SOLOPOS.COM - Irlandia merayakan gol kemenangan ke gawang Italia. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Pertandingan Italia dengan Republik Irlandia berakhir dengan skor 0-1.

Solopos.com, LILLE – Republik Irlandia memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Mereka lolos setelah mengalahkan Italia dengan skor 1-0.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Sebelum bertemu Irlandia di Stade Pierre-Mauroy, Lille, Prancis, Kamis (23/6/2016) dinihari WIB, Italia sudah pasti jadi juara Grup E. Hal ini membuat pelatih Antonio Conte merombak susunan pemain timnya.

Robbie Brady tampil sebagai pahlawan Irlandia pada laga ini. Brady mencetak gol tunggal pada menit ke-85 untuk meloloskan timnya ke fase gugur.

Irlandia finis di posisi ketiga Grup E dengan perolehan empat poin dari tiga laga. Mereka pun lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Di babak 16 besar, mereka akan bertemu tuan rumah Prancis.

Sementara itu, Italia tetap jadi juara grup dengan enam poin. Mereka akan melawan Spanyol di babak 16 besar.

Babak Pertama

Kedua tim bergantian melancarkan serangan pada menit-menit awal. Irlandia nyaris unggul pada menit kesembilan, tapi tembakan Jeff Hendrick dari luar kotak penalti masih melenceng tipis.

Irlandia kembali mengancam gawang Italia pada menit ke-21. Sundulan Murphy meneruskan sebuah sepak pojok memaksa Sirigu melakukan penyelamatan.

Butuh poin penuh, Irlandia berupaya terus menekan Italia dengan memeragakan permainan dalam tempo cepat. Sementara itu, Italia terlihat kesulitan mengembangkan permainan dan tak membuat satu pun percobaan mencetak gol hingga menit ke-40.

Tembakan jarak jauh Immobile pada menit ke-43 menjadi percobaan pertama Italia. Namun, tembakan Immobile masih sedikit melenceng.

Beberapa saat kemudian, Irlandia meminta penalti saat Bernardeschi terlihat mendorong McClean. Namun, wasit tidak menunjuk titik putih.

Hingga rampungnya babak pertama, skor kacamata belum berubah.

Babak Kedua

Simone Zaza akhirnya menciptakan peluang pertamanya di menit 51. Menerima umpan silang dari sisi kiri, pemain Juventus tersebut langsung melepaskan sepakan first time ke gawang Republik Irlandia. Sayang bola masih melambung tipis.

Lima menit berselang giliran Republik Irlandia yang melakukan serangan ke gawang Sirigu. Daryl Murphy yang menyisir sisi kiri melepaskan tembakan ke arah gawang. Lagi-lagi penampilan apik Sirigu sukses mengamankan gawang Gli Azzurri.

Lagi Jeff Hendrick menebar ancaman bagi lini belakang Italia dengan tendangan canon ball-nya di menit 63. Namun sepertinya sebelumnya, tendangan pemain 24 tahun tersebut masih belum menemui sasaran.

Republik Irlandia terus menekan pertahanan Italia untuk mencetak gol. Namun buruknya penyelesaian akhir masih menjadi kendala armada Martin O’Neil.

Kali ini pelaung di dapat Italia di menit 77. Lorenzo Insigne yang baru masuk menggantikan Immobile melepaskan tembakan placing ke gawang Darren Randolph. Sayang usahanya masih digagalkan oleh mistar gawang.

Peluang emas didapat Hoolahan di menit 83. Tinggal berhadap satu lawan satu dengan Wesley hoolahan gagal menaklukan Sirigu. Tidak berselang lama, Hoolahan berhasil menebus kesalahannya.

Republik Irlandia akhirnya mampu memecahkan kebuntuan di menit 85. Berawal dari Weslye Hoolahan yang memberikan umpan jauh ke kotak penalti, Robbie Brady sukses mengonverikannya menjadi gol. Skor sementara 1-0 untuk Republik Irlandia.

Susunan Pemain

Italia: Sirigu; Barzagli, Bonucci, Ogbonna; Bernardeschi (Darmian 60′), Florenzi, Thiago Motta, Sturaro, De Sciglio (El Shaarawy 82′); Zaza, Immobile (Insigne 75′)

Republik Irlandia: Randolph; Coleman, Keogh, Duffy, Ward; McClean, Hendrick, McCarthy (Hoolahan 77′), Brady; Murphy (McGeady 70′), Long (Quinn 90′)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya