SOLOPOS.COM - Paul Pogba (Prancis) berduel dengan Breel Embolo (Swiss) dalam laga pamungkas grup A. (JIBI/Reuters/Benoit Tessier)

Prancis dan Swiss berhak lolos fase grup sebagai juara dan runner-up.

Solopos.com, LILLE – Laga Prancis dan Swiss berakhir imbang tanpa gol. Dengan hasil ini, kedua tim berhak lolos fase grup.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Prancis menjalani laga terakhir grup A kontra Swiss di Stade Pierre Mauroy, Lille, Prancis. Pada pertandingan ini, pelatih Didier Deschamp tak menurunkan Dmitri Payet dan Olivier Giroud sebagai starter.

Deschamp tampak lebih santai ketika berhadapan dengan Swiss di laga pamungkas Grup A. Maklum saja, Prancis sudah dipastikan lolos fase grup.

Babak Pertama

Prancis langsung tancap gas sejak menit awal dan menekan pertahanan Swiss. Tapi Swiss yang mendapat peluang bersih pertama di menit ke-8.

Berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut di kotak penalti Prancis dan bola liar disundul Breel Embolo. Namun, bola dengan cepat dihalau Paul Pogba di garis gawang.
Tak lama kemudian, Pogba kembali memiliki kans untuk mencetak gol. Setelah melakukan kerja sama apik dengan Kingsley Coman, dia melepaskan tendangan jarak dekat yang kembali bisa dimentahkan oleh Sommer.

Lagi-lagi Pogba. Usai menembus kotak penalti Swiss, dia menendang bola dan kembali ditepis Sommer. Bola lantas membentur mistar gawang dan Prancis hanya mendapatkan tendangan penjuru.

Pogba lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya setelah pada menit ke-18, akselerasinya yang diakhiri sepakan keras kaki masih menerpa mistar gawang. Padahal Sommer sudah terpaku melihat datangnya bola.

Sommer membuat kesalahan lagi di menit ke-24 ketika dia gagal mengantisipasi bola silang ke kotak penalti Swiss. Beruntun tembakan Laurent Koscielny masih bisa diblok kaki Granit Xhaka.

Granit Xhaka dan Pogba kerap terlibat duel di lini tengah. Dan duel terkini memakan korban jersey Xhaka yang sobek di bagian belakang. Hingga wasit menutup babak pertama, skor 0-0 tetap bertahan.

Babak pertama tuntas tanpa gol.

Babak Kedua

Masih belum ada pergantian pemain di 45 menit kedua. Swiss yang memulai pertandingan langsung berikan bola ke depan. Tetapi bisa diintersep.

Swiss mengandalkan serangan balik, mereka terbilang kesulitan masuk ke kotak penalti Prancis.

Swiss tampaknya ingin terus menekan. Mereka tentu berharap bisa mencetak gol dan memenangkan pertandingan untuk memelihara peluang lolos ke babak selanjutnya.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Prancis membuka peluang di babak kedua ini melalui menit 50.  Penyelamatan luar biasa dilakukan oleh Sommer saat dia memblok tendangan jarak dekat dari Griezmann.

Menit 71 Mehmedi dari sisi kiri melawan Sagna, dia tidak terlalu lama membawa bola dan langsung saja diumpan ke kotak penalti. Namun, ada pressing ketat dari Sagna yang membuat umpan itu gagal.

Payet yang masuk di babak kedua membuka peluang mencetak gol ketiganya di menit 70. Peluang emas didapatkan namun tembakan jarak dekat yang dia lakukan masih membentur mistar dan jatuhnya belum melewati garis gawang.

Menit 80 Payet kembali mendapat peluang. Dari jarak jauh dia melepaskan tembakan voli, namun arah bola masih melebar.

Di menit-menit akhir, kedua tim tampak lebih rileks. permainan berlangsung dalam tempo rendah. Hingga laga usai tidak ada lagi gol yang terjadi. Laga berakhir imbang 0-0.

Susunan Pemain

Swiss: Sommer; Lichtsteiner, Schar, Djourou, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Shaqiri (Fernandes, 79), Dzemaili, Mehmedi (Lang, 86); Embolo (Seferovi?, 74).

Prancis: Lloris; Sagna, Rami, Koscielny, Evra; Sissoko, Cabaye, Pogba; Coman, Gignac, Griezmann (Matuidi, 77).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya