SOLOPOS.COM - Striker Portugal, Cristiano Ronaldo, mencetak gol lewat sundulan saat berhadapan dengan Hungaria di Stade de Lyon, Lyon, Prancis, Rabu (22/6/2016). (JIBI/Reuters/Robert Pratta)

Solopos.com, LYON – Portugal menahan imbang Hungaria di laga terakhir grup F Piala Eropa 2016. Kedua tim sama-sama mencetak tiga gol dan sama-sama lolos fase grup.

Portugal dan Hungaria menjalani laga hidup mati di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Prancis, Kamis (23/6/2016). Berbekal sekali menang dan sekali ditahan imbang, Hungaria berada di atas angin.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Babak Pertama

Sebuah sentuhan pertama kurang oke dari Nani di lini depan Portugal membuat bola melambung jauh dari dirinya, membuat kiper Hungaria Gabor Kiraly kemudian dengan mudah mengamankan si kulit bundar di menit ke-2.

Ekspedisi Mudik 2024

Di menit ke-5 Portugal mendapat tendangan bebas di sisi kiri usai Ronaldo dijatuhkan. Dari bola mati, bola dikirim ke tengah untuk ditangkal Hongaria sampai akhirnya Joao Mario melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola masih jauh melambung.

Enam menit kemudian Nani berhasil menyundul bola di kotak penalti Hongaria. Tapi bola tak mengarah ke target dan tidak menyulitkan Kiraly sama sekali.

Joao Mario mengirim umpan silang ke kotak penalti Hongaria dan Ronaldo berhasil meninggalkan pemain yang mengawalnya untuk berusaha menanduk bola di menit ke-16. Namun, si kulit bundar berhasil ditanduk oleh pemain Hongaria.

Gawang Portugal jebol di menit ke-19. Diawali dari sepak pojok, pemain Portugal coba menghalau bola meski cuma si kulit bundar kemudian jatuh sedikit di luar kotak penalti. Zoltan Gera menyambarnya dengan sepakan keras ke pojok gawang gawang Portugal.

Empat menit kemudian Ronaldo melakukan tendangan ke arah gawang Hongaria walaupun usahanya itu belum membuahkan hasil yang ia inginkan untuk mengubah kedudukan.

Hongaria menekan lagi di menit ke-24 menyusul sebuah kelengahan dari lini belakang Portugal. Kali ini sepakan Akos Elek masih bisa dihadang oleh kiper Rui Patricio.

Portugal mendapat tendangan bebas di menit ke-29 dengan Ronaldo bersiaga untuk mengambilnya. Setelah mengambil ancang-ancang, Ronaldo melepaskan tembakan keras untuk mengirim bola menuju gawang dan memaksa Kiraly melakukan penyelamatan.

Tendangan bebas lagi buat Portugal untuk kembali diambil Ronaldo di menit ke-35. Kali ini bola sepakan Ronaldo masih melambung jauh dari sasaran tanpa menyulitkan Kiraly.

Gawang Hongaria bergetar di menit ke-39 tapi sebelum itu Portugal rupanya sudah lebih dulu terjebak offside. Hongaria lalu melakukan serangan balik cepat, dengan Pepe pada akhirnya berhasil membuang bola.

Di menit ke-42 Portugal akhirnya menyamakan kedudukan. Dari sisi kiri Ronaldo melepaskan umpan terobosan untuk Nani yang kemudian menuntaskan peluang itu dengan sontekan jitu ke arah tiang dekat tanpa bisa diredam Kiraly.

Menjelang turun minum, masing-masing kubu memiliki peluang; Hongaria lewat Adam Szalai dan Portugal melalui Andre Gomes. Kedua kans itu dikandaskan kiper.

Babak Kedua

Hungaria memulai babak kedua dengan impresif. Bagaimana tidak, baru dua menit, penyerang mereka, Balazs Dzsudzsak menjebol gawang Portugal untuk kali kedua. Sepakan bebasnya terkena pagar hidup dan mengecoh kiper Rui Patricio. Skor 2-1 untuk Hungaria.

Tidak perlu waktu lama untuk Portugal menyamakan kedudukan. Hanya selang dua menit, Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan. Menerima umpan terukur dari sisi kanan, Ronaldo mem-flick bola masuk ke gawang Hungaria. Skor 2-2.

Luar biasa Hungaria tak kenal menyerah. Pada menit 54 Hungaria kembali unggul melalui tembakan Balasz Dzsudzsak. Tendangan dari luar kotak penalti ter-deflected oleh kaki Luis Nani. Bola lalu masuk ke gawang Portugal. Hungaria kembali unggul 3-2.

Gol kedua Dzsudzsak membuat Ronaldo mengamuk. Pemain Real Madrid tersebut terlihat mengekspresikan rasa kesalnya tersebut sambil berteriak dan mengepalkan tangannya.

Gol untuk Portugal! Usaha untuk menyamakan kedudukan tak sia-sia. Pada menit 61 Cristiano Ronaldo lagi-lagi jadi bintang dengan golnya. Umpan lambung dihantam dengan sundulan keras ke arah gawang Hungaria. Skor 3-3.

Portugal semakin percaya diri, pun dengan Hungaria yang secara tempo tetap dapat mengimbangi Portugal. Ronaldo dan kawan-kawan terus melancarkan serangan, namun satu pun belum ada yang bisa kembali menjebol gawang Hungaria.

Susunan Pemain

Hungaria: Kiraly, Lang, Juhasz, Guzmics, Korhut, Pinter, Elek, Lovrencsics (Stieber 83′), Gera (Barnabas Bese 46′), Dzsudzsak, Szalai (Nemeth 71′).



Portugal: Patricio, Vieirinha, Pepe, Carvalho, Eliseu, Mario, Moutinho (Renato Sanches 46′), Carvalho, Gomes (Quaresma 61′), Nani (Danilo 81′), Ronaldo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya