SOLOPOS.COM - Rabu (9/7/2014) pagi pukul 03.00 WIB raksasa sepakbola Amerika Latin akan bertemu dengan raksasa sepak bola Eropa Jerman. Grafis/Ist/Liputan6.com

Solopos.com, RIO DEJANEIRO- Hasil akhir Jerman vs Brasil dimenangkan Der Panzer pada semifinal Piala Dunia 2014, Rabu (9/7/2014) pagi. Brasil vs Jerman menjadi laga tak terduga dengan pesta gol di kubu Jerman.

Jerman melumatkan Brasil 7-1. Sementara itu, striker Jerman Miroslav Klose menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia dengan 16 gol setelah mencetak satu gol pada babak pertama pertandingan vs Brasil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jerman menghancurkan tuan rumah Brasil dengan skor telak tak terbayangkan 7-1 . Dengan demikian, Jerman melaju ke final dan menunggu lawan yang merupakan pemenang antara laga semifinal lainnya, Belanda vs Argentina.

Ketujuh gol Jerman dicetak oleh Toni Kroos dan Andre Schuerrle masing-masing 2 gol, serta Thomas Mueller, Miroslav Klose, dan Sami Khedira masing-masing satu gol. Gol tunggal Brasil datang dari Oscar.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebenarnya, mengawali pertandingan Brasil-lah yang mulai menekan, ditandai sepakan Marcelo yang melebar ke kiri gawang Jerman. Namun memasuki menit ke-7 Jerman mulai bangkit lewat tekanan Sami Khedira, Thomas Mueller, dan Miroslav Klose.

Pada menit ke-11 Jerman mulai berpesta lewat gol Mueller yang memanfaatkan assist sepak pojok Toni Kroos.

Pada menit ke-17 Marcelo mengklaim penalti setelah merasa dijatuhkan Philipp Lahm di kotak terlarang, namun wasit Meksiko Marco Antonio Rodriguez tak memberi penalti, sebab memang Lahm terlihat menyapu bola, kaki Marcelo-lah yang datang mengenai kaki Lahm.

Bencana datang untuk Brasil dalam 5 menit antara menit 20 hingga 25. Dua gol dari Toni Kroos dan satu dari Miroslav Klose membuat skor 0-4 untuk Jerman.

Pada menit ke-29 giliran Sami Khedira yang menjebol gawang Julio Cesar setelah menuntaskan kerja samanya dengan Mesut Ozil.

Jerman terus melakukan tekanan ke wilayah permainan Brasil dan mengakhiri babak pertama dengan skor 0-5 untuk Der Panzer. Tak pernah ada yang berani membayangkan skor demikian jauh.

Memasuki babak kedua, Brasil menekan Jerman melalui Oscar dan Maicon, tapi sia-sia dan terlalu jauh untuk mengejar defisit lima gol.

Jerman mulai bangkit kembali setelah Andre Schuerrle masuk menggantikan Klose pada menit 58. Alhasil, hanya 11 menit di lapangan dia telah mencetak gol. Skor 6-0 untuk Jerman.

Hanya berselang 10 menit kemudian, Schuerrle kembali mencetak gol setelah pergerakannya mengelabui David Luiz di sisi kanan pertahanan Brasil dan melepas tendangan keras yang menghantam mistar dan menghujam masuk gawang. Skor 7-0.

Oscar mencetak satu-satunya gol Brasil pada menit ke-90, yang sama sekali tak bisa menghibur seluruh rakyat Brasil. Skor 1-7 bertahan hingga akhir pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh TvOne dan AnTv itu.

Berbeda dengan laga-laga sebelumnya, pelatih Jerman Joachim Loew menurunkan pemain veteran Klose sejak awal. Satu gol Klose membuatnya menjadi top skor sepanjang sejarah Piala Dunia dengan 16 gol, melewati Ronaldo (Brasil) 15 gol.

Susunan pemain:

Brasil: 12-Julio Cesar; 6-Marcelo, 23-Maicon, 13-Dante, 4-David Luiz; 17-Luiz Gustavo, 5-Fernandinho (8-Paulinho 46’), 20-Bernard, 11-Oscar, 7-Hulk (16-Ramires 46’); 9-Fred

Cadangan: 1-Jefferson, 2-Daniel Alves, 3-Thiago Silva, 10-Neymar, 14-Maxwell, 15-Henrique, 18-Hernanes, 19-Willian, 21-Jo, 22-Victor

Jerman: 1-Manuel Neuer; 16-Philipp Lahm; 20-Jerome Boateng; 5-Mats Hummels (17-Per Mertesacker 46’); 4-Benedikt Hoewedes; 7-Bastian Schweinsteiger; 6-Sami Khedira; 18-Toni Kroos; 8-Mesut Ozil; 13-Thomas Mueller, 11-Miroslav Klose (9-Andre Schuerrle 58’)

Cadangan: 2-Kevin Grosskreutz, 3-Matthias Ginter, 10-Lukas Podolski, 12-Ron-Robert Zieler, 14-Julian Draxler, 15-Erik Durm, 19-Mario Goetze, 21-Shkodran Mustafi, 22-Roman Weidenfeller, 23-Chrisoph Kramer. (Kabar24.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya