SOLOPOS.COM - Pemain Iran Teymourian (Ki) dan Jahanbakhsh bersedih seusai kalah dari Bosnia. JIBI/Rtr/Marcos Brind

Solopos.com, SALVADOR — Bosnia Herzegovina mengakhiri harapan Iran untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2014 seusai menang 3-1. Tiga gol Bosnia diciptakan oleh Edin Dzeko, Miralem Pjanic, dan Avdija Vrsajevic, sedang gol balasan Iran diciptakan Reza Ghoochannejhad.

Iran datang ke Arena Fonte Nova, Rabu (25/6/2014) malam WIB dengan masih memegang harapan untuk lolos. Hal tersebut bisa terwujud jika mereka menang dengan selisih gol sebaik mungkin sementara Nigeria di laga lain kalah dari Argentina. Nigeria sendiri pada akhirnya memang kalah dari Argentina, namun Iran tak memetik hasil yang diinginkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepanjang laga, seperti dilansir detiksport, Iran kesulitan menciptakan peluang. Whoscored mencatat mereka hanya punya dua kesempatan on target sementara Bosnia punya lima tembakan ke arah gawang. Bosnia juga tampil lebih dominan dengan 66% penguasaan bola berbanding 34% milik Iran.

Hasil ini membuat Bosnia melompati Iran di papan klasemen Grup F dengan mengemas nilai tiga dan finis di posisi tiga. Sebaliknya, Iran harus pulang dengan satu poin di posisi juru kunci.

Tekanan bertubi-tubi dari Bosnia pada akhirnya membuahkan hasil juga pada menit ke-23. Menerima umpan dari Pjanic, Dzeko sempat melewati satu pemain sebelum kemudian melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan bawah yang tak terjangkau kiper.

Dua menit berselang Iran nyaris saja menyamakan kedudukan. Dari kanan Ashkan Dejagah menyodorkan bola ke Masoud Shojaei di mana nama terakhir lantas menyepak bola keras-keras dari luar kotak penalti.

Bola meluncur deras tanpa bisa dihalau kiper, namun kemudian membentur mistar gawang dan memantul ke bawah. Teknologi garis gawang menunjukkan bola tak melewati garis gol.

Bosnia melanjutkan dominasinya di babak kedua. Sebuah percobaan dari jarak jauh dari Pjanic di menit ke-48 membuka peluang mereka di paruh kedua. Tapi tak menemui sasaran.

Sepuluh menit kemudian, Bosnia menggandakan keunggulan. Umpan terobosan Tino Susic diterima Pjanic yang tak terkawal di dalam kotak penalti. Sebuah sepakan terarah ke pojok kanan bawah gawang menjadi penutupnya.

Iran memberi tekanan kepada Asmir Begovic di menit ke-65. Alireza Jahanbakhsh melakukan percobaan dari luar kotak penalti, tapi mampu ditahan oleh Begovic di pojok kanan bawah.

Iran sukses memperkecil ketertinggalan di menit ke-82. Andranik Teymourian lolos dari jebakan offside di sisi kiri dan kemudian mengirim umpan silang mendatang ke Reza Ghoochannejhad yang tak terkawal di tiang jauh. Tanpa kesulitan Reza mencocor bola ke gawang.

Tapi skor tak bertahan lama. Hanya semenit kemudian Bosnia berhasil menjauh lagi. Menerima umpan Sejad Salihovic di sisi kanan, Vrsajevic tak menyianyiakan kesempatan lagi dan sepakannya meluncur ke pojok kiri bawah gawang. Tak ada lagi gol tercipta. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan pemain:

Iran: Haghighi, Haji Safi (Jahanbakhsh 63′), Hosseini, Sadeghi, Nekounam, Shojaei (Heidari 46′), Timotian, Montarezi, Ghoochannejad, Dejagah (Ansarifard 68′), Pooladi.

Bosnia-Herzegovia: Begovic, Vrsajevic, Spahic (c), Kolasinac, Besic, Pjanic, Ibisevic, Dzeko (Visca 84′), Susic (Salihovic 79′), Sunjic, Hadzic (Vranjes 61′)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya