SOLOPOS.COM - Penonton di GOR Sritex Arena Solo benar-benar membeludak saat pertandingan final four Proliga 2023 antara Lavani vs Bhayangkara Presisi, Jumat (10/3/2023) malam WIB. (Solopos.com/Ichsan Rahman Kholif) 

Solopos.com, SOLO – Jakarta Lavani Allo Bank lolos ke grand final Proliga 2023 setelah berhasil mengalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi  dalam final four di GOR Sritex Arena Solo.

Dalam laga  Jumat (10/3/2023) malam WIB dan disaksikan langsung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut, Lavani menumbangkan Bhayangkara Presisi dengan skor 3-2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil pertandingan pertama Lavani pada final four di Solo ini membawa mereka lolos ke grand final Proliga untuk kali kedua berturut-turut. Pada musim sebelumnya, Lavani juga berlaga di grand final dan menjadi juara.

Pertarungan antara Lavani vs Bhayangkara Presisi kali ini berjalan sangat sengit sejak awal pertandingan. Disaksikan ribuan penoton yang memenuhi tribune GOR Sritex Arena Solo, Lavani dan Bhayangkara Presisi sama-sama mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk menjadi pemenang di duel final four Proliga 2023 tersebut.

Pada set pertama, Bhayangkara Presisi mengejutkan juara bertahan Lavani lewat kemenangan dengan skor 25-20. Bhayangkara Presisi memimpin 1-0.

Di set pertama ini Bhayangkara Presisi tak melakukan pergantian pemain dan hanya meminta satu kali time out, sedangkan Lavani melakukan satu kali pergantian pemain dan sekali time out.

Set kedua, kejar-kejaran poin terjadi sejak awal pertandingan. Namun demikian, Lavani berhasil membalas kekalahan set pertama lewat kemenangan set kedua tersebut melalui skor identik dengan kemenangan Bhayangkara Presisi di set sebelumnya, 25-20.

Kedudukan antara Lavani vs Bhayangkara Presisi pun sama kuat 1-1. Pada set kedua ini Lavani melakukan tiga kali pergantian pemain tanpa time out, sedangkan Bhayangkara Presisi memakai dua kali pergantian pemain dan dua kali time out.

Pada set ketiga pertarungan antar kedua tim ini tetap berjalan sangat ketat dan terjadi kejar mengejar poin. Bahkan hingga posisi skor 10-10 mereka tak mau memberikan kesempatan lawan untuk unggul meski hanya dengan selisih dua poin.

Namun demikian, Lavani mampu tampil konsisten dan akhirnya mencuri poin kemenangan pada set ketiga ini dengan skor 25-20. Ketatnya pertarungan di set keempat ini juga tergambar dari statistik pertandingan di mana Lavani sampai menerapkan enam kali pergantian pemain serta sekali time out, dan Bhayangkara Presisi melakukan tiga kali pergantian pemain plus dua kali time out.

Hasil di set ketiga inilah yang memastikan Lavani lolos ke grand final Proliga 2023, karena dengan mencuri dua kemenangan set artinya mereka sudah mengumpulkan tambahan satu poin (total 12 poin)  cukup untuk lolos ke grand final. Dari jumlah kemenangan sebelum pertandingan melawan Bhayangara Presisi pun Lavani sudah unggul dengan 4 kali menang.

hasil final four proliga 2023 Solo Lavani lolos disaksikan SBY
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (kanan), menyapa penonton sesaat sebelum meninggalkan GOR Sritex Arena Solo setelah laga Lavani vs Bhayangkara Presisi dalam final four Proliga 2023, Jumat (10/3/2023) malam WIB. (Solopos.com/Ichsan Kholiif Rahman)

Sudah pasti lolos ke grand final, membuat Lavani tampil lepas beban tapi justru seperti kehilangan fokus di set keempat. Bhayangkara Presisi akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat kemenangan pada set keempat dengan skor 25-20.

Namun, pada set penentuan atau set kelima duel final four Proliga 2023 kategori putra tersebut Lavani yang tak ingin ternoda dengan kekalahan pertama kembali tampil solid dan menutup pertandingan dengan kedudukan 15-12.

Dengan demikian, Lavani mendapat tambahan  2 poin, sedangkan Bhayangkara Presisi mengemas satu poin. Lavani tetap kukuh di puncak klasemen final four Proliga 2023 kategori putra dengan poin 13, sedangkan Bhayangkara Presisi berada di peringkat ketiga dengan poin 9.

Jumlah poin Bhayangkara Presisi memang lebih banyak dari STIN BIN, tapi jumlah kemenangan mereka kalah yaitu 2 berbanding 3. Artinya STIN BIN yang ada di peringkat kedua.

Situasi ini membuat perebutan tiket tersisa ke grand final Proliga 2023 dari sektor putra menjadi sangat ketat karena pada pertandingan, Minggu (12/3/2023), STIN BIN akan berhadapan dengan Lavani dalam duel hidup mati. Sedangkan Bhayangkara Presisi menghadapi Surabaya BIN Samator yang sudah gagal ke grand final, pada Sabtu (11/3/2023).

Asisten pelatih Jakarta Bhayangkara Presisi, Dwi Nur Cahyo, menyatakan dalam laga sengit final four Proliga 2023 di Solo kali ini mental pemainnya sempat turun.

“Evaluasi tim kami banyak freeball yang tidak poin, mental pemain turun dan tidak bisa poin,” kata Nur Cahyo kepada awak media seusai pertandingan.

Hasil pertandingan final four Proliga 2023 sektor putra:

Jakarat Lavani Allo Bank (3-2) Jakarta Bhayangkara Presisi

Klasemen final four Proliga 2023 sektor putra:
1. Jakarta Lavani Allo Bank: main (5), menang (5), kalah (0), poin (13)

3. Jakarta STIN BIN: main (5), menang (3), kalah (2), poin (8)

2. Jakarta Bhayangkara Presisi: main (5), menang (2), kalah (3), poin (9)

4. Surabaya BIN Samator: main (5), menang (0), kalah (5), poin (0)



Keterangan: Lavani lolos ke grand final Proliga 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya