menggenapi penampilannya dengan raihan trigol pada menit ke-55, saat ia menerima umpan jauh dari kiper Kepa Arrizabalaga, namun kali ini tembakannya sukses dihalau oleh Henderson.

Chelsea sepertinya akan mengantongi 3 poin dari pertandingan tersebut namun pada menit ke-89 sebuah umpan silang yang tajam dari Robinson gagal diantisipasi oleh Zouma, bola mengenai tulang keringnya dan malah bersarang ke dalam gawang tuan rumah mengubah skor menjadi 2 - 2.

Hasil pekan keempat hingga Minggu dini hari WIB: Southampton 1 vs Manchester United 1; Chelsea 2 vs Sheffield United 2; Crystal Palace 1 vs Aston Villa 0; Leicester City 3 vs Bournemouth 1; ManCity 4 vs Brighton 0; Newcastle Uniyed 1 vs Watford 1; West Ham 2 vs Norwich 0; Burnley 0 cs Liverpool 3.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: