SOLOPOS.COM - Eder merayakan gol ke gawang Swedia. (JIBI/Reuters/Michael Dalder)

Italia akhirnya menangkan pertandingan usai Eder mencetak gol.

Solopos.com, SOLO – Italia akhirnya memastikan diri lolos dari grup E usai kembali memenangkan pertandingan. Kontra Swedia, Italia memastikan kemenangan lewat gol telat Eder.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Italia berhadapan dengan Swedia di matchday 2 grup E Piala Eropa 2016. Bermain di Stadium de Toulouse, Toulouse, Prancis, Jumat (17/6/2016) malam WIB.

Sepanjang laga kedua tim bermain imbang. Bahkan, di babak pertama Swedia sempat membuat Italia kesulitan.

Timnas Swedia mendominasi sejak awal pertandingan. Swedia terlihat lebih unggul ketimbang Italia dari segi penguasaan bola. Meski demikian, serangan dari Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan masih belum membuahkan hasil. Beberapa kali umpan matang yang dikirimkan pemain tengah Swedia, gagal dikonversi menjadi gol oleh Ibrahimovic.

Babak Pertama

Sejak dimulainya pertandingan, Swedia tampak bermain lebih agresif ketimbang Italia. Azzurri hanya bermain bertahan dan menghadang umpan- umpan yang dilakukan pemain tengah Swedia.

Menit sembilan Antonio Candreva nyaris saja mencetak gol, namun sayang umpannya ke sisi kanan gawang terlalu tajam, sehingga bola dapat dengan mudah ditangkap kiper Swedia yakni Isaksson.

Menit 17, serangan balik disusun oleh Kim Kallstrom. Namun, umpan silangnya di dalam jantung pertahanan Italia gagal membuahkan hasil. Nahas, serangan yang dilancarkan gelandang berusia 33 tahun itu berhasil ditangkap dengan mudah oleh Gianluigi Buffon.

Pada Menit 28, Swedia nyaris saja membuka keunggulan. Setelah sukses menerima umpan dari pemain tengah Swedia, pemain yang kerap disapa Ibracadabra ini langsung menanduk keras si kulit bundar. Namun, tanpa disadari posisinya telah terlebih dahulu offside.

Menit 37 duet mematikan Graziano Pelle dan Eder Martins berhasil menembus lini belakang Swedia. Tapi umpan matang Pelle masih belum mampu dijangkau Eder.

Hingga berakhirnya babak pertama, belum ada gol yang tercipta. skor kacamata masih menghiasi papan skor di Stadium Municipal, Toulouse.

Babak Kedua

Swedua masih tampak lebih dominant di babak kedua. Tim Kuning Biru kembali mengancam di menit ke 58. Ibrahimovic mengirimkan bola kepada Lindelof, tapi sundulannya masih meleset.

Italia giliran mengancam gawang Swedia pada menit ke-68. Umpan dari Florenzi mengarah ke tiang jauh dan berhasil disambar oleh Candreva yang meneruskannya menjadi sebuah umpan silang ke mulut gawang. Sayang, Isaksson dengan sigap memotong bola.

Ibrahimovic kembali memperoleh peluang emas. Kiriman bola dari sisi kiri berhasil disambar oleh Ibra di mulut gawang namun arah bola masih melayang di atas mistar. Namun, ternyata sang striker sudah dalam posisi offside.

Pertengahan babak kedua, Italia mulai memasukkan pemain-pemain baru. Thiago Motta masuk menggantikan De Rossi sedangkan Simone Zaza turun menggantikan Pelle.

Pergantian ini membawa angin segar bagi Italia. Memasuki 10 menit sisa waktu, Italia kali ini mencoba membangun serangan dengan umpan-umpan pendek.

Parolo pada menit 82 mendapat peluang emas. Menerima umpan silang Giaccherini dari sisi kiri, sayang sundulannya masih membentur tiang gawang.

Usaha keras Italia akhirnya membuahkan hasil pada menit-menit akhir menjelang laga usai. Eder mencetak gol setelah memperoleh umpan dari pemain pengganti Simone Zaza. Sedikit gocekan, Eder melepaskan tendangan keras yang tak mampu diantisipasi Isakson.

Jelang akhir laga, Buffon sempat mendapat kartu kuning lantaran dianggap mengulur-ulur waktu.

Meski begitu, Italia akhirnya dapat bernafas lega setelah wasit meniup peluit akhir. Gli Azzuri menang 1-0.

Susunan Pemain:

Italia (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Florenzi, De Rossi (Motta, 74), Giaccherini, De Sciglio; Eder, Pelle (Zaza, 60).



Swedia (4-4-2): Isaksson; Lindelof, Ganqvist, Johansson, Olsson; Larsson, Ekdal (Lewicki, 79), Kallstrom, Forsberg (Durmaz, 79); Guidetti, Ibrahimovic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya