SOLOPOS.COM - Luca Modric membawa kemenangan untuk Kroasia atas Turki di Parc de Princes, Paris, Prancis, Minggu (12/6/2016). (JIBI/Reuters/Christian Hartmann Livepic)

Hasil akhir Turki vs Kroasia akhirnya dimenangi Kroasia lewat gol Luca Modric.

Solopos.com, PARIS – Kroasia akhirnya memenangi laga kontra Turki. Bermain di Parc de Princes, Paris, Prancis, Minggu (12/6/2016), Kroasia menang 1-0 lewat gol semata wayang Luca Modric.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kroasia tampil solid saat menghadapi Turki. Kerap menyerang pertahanan Turki, Kroasia menghasilkan satu gol lewat gelandang yang bermain Real Madrid, Luca Modric.

Pada pertandingan ini, kedua tim menurunkan pemain terbaiknya. Pelatih Turki, Fatih Terim, menurunkan formasi 4-3-3 sedangkan Ante Cacic (Kroasia) bermain dengan 4-2-3-1.

Ekspedisi Mudik 2024

Kroasia agaknya sedikit lebih unggul lantaran bertumpu dengan dua gelandangan tengah Luka Modric dan Ivan Rakitic. Kedua pemain yang bermain di Liga Spanyol ini mampu membuat Kroasia menguasai laga.

Babak Pertama

Pada menit kedelapan, Turki berhasil membuat peluang pertama. Tembakan bintang Bayer Leverkusen, Hakan Calhanoglu, berhasil diamankan kiper Kroasia yakni Danijel Subasic. Berselang 16 menit, giliran Kroasia yang mendapat kesempatan mencetak gol.

Ivan Perisic melepaskan umpan silang, namun sundulan Marcelo Brozovic masih dapat diamankan kiper Turki yakni Volcan Babacan. Pada menit 31, Vedran Corluka harus mendapat perawatan dari tim medis karena kepalanya mengeluarkan darah. Hal itu karena kepala Corluka terkena sikut dari bomber Turki, Cenk Tosun.

Laga benar-benar seimbang dengan penguasaan bola kedua negara sama-sama 50 persen hingga menit ke-37. Hal itu juga membuat kedua tim gagal membuat banyak peluang matang di babak pertama.

Namun, Luka Modric berhasil membuat Kroasia unggul 1-0 atas Turki pada menit 41. Gol dicetak Modric lewat sepakan first time yang dilepaskan dari jarak sekira 25 meter dan tak dapat ditahan kiper Turki yakni Volcan Babacan. Skor 1-0 untuk keunggulan Kroasia dan bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Turki melakukan pergantian pemain di babak kedua. Oguzhan Ozkayup digantikan Volkan Sen. Tapi Kroasia-lah yang tetap menghasilkan peluang di awal babak. Di menit 50, Tufan harus menjatuhkan Rakitic untuk menghentikan aksi pemain Barcelona itu. Srna melakukan tendangan bebas langsung dari luar kotak penalti, tapi eksekusinya menerpa mistar gawang!

Kroasia kian mudah menembus pertahanan Turki, sedangkan tim lawannya seperti menunggu untuk diserang. Dua peluang Kroasia melalui Srna dan Brozovic gagal karena finishing-nya tidak sempurna, meskipun dalam posisi bebas untuk mencetak gol.

Pelatih Turki, Fatih Terim, menarik keluar kapten Arda Turan untuk memasukkan Burak Yilmaz. Ia menurunkan tambahan penyerang untuk memberi tekanan lebih berarti buat Kroasia.

Di menit 66 Perisic kembali melakukan penetrasi ke kotak penalti, tapi Brozovic terlambat sepersekian detik untuk menyambar crossing di mulut gawang.

Pergantian pemain ketiga dilakukan Turki di menit 69. Menggantikan Cenk Tosun, Emre Mor menjadi pemain termuda di Euro 2016 dalam usia 18 tahun. Pemain kelahiran 24 Juli 1997 itu musim depan akan bermain untuk Borussia Dortmund.

Di sisa pertandingan Kroasia tampak sudah mengamankan kemenangannya. Mereka masih memiliki sejumlah peluang untuk menambah golnya. Di menit 72 tandukan Perisic masuk mengenai mistar gawang. Selang enam menit, sundulan Brozovic bisa ditepis Babacan.

Sampai pertandingan berakhir, Kroasia tetap unggul 1-0.

Susunan Pemain:

Turki: Babacan; Gonul, Topal, Balta, Erkin; Tufan, Selcuk Inan, Ozyakup; Calhanoglu, Arda Turan; Tosun

Kroasia: Subasic; Srna, Corluka, Vida, Strinic; Modric, Badelj; Brozovic, Rakitic, Perisic; Mandzukic

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya