SOLOPOS.COM - Islandia menjalani laga sengit kontra Austria di Stade de France, Saint-Denis near Paris, Prancis, Rabu (22/6/16). (JIBI/Reuters/John Sibley)

Islandia akhirnya lolos grup F usai memenangkan pertandingan melawan Austria.

Solopos.com, SAINT-DENIS – Islandia menghadapi Austria di matchday terakhir penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Rabu (22/6/2016) malam WIB.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Islandia yang saat ini ada di peringkat dua klasemen sementara dengan dua poin dan Austria yang terbenam di posisi paling buncit dengan satu angka masih berpeluang lolos.

Syaratnya, mereka harus menang. Karena tuntutan harus menang membuat pertandingan berpotensi akan berjalan seru.

Babak Pertama

Islandia nyaris langsung mengejutkan Austria saat laga baru berjalan dua menit. Serangan yang dibangun dengan sabar oleh Islandia diakhiri dengan tembakan Johann Berg Gudmundsson dari luar kotak penalti. Tapi sepakan Gudmundsson itu masih membentur mistar gawang.

Kesalahan fatal nyaris dilakukan kiper Islandia, Hannes Halldorsson, di menit ke-11. Saat berupaya membuang bola, bola yang dikuasainya direbut oleh Marko Arnautovic. Tapi Arnautovic kemudian justru terpeleset saat ingin memaksimalkan kesempatan.

Peluang kembali didapat Islandia di menit ke-15. Tapi tendangan Kari Arnason dari luar kotak penalti masih melambung.

Islandia akhirnya membuka keunggulan di menit ke-18. Dari sebuah sepak pojok, bola yang dibelokkan oleh Arnason jatuh ke kaki Jon Dadi Bodvarsson. Dia kemudian mengontrol bola sebentar sebelum melepaskan tembakan mendatar ke arah tiang jauh.

Usai kebobolan, Austria mulai mendominasi laga. Mereka terus menekan untuk mencari gol penyeimbang. Beberapa peluang lantas didapat oleh Arnautovic, namun belum menghasilkan gol. Tembakannya di menit ke-29 masih bisa ditangkap Halldorsson, sementara sundulannya semenit kemudian melambung di atas gawang.

Austria mendapat peluang emas untuk menyamakan skor di menit ke-36 usai mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Skulason dianggap menjatuhkan David Alaba di kotak terlarang.

Tapi Aleksandar Dragovic yang maju sebagai eksekutor gagal menuntaskan tugasnya. Tendangannya membentur tiang gawang.

Austria terus berupaya menekan. Tiga menit jelang turun minum, peluang Austria kembali digagalkan oleh Halldorsson. Dia menepis tembakan Baumgartlinger dari luar kotak penalti.

Keunggulan 1-0 Islandia bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Islandia kembali memulai babak kedua dengan baik. Peluang didapat Islandia di awla babak kedua lewat tembakan voli Bjarnason, tapi masih melayang di atas gawang.

Austria gantian mengancam di menit ke-47. Upaya Gunnarsson menghalau crossing membuat bola jatuh ke Alaba. Alaba kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang, tapi bisa diblok oleh Arnason.

Kedua tim kini bergantian menciptakan peluang. Dua menit berselang, Sigurdsson mendapat peluang setelah melewati beberapa pemain Austria menuju kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan kaki kiri ke arah tiang jauh, tapi masih menyamping tipis dari gawang.

Serangan Austria akhirnya membuahkan hasil di menit ke-60. Alessandro Schopf melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti melewati beberapa pemain Islandia sebelum melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kiri ke arah tiang jauh.

Islandia langsung merespons lima menit kemudian dan nyaris kembali unggul. Bjarnason melakukan tusukan dari sisi kiri dan mengirim bola kepada Bodvarsson yang kemudian mengoper kepada Sigurdsson. Gelandang Swansea itu dalam posisi bagus untuk menaklukkan Almer di tiang dekat, tapi kiper Austria itu bisa menggagalkan tembakan Sigurdsson.

Peluang kembali didapat Austria di menit ke-69. Sabitzer mengirim umpan dari sisi kanan, namun sepakan Marc Janko masih menyamping tipis dari gawang.

Di menit ke-80, Austria mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Alaba menjadi eksekutor, tapi tendangannya bisa dihalau oleh Halldorsson.

Di penghujung masa injury time, Islandia mencetak gol kemenangannya. Dari serangan balik, Bjarnason merangsek dari sisi kanan sebelum melakukan tusukan. Dia kemudian mengoper kepada Traustason yang menaklukkan Almer untuk membawa Islandia unggul 2-1.

Susunan Pemain



Islandia: Halldorsson, Sævarsson, Arnason, R Sigurdsson, A Skulason, Gudmundsson, Gunnarsson, G Sigurdsson, Bjarnason, Sigthorsson (Traustason 80′), Bodvarsson (Bjarnason 71′)

Austria: Almer, Dragovic, Hinteregger, Prodl (Schopf 46′), Fuchs, Ilsanker (Janko 46′), Baumgartlinger, Klein, Alaba, Arnautovic, Sabitzer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya