SOLOPOS.COM - Armando Sadiku merayakan gol ke gawang Rumania dalam laga pamungkas grup A Piala Eropa 2016. (JIBI/Reuters/Kai Pfaffenbach)

Albania mencatat kemenangan pertama dalam sejarah Piala Eropa.

Solopos.com, LYON – Albania membuat kejutan dengan mengalahkan Rumania 1-0. Lewat kemenangan ini, Albania mencatat sejumlah rekor.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Rumania mutlak membutuhkan kemenangan di laga pamungkas Grup A kontra Albania. Jika tidak lolos sebagai runner-up, Rumania berpeluang lolos sebagai juara ketiga.

Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Meski lebih dominan, Rumania justru kecolongan gol dari Albania dalam laga di Parc Olympique Lyonnais, Senin (20/6/2016) dinihari WIB. Albania memimpin 1-0.

Babak Pertama

Kedua tim langsung bermain dengan tempo tinggi setelah peluit sepak mula dibunyikan. Rumania mencoba menekan dengan gencar.

Tiga menit berjalan, Nicolae Stanciu melepaskan sepakan jarak jauh yang masih melambung di atas gawang Albania. Dua menit berselang, sepakan Ovidiu Hoban mengarah ke gawang tapi masih bisa diamankan kiper Etrit Berisha.

Rumania kembali menebar ancaman. Kali ini melalui Bogdan Stancu dari luar kotak penalti di menit ke-8, yang juga masih bisa diantisipasi kiper.

Di menit ke-14, sebuah serangan cepat diperagakan Rumania. Denis Alibec menusuk dari tengah dan mencoba mengarahkan sepakan terukur ke pojok kiri atas, melihat kiper lawan sedikit jauh dari gawangnya. Tapi upayanya masih melebar.

Albania bermain agresif dan mencoba menghentikan permainan Rumania dengan tekel-tekel. Beberapa kali mereka dihukum dengan pelanggaran.

Albania mulai balas mengancam di menit ke-20, ketika Migjen Basha melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Masih mudah diamankan kiper Ciprian Tatarusanu.

Tak lama kemudian, Albania nyaris memetik keunggulan. Lewat serangan balik, Ermir Lenjani yang berlari di sisi kiri menyambut umpan silang dari kanan. Sepakannya melambung meski gawang sudah kosong. Belakangan wasit meniup peluit tanda terjadinya offside.

Ancaman serius lain dihadapi Rumania di menit ke-35. Ledian Memushaj mendapatkan bola di sisi kanan di dalam kotak penalti dan coba mengarahkan sepakan dari sudut sempat. Tatarusanu masih sigap menepis bola.

Di menit ke-44, Albania memimpin. Umpan silang Memushaj dari kanan mengarah ke tiang jauh dan disambut tandukan Armando Sadiku. Tatarusanu yang bergerak maju tak mampu membaca arah bola dan kebobolan.

Sebelum babak pertama berakhir, Rumania sempat mengancam lewat sepakan Alibec tak jauh dari kotak penalti. Namun upayanya masih terlalu lemah dan mudah diantisipasi kiper. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Babak Kedua

Di babak kedua, Rumania kembali mengambil inisiatif menyerang. Menit 50, Memushaj mengiring bola menuju pertahanan Rumania, kirim bola kepada Sadiku yang berada di kotak penalti. Namun kontrol bola yang sempurna membuat bola berhasil diambli alih Chiriches.

Sesaat kemudian, set-piece Albania diambil oleh Memushaj yang mengirim bola ke kotak penalti Rumania. Mavraj coba mengarahkan bola kepada Sadiku, tapi bola gagal digapai dan keluar lapangan.

Menit 63, Memushaj melepaskan sepakan ke arah gawang yang tak diduga oleh Tatarusanu, bola sempat terlepas namun ia kembali berhasil mengamankan bola.

Menit ke-69 giliran Torje memperoleh peluang. Mendapat ruang tembang, Torje mengarahkan bola ke gawang Albania, sayangnya bola malah meluncur melebar dari sasaran.

Beberapa menit kemudian Albania tampak masih dinaungi keberuntungan ketika Torje meluncur ke depan gawang Albania saat menerima umpan Stancu, tapi assisten wasit menyatan Torje dalam posisi offside.

Menit 76, Rumania nyaris mendapat gol penyeimbang. Andone membawa bola dari sayap kanan sebelum Ajeti melakukan tekel. Ia amat bernafsu menyingkirkan Berisha, tapi bola masih mengenai mistar gawang dan keluar lapangan.

Peluang Rumania untuk lolos semakin tipis, setelah laga Prancis dan Swiss dipastikan berakhir imbang. Sedangkan Albania justru membuka peluang lolos lantaran peluit akhir ditiup dalam keadaan Albania unggul 1-0.

Susunan pemain:
Rumania: Tatarusanu; Sapunaru, Grigore, Chiriches, Matel; Hoban, Prepelita; Popa (And one, 68), Stanciu, Stancu; Alibec (Torje, 57).
Albania: Berisha; Agolli, Hysaj, Mavraj, Ajeti; Abrashi; Lenjani (Roshi, 77), Lila, Memushaj, Basha (Cana, 83); Sadiku (Balaj, 59)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya