SOLOPOS.COM - Wales merayakan kemenangn. (REUTERS/Michael Dalder)

Hasil akhir Rusia vs Wales menunjukkan kemenangan Wales 3-0.

Solopos.com, TOULOUSE – Wales sukses menjadi juara grup B Piala Eropa 2016. Hal itu didapat setelah mereka menjungkalkan Rusia dengan skor telak 3-0 di partai terakhir fase grup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam laga yang digelar di Stade de Toulouse, Selasa (21/6/2016) dini hari WIB, Wales langsung berhasil mencetak gol pertama di menit ke-11. Bintang Arsenal, Aaron Ramsey berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Dikutip dari Detik.com, gol itu bermula dari aksi Joe Alle yang menggiring bola mendelati kotak penalti.

Allen kemudian mengirim umpan terobosan kepada Ramsey yang berlari menuju bola. Begitu berhadapan dengan kiper Rusia, Igor Akinfeev, Ramsey mencungkil bola melewati hadangan kiper lawan dan berbuah gol untuk Wales. skor 1-0 untuk The Dragons.

Wales kemudian menambah keunggulannya di menit ke-20. Kali ini giliran Nill Taylor yang mampu mencetak gol dan membuat timnya unggul 2-0. Taylor mendapat bola daerah dari Gareth Bale dan berlari dari sisi kiri penyerangan Wales.

Taylor kemudian menusuk masuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan keras yang bisa ditepis Akinfeev. Namun bola muntah dengan cepat berhasil disambar pemain yang beroperasi sebagai bek kiri tersebut untuk menjebol gawang Rusia.

Di menit ke-28, Wales kembali mengancam. Kali ini, Bale mengirimkan umpan kepada Sam Vokes yang dilanjutkan dengan sepakan tapi masih tepat di pelukan Akinfeev. Lima menit sebelum turun minum aksi solo run Bale mampu melewati hadangan tiga pemain lawan dan diakhiri dengan sepakan keras yang bisa ditepis Akinfeev. Skor 2-0 untuk Wales bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Wales masih mendominasi permainan dan terus menekan pertahanan Rusia. Lima menit babak kedua berjalan, Rusia nyaris saja kebobolan andaikan Sergei Ignashevich tak memotong bola crossing ke arah Vokes yang berdiri bebas di kotak penalti. Kemudian di menit ke-55 Bale melepaskan tembakan tapi masih ditepis Akinfeev.

Wales akhirnya bisa mencetak gol ketiga di menit ke-67 lewat Bale. Berawal dari bola sodoran Chris Gunter kepada Ramsey, bolakemudian dituijukan kepada Bale yang dalam posisi onside. Winger Real Madrid itu kemudian menuntaskan peluang dengan tendangan yang berujung gol.

Rusia baru mendapat peluang emas di menit ke-86 ketika Artem Dzyuba mendapat umpan tarik rekannya. Tapi sepakannya dari jarak 6 yard malah melayang di atas mistar. Hingga laga berakhir skor 3-0 untuk Wales tetap bertahan.

Dengan demikian, Wales lolos sebagai juara grup B Piala Eropa 2016 dengan koleksi enam poin dari tiga laga. Sementara Rusia dipastikan tersingkir setelah menduduki posisi buncit dengan hanya mengoleksi satu poin.

Susunan pemain Rusia vs Wales:

Rusia: Akinfeev; Smolnikov, V.Berezutski (A. Berezutski 46′), Ignashevich, Kombarov; Kokorin, Mamaev, Glushakov, Smolov (Samedov 72′); Shirokov (Golovin 52′); Dzyuba.

Wales: Hennessey; Chester, Williams, Davies; Gunter, Allen (David Edwards 74′), Ledley (King 76′), Taylor; Ramsey, Vokes, Bale (Church 86′).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya