SOLOPOS.COM - Tendangan voli Pelle memperlebar kemenangan Italia atas Belgia di Stade de Lyon, Lyon, Prancis. (JIBI/Reuters/Jason Cairnduff Livepic)

Laga big match Belgia vs Italia berakhir dengan skor 0-2.

Solopos.com, LYON – Italia melakoni laga perdana mereka di Grup E Piala Eropa 2016 kontra Belgia di Stade Parc Lyonnais, Selasa (14/6/2016) dini hari WIB. Gli Azzuri berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Pada pertandingan ini, Gli Azzuri memainkan formasi 3-5-2 saat menjalani laga big match melawan Belgia. Sedangkan Belgia memakai 4-2-3-1 dengan mengandalkan Romelo Lukaku sebagai striker tunggal.

Pada pertandingan ini, Belgia menyodorkan Witsel dan Radja Nainggolan di tengah. Sedangkan untuk menopang Lukaku, pelatih Belgia, Marc Wilmots, Hazard, De Bruyne dan Fellaini.

Sedangkan Italia tampil dengan trio center back Juventus, Chiellini, Bonuchi, dan Barzagli. Usai mencoret Andrea Pirlo, Conte mengandalkan Danielle De Rossi di tengah.

Tampil saling menekan sejak menit awal, Gli Azzurri mampu mengungguli Belgia 1-0 di interval pertama pertandingan ini.

Babak Pertama

Belgia memulai pertandingan babak pertama dengan langsung menekan pertahanan Italia. Belgia bahkan nyaris membuka skor andai sepakan Radja Nainggolan tidak mampu digagalkan oleh Gianluigi Buffon.

Italia mendapatkan kesempatan delapan menit kemudian. Graziano Pelle yang menguasai bola di luar kotak penalti melepaskan tembakan, tapi usahanya masih melebar.
Italia kembali mendapatkan peluang mereka di laga ini. Sayangnya, peluang Italia melalui sepakan spekulasi dari Eder masih belum menemui sasaran yang tepat.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-32 setelah Italia mengejutkan Belgia lewat gol Giaccherini. Gol tersebut diawali umpan panjang Leonardo Bonucci dari tengah lapangan. Giaccherini lolos dari kawalan bek-bek Belgia dan langsung menghadapi kiper Thibaut Courtois. Dengan tenang, Giaccherini menceploskan bola ke dalam gawang.

Italia punya kans menambah keunggulannya tiga menit kemudian. Antonio Candreva menembak dari luar kotak penalti, namun Courtois bisa mementahkannya.

Tak berselang lama, Pelle nyaris menggandakan keunggulan Italia. Dia berdiri bebas di mulut gawang, tapi sundulannya masih sedikit melenceng.

Upaya Belgia untuk menyamakan skor pada menit ke-39 tak membuahkan hasil. Tendangan Axel Witsel dari luar kotak penalti masih melebar.

Hingga berakhirnya babak pertama, kedudukan belum berubah. Italia masih memimpin 1-0.

Babak Kedua

Kedua tim tak mengendurkan serangan di babak kedua. Berbagai peluang emas dihasilkan kedua tim sepanjang babak kedua ini.

Italia menikmati awal yang cukup baik diawal babak kedua ini membuat Belgia sedikit menyentuh bola. Parolo yang merangsek disisi kanan gagal untuk mengangkat umpan pada rekannya.

Peluang emas didapatkan Belgia memanfaatkan serangan balik. Hazard memberikan bola pada De Bruyne kemudian diteruskan pada Lukaku yang berlari sendirian. Berhadapan dengan Buffon, namun sepakannya masih tipis disisi kiri tiang gawang.

Menit 56 Penyelamatan gemilang dilakukan oleh Courtois untuk pertama kalinya dibabak kedua ini. Sundulan Pelle dari jarak dekat masih bisa ditepis oleh kiper Chelsea itu.

Belgia juga memperoleh peluang emas lewat pergerakan Lukaku lewat setting serangan balik. Mendapat umpan terobosan, Lukaku gagal menaklukan Buffon saat berhadapan satu lawan satu. Tendangannya melebar dari gawang Italia.

Di menit-menit akhir, permainan kasar mulai diperagakan Italia. Chiellini, Bonnuci dan Pelle mendapat kartu kuning di waktu yang berbeda lantaran membendung serangan balik yang dirancang Belgia.

Menjelang akhir laga, pertahanan Italia terus digempur Belgia. Meski begitu, kematangan Gli Azzuri dalam merancang pertahanan membuat Belgia kesulitan.

Selang beberapa saat, Origi mencatat peluang di menit ke-81. Mendapat umpan silang dari De Bruyne, sundulan Origi masih melayang di atas mistar.

Di menit ke-84 lagi-lagi pemain Italia mendapat kartu kuning. Pemain pengganti Thiago Motta mendapat kartu kuning karena aksinya.



Keasyikan menyerang, Belgia nyaris kecolongan lewat serangan balik Italia. Imobile hampir menggandakan keunggulan Italia. Tapi, aksi sigap Thibaut Courtois kembali menyelamatkan gawang Belgia.

Italia akhirnya mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0 setelah Pelle mencetak gol kedua Italia di injury time. Tendangan voli pemain yang bermain di Liga Inggris ini menutup kemenangan Gli Azzuri.

Susunan Pemain

Belgia: Courtois; Ciman (Carrasco, 74), Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; Witsel, Nainggolan (Mertens, 63); De Bruyne, Fellaini, Hazard; R. Lukaku (Origi, 72).

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi (Motta, 78), Giaccherini, Darmian (De Sciglio, 61); Pelle, Eder (Imobile, 75).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya