SOLOPOS.COM - Daniel Sturidge merayakan gol kemenangan ke gawang Wales, Kamis (16/6/2016). (JIBI/Reuters/Christian Hartmann)

Inggris memenangkan pertandingan lewat dua gol telat dari Jamie Vardy dan Daniel Sturidge

Solopos.com, LENS – Inggris boleh bernafas lega setelah dua pemain pengganti mencetak gol di babak kedua. Sempat tertinggal 0-1, Inggris melakukan comeback spektakuler melalui gol Jamie Vardy dan Daniel Sturidge.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Inggris dipertemukan sesasma tim Britania Raya, Wales, di matchday 2 Grup B Piala Eropa 2016 yang diselenggarakan di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Kamis (16/6/2016) malam WIB. The Three Lions jelas membutuhkan kemenangan lantaran pada laga pertama melawan Rusia, mereka hanya bermain imbang.

Pada laga kali ini, Roy Hodgson menurunkan pola 4-3-3 dengan memainkan Harry Kane sebagai ujung tombak. Sementara pelatih Wales, Chris Coleman, memainkan formasi 5-3-2 dengan mendorong Gareth Bale menjadi penyerang.

Babak Pertama

Pada menit keenam, Inggris hampir membuka keunggulan. Adam Lallana menyisir sisi kanan lapangan untuk melepas umpan silang. Bola berhasil diambil Raheem Sterling yang menunggu kotak penalti, namun sodoran yang dilakukan pemain Manchester City itu masih melambung di atas gawang kiper Wales, Wayne Hennessey.

Tak ingin kalah dari Inggris, Wales balik menyerang. Gareth Bale melakukan akselerasi sebelum akhirnya melepaskan sepakan keras, namun tembakan pemain Real Madrid itu masih dapat diblok bek Inggris yakni Gary Cahill.

Inggris kembali mendapat peluang lewat sundulan Cahill usai memanfaatkan umpan tendangan bebas Wayne Rooney. Akan tetapi, Hennesey selaku kiper Wales berhasil mengamankan bola dengan gemilang.

Tim asuhan Hodgson seharusnya mendapat hadiah penalti setelah tangan fullback kiri Wales, Ben Davies, terlihat menyentuh bola. Namun, wasit Felyx Brych yang memimpin pertandingan tidak melihat kejadian tersebut.

Terlepas dari tragedi hand ball tersebut, Inggris lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 65 persen. Akan tetapi, penguasaan bola terasa hambar karena justru Wales yang mampu mencetak gol lebih dulu.

Bale berhasil membuka keunggulan Wales atas Inggris pada menit 42. Pemain Real Madrid tersebut berhasil melepas tembakan bebas terukur dari jarak sekira 28 meter yang tak dapat ditahan kiper Timnas Inggris, Joe Hart. Wales unggul sementara 1-0 atas Inggris hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Hodgson memasukkan Jamie Vardie dan Sturidge menggantikan Smalling dan Kane di babak kedua. Kedua pemain ini tampak langsung nyetel dengan permainan The Three Lions.

Tak berselang lama, pergantian pemain ini mulai menampakkan hasil. Lewat kemelut di depan gawang Wales, penyerang Inggris yakni Jamie Vardy berhasil menjebol gawang Wayne Hennesey pada menit 56 lewat tembakan dari jarak dekat.

Vardy terlihat berada dalam posisi offside ketika menerima bola. Namun, gol dianggap sah karena bola yang mengarah ke Vardy merupakan salah umpan yang dilakukan kapten Wales, Ashley Williams. Inggris vs Wales kini imbang 1-1.

Setelah gol tersebut Inggris semakin bernafsu mencari angka tambahan. Namun, kukuhnya pertahanan Wales yang digalang Williams membuat Tim Tiga Singa tak kunjung mencetak gol kedua hingga pertandingan memasuki menit 65.

Hodgson memasukkan Marcus Rashord pada menit 72 untuk menggantikan Lallana. Hal itu berarti, Inggris bermain dengan empat penyerang sekaligus yakni Rashford, Vardy, Sturiddge dan Rooney.

Masuknya Rashford membuat daya serang Inggris jauh lebih tajam.

Saat sepertinya pertandingan bakal berakhir imbang, Sturidge mulai unjuk gigi. Lewat kemelut di muka gawang Wales, striker Liverpool ini melepaskan tendangan datar yang tak mampu diantisipasi Hennessey. Inggris kini unggul 2-1.

Tak berselang lama, peluit panjang dibunyikan. Inggris akhirnya menang dan berpeluang besar lolos dari grup B.

Susunan Pemain:

Inggris: 1 Hart (G), 2 Walker, 3 Rose, 5 Cahill, 6 Smalling, 7 Sterling (Sturridge 46’), 8 Lallana (Rashford 72’), 9 Kane (Vardy 46’), 10 Rooney (C), 17 Dier, 20 Alli.

Wales: 1. Hennessey (G), 2 Gunter, 3 N. Taylor, 4 Davies, 5 Chester, 6 A. Williams (C), 7 Allen, 9 Robson-Kanu (J. Williams 67’), 10 Ramsey, 11 Bale, 16 Ledley (Edward 67’).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya