SOLOPOS.COM - Dua striker Portugal, Cristiano Ronaldo dan Luis Nani masing-masing mengemas satu gol yang membawa kemenangan bagi Portugal atas Wales 2-0 di Stade de Lyonnais, Lyon, Prancis, Kamis (7/7/2016) dinihari WIB. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Hasil akhir semifinal Portugal vs Wales 2-0 melalui gol Cristiano Ronaldo dan Luis Nani.

Solopos.com, LYON – Kehilangan gelandang tengah Aaron Ramsey ternyata menjadi masalah serius bagi Wales. Tim berjuluk The Dragon ini harus menelan pil pahit kalah dari Portugal di laga semifinal Piala Eropa 2016 dengan skor cukup meyakinkan, 2-0.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada pertandingan yang digelar di Stade de Lyonnais, Lyon, Prancis, Kamis (7/7/2016) dinihari WIB ini, Portugal menang lewat satu gol dari Cristiano Ronaldo dan Luis Nani.

Portugal membuat barisan tengah Wales kewalahan. Meski mencatat penguasaan bola hanya 46%, Portugal mampu membuat peluang jauh lebih banyak. Tercatat ada 16 tendangan ke gawang Wales dengan 8 diantaranya menemui sasaran. Sedangkan Wales meski tertinggal tak mampu banyak menciptakan pelang.

Babak Pertama

Portugal memulai laga dengan impresif. Di menit-menit awal sang pemain bintang Cristiano Ronaldo sudah mulai memberikan ancaman ke lini belakang Timnas Wales. Meski pada akhirnya pergerakannya selalu bisa dihentikan.

Peluang emas pertama didapat Portugal pada menit 16. Joao Mario mampu melewati hadangan para bek Wales untuk mendekatkan diri ke kotak penalti sang lawan. Sayangnya, sepakan yang dilepaskan Mario masih melebar.

Tak lama berselang, giliran Wales yang mengancam gawang Portugal. Melalui sepak pojok, megabintang Wales yakni Gareth Bale, yang tak terkawal melepaskan tembakan ke gawang Rui Patricio. Namun, sepakannya masih melambung.

Bale kembali menghadirkan ancaman untuk kiper Portugal. Usai melakukan pergerakan solo dari sisi kanan penyerangan, pemain Real Madrid itu melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola tepat mengarah ke pelukan Patricio.

Andy King! King nyaris menjebol gawang Portugal di menit 25. Menerima umpan silang dari Bale, pemain Leicester City itu melakukan sundulan di depan gawang Seleccao das Quinas -julukan Timnas Portugal- yang sayangnya masih belum menemui sasaran.

Usai peluang tersebut, kedua tim kesulitan untuk memberikan ancaman berarti. Laga pun terlihat berjalan lebih seimbang hingga peluit tanda habisnya pertandingan berbunyi. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Portugal akhirnya bisa mencetak gol. Sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Wales dieksekusi dengan singkat. Bola diberikan kepada Raphael Guerreiro. Tanpa buang waktu, Guerreiro langsung mengirimkan crossing ke kotak penalti.

Tidak lama setelahnya, di menit ke-53, Nani menggandakan keunggulan Portugal menjadi 2-0. Ronaldo menjadi awal terciptanya gol. Tendangannya dari luar kotak penalti dibelokkan oleh Nani. Kiper Wales, Wayne Hennessey, pun tertipu oleh arah bola.

Portugal jadi makin agresif setelah mencetak dua gol tersebut. Sementara itu, pelatih Wales, Chris Coleman, memasukkan satu orang penyerang, yakni Sam Vokes, dan menarik keluar seorang gelandang, Joe Ledley.

Pada menit ke-62, Portugal kembali mendapatkan kans bagus. Dari sebuah tendangan bebas, Ronaldo melepaskan sebuah sepakan keras. Tendangan Ronaldo melewati pagar pemain dan tipis mengenai tiang sebelum akhirnya melambung.

Wales kian kesulitan untuk menciptakan peluang apalagi membangun serangan dengan baik. Lantaran kesulitan untuk membangun serangan dengan baik, Wales sering mengandalkan kemampuan individu Bale untuk mendapatkan attempts.

Pada menit ke-76, Bale melepaskan tendangan kaki kiri keras dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya bisa ditangkap oleh Rui Patricio. Tiga menit berselang, ia kembali melakukan hal serupa, tetapi lagi-lagi gagal –kali ini tendangannya ditepis Rui Patricio.

Ronaldo sempat mendapatkan peluang lagi ketika dia menerima bola dan berlari ke dalam kotak penalti Wales. Setelah menghindari Hennessey, Ronaldo melepaskan sepakan kaki kanan datar. Tetapi, tendangannya melebar.

Pada akhirnya, tidak ada gol lagi yang tercipta, Portugal pun lolos ke final.

Susunan Pemain

Portugal: Rui Patricio, Cedric, Bruno Alves, Fonte, Guerreiro, Joao Mario, Danilo, Adrien (Moutinho 78), Renato (Andre Gomes 73), Nani (Quaresma 85), Ronaldo.

Wales: Hennessey, Gunter, Chester, Collins (J. Williams 66), A. Williams, Taylor, Allen, Ledley (Vokes 57), King, Bale, Robson-Kanu (Church 63).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya