SOLOPOS.COM - Radja Nainggolan merayakan gol ke gawang Belgia. (JIBI/Reuters/Yves Herman)

Swedia akhirnya mengakhiri kiprahnya di Piala Eropa 2016 dengan kekalahan tipis dari Belgia.

Solopos.com, NICE – Belgia menuntaskan kiprahnya di fase grup sebagai runner-up Grup F usai mengalahkan Swedia dengan skor 1-0.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Pada laga terakhir yang dihelat di Stade de Nice, Prancis, Kamis (23/6/2016) dinihari WIB, Belgia tampil dominan dengan 20 attempts dan tujuh di antaranya mengarah ke sasaran.

Sementara Swedia punya 12 attempts dengan empat di antaranya on target.

Babak Pertama

Peluang bersih pertama di pertandingan ini diciptakan oleh Swedia di menit keempat. Berawal dari free kick yang gagal dihalau oleh pertahanan Belgia berhasil disepak oleh Marcus Berg yang berada tepat di depan gawang. Tapi Thibaut Courtois bisa membendungnya.

Belgia membalas di menit keenam ketika Romelu Lukaku menggiring bola di sisi kanan pertahanan Swedia dan begitu memasuki area penalti, bola disepak tapi melebar di sisi kiri gawang.

Setelah itu relatif kedua tim tak banyak membuat peluang bersih dan bola banyak bergerak di lapangan tengah.

Meski menguasai pertandingan dengan 55 persen ball possesion, Belgia kesulitan membongkar pertahanan Swedia. Serangan yang dibangun Eden Hazard dan Kevin De Bruyne selalu mentah di sepertiga akhir lapangan.

Menurut catatan Soccernet, kedua tim hanya bikin satu attempts on targetsepanjang 45 menit ini. Namun Belgia lebih banyak membuat upaya percobaan, yakni 7 berbanding 5.

Semenit jelang turun minum, Belgia nyaris mencetak gol andaikan tandukan Thomas Meunier meneruskan crossing De Bruyne tak ditepis Andreas Isaksson.

Skor 0-0 mengirim kedua tim memasuki ruang ganti.

Babak Kedua

Swedia mendapat kans pertama di babak kedua. Menit 50, Ibrahimovic melepas tandukan keras usai memanfaatkan crossing dari  Kallstrom. Sayang, bola masih melambung di atas mistar gawang Courtois.

Ibra tentu sangat termotivasi untuk bisa menjebol gawang Belgia dan membawa timnya menang kali ini. Kemenangan tidak hanya meloloskan timnya ke fase gugur, namun tentu juga bakal memperpanjang kariernya bersama Timnas Swedia.

Selain itu, Ibra tengah bernafsu untuk mengejar rekor selalu mencetak gol di empat turnamen Piala Eropa. Seperti diketahui, bomber jangkung berusia 34 tahun itu sukses mencetak gol di Piala Eropa 2004, 2008, dan 2012 lalu. Rekor ini sendiri telah dipecahkan megabintang sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. CR7 sukses bikin dua gol ke gawang Hungaria, beberapa jam lalu.

Menit 67, De Bruyne melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti Swedia, namun bola masih bisa ditepis Isaksson. What a save! Belgia nyaris membuka skor.

Menit 73, Lukaku mengancam. Usai menerobos ke dalam kotak penalti Swedia, penyerang gempal itu melepaskan tembakan mendatar. Sayang, usahanya berhasil dimentahkan Isaksson yang tampil gemilang di laga ini.

Semenit berselang, Belgia kembali mengancam lagi-lagi via Lukaku.  Setelah melewati hadangan Johansson, penyerang Everton itu tinggal one on one dengan Isaksson. Sayang, meski sudah berhasil melepaskan tembakan lob, usaha Lukaku dianggap tak sah oleh wasit. Posisinya sudah off-side.

Menit 76, Ibrahimovic tak mau kalah dengan Lukaku. Tendangan bebas eks penyerang PSG itu secara gemilang mampu ditepis oleh Courtois.

Menit 83, Swedia nyaris membuka skor! Sayang, tandukan keras Granqvist masih bisa dihalau oleh De Bruyne yang menyapu bola tepat di garis gawang. Unlucky!

Belgia akhirnya sukses mencetak gol di menit 84. Hazard menusuk dari sisi kanan pertahanan Swedia sebelum mengirim umpan kepada Radja Nainggolan. Nama terakhir pun melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau Isaksson.

Gol ini cukup cantik, meski tendangan Nainggolan sempat sedikit deflected membentur pemain Swedia. Gol ini pun menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini. Laga berkesudahan 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Susunan Pemain



Swedia: Isaksson; Lindelof, Johansson, Granqvist, Olsson; Larsson (Durmaz 71′), Ekdal, Kallstrom, Forsberg (Zengin 83′); Berg (Guidetti 63′), Ibrahimovic.

Belgia: Courtois; Meunier, Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; Nainggolan, Witsel; Carrasco (Mertens 70′), De Bruyne, Hazard; Romelu Lukaku (Benteke 88′).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya