SOLOPOS.COM - Bek Spanyol, Gerrard Pique tak mampu menjangkau tendangan pemain Kroasia, Ivan Perisic, yang akhirnya mencetak gol kemenangan saat berlaga di Stade de Bordeaux, Bordeaux, Prancis, Rabu (22/6/2016). (JIBI/Reuters/Michael Dalder)

Spanyol kalah pada pertandingan terakhir grup D melawan Kroasia.

Solopos.com, BORDEAUX – Spanyol secara mengejutkan tumbang dari Kroasia. Sempat unggul 1-0, tim asuhan Vicente Del Bosque harus mengakui keunggulan Kroasia 1-2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Spanyol menghadapi Kroasia dalam laga penentuan juara satu grup D di Stade de Bordeaux, Bordeaux, Prancis, Rabu (22/6/2016). Bermain dengan skuad terbaik, Spanyol justru kalah dari Kroasia yang menyimpan pemain andalannya, Luca Modric.

Babak Pertama

Spanyol memimpin berkat gol cepat Morata pada menit ketujuh. Sebuah serangan yang tersusun rapi membuat Spanyol unggul lewat peluang pertama mereka.

David Silva yang menguasai bola di luar kotak penalti mengirimkan umpan terobosan kepada Cesc Fabregas. Fabregas yang tak terkawal lantas mengirimkan bola ke mulut gawang. Morata dengan mudah menceploskannya ke gawang kosong. Kroasia 0, Spanyol 1.

Beberapa saat kemudian, Spanyol nyaris menggandakan keunggulannya. Umpan silang Silva disambar Nolito, tapi arah bola masih sedikit melebar.

Sebuah kesalahan Sergio Ramos dalam mengoper bola pada menit ke-12 membuat gawang Spanyol terancam. Bola dikuasai Kalinic, yang kemudian melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Beruntung buat Spanyol, David de Gea masih bisa menepis tembakan Kalinic.

Dua menit berselang, giliran De Gea yang melakukan blunder. Setelah menerima back pass, dia tak mampu membuang bola dengan sempurna. Ivan Rakitic yang melihat posisi De Gea cukup jauh dari gawang mencoba men-chip bola, tapi usahanya digagalkan mistar gawang.

Spanyol mendapatkan kesempatan untuk menambah keunggulannya pada menit ke-23. Silva melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi kiper Danijel Subasic masih bisa menyelamatkan gawang Kroasia.

Peluang yang diperoleh Nolito pada menit ke-28 juga tak berbuah gol. Tembakannya berubah arah setelah mengenai kaki pemain Kroasia dan sedikit melenceng dari gawang.

Kroasia menyamakan kedudukan ketika pertandingan memasuki menit ke-45. Perisic yang melakukan penetrasi di sisi kiri dengan cerdik mengecoh Juanfran dan kemudian melepaskan umpan silang. Kalinic berhasil memaksimalkan umpan silang tersebut setelah lolos dari kawalan Ramos. Sontekan tumitnya memaksa De Gea bertekuk lutut. Babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Babak Kedua

Spanyol kembali menekan pertahanan Kroasia di awal babak kedua. Fullback kanan mereka, Juanfran melepaskan tembakan keras setelah menerima umpan datar dari Silva. Sayang sepakannya masih melambung jauh di atas mistar.

Morata lagi-lagi menjadi ancaman tersendiri bagi lini belakang Kroasia. Pemain yang dikabarkan kembali ke Real Madrid tersebut nyari membawa La Furia Roja memimpin di menit 54. Namun sontekannya yang memanfaatkan umpan tarik Jordi Alba belum menemui sasaran.

Dua menit berselang giliran Kroasia yang memberikan tekanan kepada Spanyo. Melalui umpan silang, David de Gea yang kurang sempurna mengantisipasi datangnya bola justru menimbulkan kemelut di depan gawangnya. Beruntung tendangan akrobat Marko Pjaca masih sedikit melebar.

Spanyol mendapat peluang emas untuk kembali unggul atas Kroasia di menit 70. David Silva yang berusaha mengejar bola ditajuhkan Darijo Srna di kotak terlarang dan wasit langsung menunjuk titik putih. Namun, Sergio Ramos yang maju sebagai algojo gagal menyelesaikan tugasnya. Tembakan pemain Real Madrid tersebut sukses ditahan Danijel Subasic.

Empat menit jelang bubaran, petaka terjadi bagi Spanyol. Ivan Perisic berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1. Berawal dari serangan balik cepat, sepakan keras Perisic dari sudut sempit gagal dijangkau David de Gea.

Susunan Pemain

Kroasia: Subasic; Srna, Corluka, Jedvaj, Vrsaljko; Rog (Kovacic 82′), Badelj; Perisic (Kramaric 90+4′), Rakitic, Pjaca (Cop 90+2′); Kalinic

Spanyol: De Gea; Juanfran, Pique, Ramos, Alba; Fabregas (Thiago 84′) , Busquets, Iniesta; Silva, Nolito (Bruno 60′), Morata (Aduriz 67′)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya