Para pemain Turki merayakan kemenangan atas Prancis di kualifikasi Euro 2020./Reuters-Umit Bektas

Solopos.com, JAKARTA - Turki menundukkan juara Piala Dunia 2018 Prancis untuk membuat kejutan besar menempatkan negara yang secara geografis lebih tepat berada di Asia itu memimpin Grup H kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2010.

Dalam pertandingan pekan ketiga di Konya, Turki, pada Minggu (9/6/2019) dini hari WIB, kedua gol tuan rumah dilesakkan pada babak pertama. Kaan Ayhan membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-30 dan 10 menit berikutnya giliran Cengiz Under yang menggandakan keunggulan anak asuh pelatih Senol Gunes. Dengan hasil itu, Turki memimpin  klasemen sementara Grup H dengan koleksi 9 angka, sedangkan Prancis di posisi kedua dengan nilai 6.

Hasil pertandingan pekan ketiga lainnya di Grup H Islandia menundukkan Albania 1-0, skor serupa juga terjadi ketika Moldova mengatasi Andorra. Dengan hasil tiga laga tersebut, Islandia dengan nilai 6 mengisi slot ketiga, diikuti Albania dan Moldova 3, serta Andorra di dasar klasemen tanpa nilai.

Hasil penting lainnya di pekan ketiga terjadi ketika Italia dan Belgia menang 3 - 0, serta Jerman menang 2 - 0. Di Brussels di Grup I, tuan rumah Belgia menggasak Kazakhstan 3 - 0. Ketiga gol tuan rumah berjuluk Iblis Merah dicetak Dries Mertens (11’), Timoty Castagne (14’), dan Romelu Lukaku (50’).

Dalam pertandingan lainnya di Grup I, Rusia menghabisi tim lemah San Marino 9 - 0, sedangkan Skotlandia menang 2 - 1 atas Siprus.

Dengan hasil tiga pertandingan itu, Belgia memimpin klasemen sementara Grup I dengan nilai 9, diikuti Rusia dan Skorlandia masing-masing 6, Siprus dan Kazakhstan masing-masing 3, serta San Marino terbenam di dasar klasemen nihil nilai.

Sementara itu, Italia mencatat kemenangan atas tuan rumah Yunani 3 - 0 di Grup J di Athena. Tiga gol tamu dihasilkan pada babak pertama melalui Nivolo Varella (23’), Lorenzo Insigne (30’;), dan Leonardo Bonucci (33’).

Dua pertandingan lainnya di Grup J, Armenia juga menang 3 - 0 atas Liechtenstein serta Finlandia mengatasi Bosnia-Herzegovina 2 - 0.

Dengan hasil tiuga laga itu, Italia teratas di klsaemen Grup J dengan nilai sempurna 9, diikuti Finlandia 6, Bosnia-Herzegovina 4, Yunani 4, Armenia 3, dan Liechtenstein 0.

Tim kuat lain yang menang di pekan ketiga ini ialah Jerman yang di Grup C menaklukkan tuan rumah Belarusia di Borisov 2 - 0 berkat gol-gol Leroy Aziz Sane (12’) dan Marco Reus (62’).

Hasil laga lain di Grup C, Irlandia Utara menang 2 - 1 atas tuan rumah Estonia sehingga Irlandia Utara memimpin klasemen dengan nilai 9, diikuti Jerman 6, Belanda 3, serta Estonia dan Belarusia 0.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten