Penyerang PSV Eindhoven Donyell Malen setelah mencetak salah satu golnya ke gawang Vitesse Arnhem. (Istimewa/Twitter PSV)

Solopos.com, JAKARTA - Juara dan runner up Eredivisie Belanda musim lalu, Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven, memetik kemenangan besar dalam pertandingan pekan keenam yang membuat mereka menempati posisi dua teratas klasemen sementara musim ini.

Ajax membukukan kemenangan 4 - 1 atas tamunya SC Heerenveen di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, pada Minggu (15/9/2019) dini hari WIB.

Kemenangan itu mengangkat posisi Ajax naik ke puncak klasemen dengan koleksi 13 poin, sementara Heerenveen (6) melorot ke urutan ke-12, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Kapten tim Dusan Tadic membuka keunggulan Ajax pada menit ke-14 menyusul tembakannya menerima umpan kiriman Klaas-Jan Huntelaar dalam situasi bola mati.

Ajax hampir menggandakan keunggulannya, tapi tendangan sudut sempit Quincy Promes pada menit ke-20 dan sundulan Edson Alvarez semenit berselang berhasil dimentahkan kiper Warner Hahn.

Heerenveen justru menyamakan kedudukan pada menit ke-22 saat Jens Odgaard berhasil menyelesaikan umpan dari Mitchell van Bergen dengan tendangan jarak dekat.

Odgaard kembali menyarangkan bola ke gawang Ajax pada menit ke-32, namun golnya dianulir wasit setelah meninjau video asisten wasit (VAR).

Pada injury time babak pertama, Nicolas Tagliafico berhasil membawa Ajax kembali memimpin untuk menyudahi babak pertama dengan skor 2 - 1, setelah ia menanduk umpan sepak pojok Promes.

Babak kedua berjalan 7 menit, keunggulan Ajax bertambah saat Tadic mengirimkan umpan tarik di muka gawang yang diselesaikan tanpa cela oleh Perr Schuurs.

Tagliafico mencetak gol keduanya pada menit ke-58 saat ia menerima umpan silang Hakim Ziyech dan menyarangkan bola ke sudut kanan bawah gawang untuk membawa Ajax menjauh dalam kedudukan 4 - 1.

Keunggulan itu membuat pelatih Erik ten Hag menarik keluar Tadic digantikan David Neres dengan tujuan memberi waktu istirahat lebih jelang laga perdana mereka di penyisihan grup Liga Champions Eropa pertengahan pekan nanti.

Neres hampir saja memperbesar keunggulan Ajax pada menit ke-79 jika tembakannya tak membentur tiang gawang.

Sementara itu, Donyell Malen memborong lima gol langsung kala PSV Eindhoven menggasak Vitesse Arnhem 5 - 0 di Stadion Philips, Eindhoven.

Dua dari lima gol tersebut dicetak oleh penyerang berusia 20 tahun itu dari titik putih pada 10 menit terakhir pertandingan.

Kelima gol tersebut melontarkan posisi Malen di pucuk daftar top skor sementara Liga Belanda dengan koleksi total enam gol.

Selain itu, PSV kini merangsek naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 13 poin, menggusur Vitesse (11) ke urutan ketiga.

Setelah 18 menit laga berjalan, Malen membuka pesta gol PSV dengan tembakan kaki kanannya menyambut umpan Bruma.

Lantas ia mencetak gol menggunakan kepalanya, menyundul sepak pojok Mohamed Ihattaren pada menit ke-36 untuk menggandakan keunggulan PSV yang bertahan hingga turun minum.

Baru semenit babak kedua, Malen mencetak hattrick saat menanduk bola muntah hasil tembakannya sendiri yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Remko Pasveer.

Tak puas dengan trigol, Malen menambahkannya menjadi caturgol pada menit ke-83 ketika diberi kepercayaan mengeksekusi penalti seusai Cody Gakpo dilanggar Julian Lelieveld di dalam area terlarang.

Pada menit ke-85, insiden kembali terjadi di dalam kotak penalti Vitesse dengan dugaan tangan Riechedly Bazoer menyentuh bola. Usai berkonsultasi dengan VAR wasit Pol van Boekel kembali menunjuk titik putih.

Malen kembali dipercaya menjadi algojo dan dengan dingin melesakkan tendangan ke tengah gawang untuk mentransformasi caturgolnya menjadi pancagol, sekaligus memastikan kemenangan 5 - 0 bagi PSV.

Hasil itu tentu menjadi penyuntik kepercayaan diri bagi Malen dan PSV yang akan mulai menjalani laga penyisihan grup di Liga Europa pada tengah pekan nanti.

Hasil pekan keenam hingga Minggu dini hari WIB: AZ Alkmaar 5 vs Sparta Rotterdam 1; Ajax Amsterdam 4 vs Heerenveen 1; VVV Venlo 2 vs Groningen 1; PSV Eindhoven 5 vs Vitesse Arnhem 0; Utrecht 3 vs Emmen 1.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 15/9/2019:

17:15   PEC Zwolle vs RKC Waalwijk

19:30   Feyenoord Rotterdam vs ADO Den Haag

19:30   Heracles Almelo vs Willem II Tilburg

21:45   Fortuna Sittard vs Twente Enschede.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: