SOLOPOS.COM - Pemain Spanyol merayakan gol tunggal yang di cetak Gerrard Pique. (JIBI/Reuters/Sergio Perez Livepic)

Spanyol akhirnya menang 1-0 atas Cekoe lewat sundulan Gerrard Pique.

Solopos.com, TOULOUSE – Spanyol menang tipis dalam laga pembuka grup D. Lewat gol pemain belakang Gerrard Pique, Spanyol memenangkan pertandingan atas Ceko 1-0.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Spanyol memainkan laga kontra Republik Ceko di Stade de Toulouse, Toulouse, Prancis, Sanin (13/6/2016), malam WIB. Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque memupus rumor skandal David De Gea dengan menurunkannya sebagai starter.

Di babak pertama ini, Del Bosque juga menurunkan striker Alvaro Morata. Di lini tengah, ada nama Sergio Busquets, Francesc Fabregas, Andres Iniesta, dan David Silva.

Sedangkan Republik Ceko berpusat pada gelandang veteran Tomas Rosicky. Ceko memakai formasi 4-4-1-1 dengan bertumpu pada striker tunggal Tomas Necid.

Babak Pertama

Sejak awal laga, Spanyol memang tampil agresif menekan lini pertahanan Ceko. Sayang, kiper Petr Cech tampil brilian di bawah mistar dan beberapa kali melakukan save gemilang.

Di sisi lain, Thomas Rosicky dan kolega praktis hanya mengandalkan counter attack. Namun, kiper La Roja, David De Gea bisa dibilang tak terlalu banyak berkeringat.

Menit-menit awal Silva sempat mengancam pertahanan Cech. Juanfran memberikan umpan terobosan kepada Silva. Bola kemudian diumpan silang kepada Morata. Berutung masih ada Cech yang menggagalkan peluang itu dengan blok yang dia lakukan.

Nolito dan Morata melakukan kerjasama satu dua, tetapi bisa diintersep oleh Hubnik. Serangan balik coba diawali dan diumpan kepada Rosicky, tetapi masih mudah diantisipasi.

Di babak pertama ini, masih sangat sulit bagi Ceko untuk menghasilkan peluang yang bagus. Serangan yang mereka lakukan dari sisi Rosicky cukup mudah dibaca.

Di paruh pertama, Spanyol mendominasi dengan 68% penguasaan bola, dan sembilan tendangan on target. Sebaliknya, Ceko hanya menguasai 32 persen posession, dan cuma membuat satu tendangan mengarah ke De Gea. Babak pertama berakhir 0-0.

Babak Kedua

Kedua tim masih bertukar serangan di babak kedua. Sergio Ramos sempat membuat pertahanan Ceko ketar ketir saat menjangkau tendangan sudut. Meski begitu, eksekusinya gagal menjebol gawang Cech.

Morata tetap kesulitan menembus pertahanan Ceko. Dikawal tiga pemain belakang di dalam kotak penalti, dia kesulitan melepaskan diri. Di sisi lain ada Iniesta yang mencoba meminta bola tetapi gagal diumpan.

Selanjutnya, Ceko mencoba peruntungan. Menit ke-58, Hubnik menerima umpan tendangan bebas dari Rosicky, namun tembakannya masih bisa diblok kiper.

Sadar Morata tak berkutik, Del Bosque akhirnya memasukkan Aduriz di menit ke-62.

Menit ke-67, Ceko mengancam pertahanan La Furia Roja. Ladislav Krejci melakukan umpan silang, bola diterima Selassie dan langsung di sundul ke arah gawang. Beruntung ada Ramos yang membuang bola di saat De Gea sudah salah posisi.

Silva kembali membuat peluang. Menerima umpan dari Iniesta tembakan jarak jauh Silva melebar. Setelah mengecoh bek Ceko, dia melepaskan tembakan jarak jauh melebar.

Menit-menit akhir babak kedua, Spanyol semakin bernafsu membuat gol. Spanyol menguasai 72% ball possession dan terus menebar teror ke gawang Ceko.

Serangan agresif Spanyol akhirnya berbuah hasi di menit ke-87. Dua pemain Barcelona menjadi penentu kemenangan Spanyol. Andres Iniesta memberi umpan lambung yang disambar Gerard Pique dengan sundulan yang menghujam gawang Cech. Spanyol unggul 1-0.

Gol ini rupanya menjadi satu-satunya di pertandingan itu. Ceko sempat mengancam di injury time lewat .. namun sepakannya di dalam kotak penalty dimentahkan De Gea.

Hingga laga berakhir, Spanyol menang 1-0.

Spanyol: De Gea, Juanfran, Ramos, Pique, Alba, Busquets, Iniesta, Fabregas (Alcantara, 70), Silva, Nolito (Pedro, 82), Morata (Aduriz, 62).



Republik Ceko: Cech, Kaderabek, Sivok, Hubnik, Limbersky, Darida, Plasil, Gebre-Selassie, Krejci, Rosicky (Pavelka, 89), Necid (Lafata, 74).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya