SOLOPOS.COM - Turki merayakan kemenangan atas Republik Ceko di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Rabu (22/6/2016) dini hari WIB. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Turki mengakhiri kiprah di grup D dengan kemenangan 2-0.

Solopos.com, LENS – Turki mengakhiri kiprahnya di grup D Piala Eropa 2016 dengan manis. Arda Turan dkk. menang 2-0 atas Republik Ceko, di Stade Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Rabu (22/6/2016) dini hari WIB.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Babak Pertama

Ceko langsung ambil inisiatif serangan dan mendapat peluang di menit kelima lewat Vladimir Darida. Namun, sepakan Darida hanya menyasar sisi gawang Volkan Babacan.

Sementara Turki langsung bikin gol dari peluang pertamanya di menit ke-10. Emre Mor melakukan akselerasi dari sisi kanan dan mengakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Di sana ada Burak Yilmaz yang menyambutnya dengan sontekan ke pojok atas gawang Petr Cech.

Ceko berupaya membalas namun serangan mereka kerap mental di barisan pertahanan Turki. Absennya Tomas Rosicky membuat Ceko kehilangan jenderal permainan di lini tengah yang punya umpan-umpan ciamik ke para pemain depan.

Satu peluang didapat lagi oleh Ceko di menit ke-18 ketika bola korner disambut tandukan Tomas Sivok tapi masih membentur mistar gawang.

Ceko terus membombardir pertahanan Turki dan mendapat lagi kans bikin gol pada menit ke-24. Tomas Necid mendapat ruang tembak tapi sepakannya masih melayang di atas mistar.

Empat menit setelahnya Turki melancarkan serangan balik, lagi-lagi Mor menjadi aktornya lewat sisi kanan dan dituntaskan dengan umpan kepada Volkan Sen. Tapi, sepakan jarak dekat Sen bisa dibendung Cech.

Setelahnya laga berjalan relatif dengan tempo datar dan tak ada lagi peluang berbahaya dari kedua tim sehingga babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Turki.

Babak Kedua

Ceko seperti bisa diprediksi, langsung mengambil inisiatif serangan di awal paruh kedua. Menit 50, Necid yang tengah menggiring bola kemudian dijatuhkan oleh Balta dan fullback Turki itu pun diganjar kartu kuning oleh wasit.

Menit 56, Dockal melepaskan umpan silang ke mulut gawang Turki, yang siap disambut Necid. Sayang, nama terakhir secara konyol melanggar kiper Volkan Babacan yang keluar dari sarangnya untuk menangkap bola. Peluang pun terbuang percuma begitu saja.

Menit 59, sebuah penyelamatan gemilang dilakukan oleh Babacan! Kali ini kiper Turki itu harus menghentikan upaya tendangan menyusur tanah yang dilepaskan oleh Necid.

Meski terus diserang, Turki malah sukses mencuri gol kedua mereka di menit 65 via Ozan Tufan. Gelandang Fenerbahce itu melepaskan tembakan kaki kanan keras dari dalam kotak penalti Ceko. Cech pun hanya bisa tertegun melihat bola merobek jala gawangnya untuk kali kedua. 2-0!

Menit 79, Darida dari tengah lapangan menggiring bola kemudian melepaskan tendangan ke sudut kiri gawang Turki. Namun, bola masih bisa diamankan Babacan. Menit 85, Darida kembali mengancam. Crossing-nya yang berbelok dengan brilian diselamatkan Babacan. Kiper Istanbul Basaksehir FK itu memang tampil gemilang di laga ini.

Ceko terus menekan, tapi hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap 2-0 untuk Turki. Dengan hasil ini, Turki pun finis di posisi tiga Grup C. Armada Fatih Terim pun membuka peluang melenggang ke fase 16 besar sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Susunan Pemain

Republik Ceko: Cech; Kaderabek, Hubnik, Sivok, Pudil; Pavelka (Skoda 59′), Plasil; Dockal (Sural 71′), Darida, Krejci; Necid.

Turki: Babacan; Koybasi, Topal, Balta, Gonul; Inan, Sen (Ozyakup 62′), Tufan; Turan, Mor (Sahan 69′), Yilmaz (Tosun 90′)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya