SOLOPOS.COM - Romelo Lukaku merayakan gol kedua ke gawang Republik Irlandia di Stade de Bordeaux, Bordeaux, Prancis, Sabtu (18/6/16) malam WIB. Pada pertandingan itu, dua gol Lukaku membawa Belgia menang 3-0.(JIBI/Reuters/Michael Dalder)

Belgia menang 3-0 lewat dua gol Romelo Lukaku dan satu gol Alex Witsel.

Solopos.com, BORDEAUX – Belgia akhirnya mampu mengakhiri laga kontra Irlandia dengan kemenangan telak. Sempat ditahan imbang 0-0 di babak pertama, dua gol Romelo Lukaku dan satu gol Axel Witsel mengantar Belgia menang telak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Babak Pertama

Belgia mendominasi permainan di menit-menit awal pertandingan. Sampai laga berjalan sekitar 10 menit, Belgia terus memaksa Irlandia untuk bertahan. Meski demikian, Belgia masih kesulitan menciptakan peluang.

Belgia mendapat tendangan sudut di menit ke-13. Kevin De Bruyne mengirim bola ke dalam kotak penalti dan dibelokkan oleh Toby Alderweireld dengan sundulan, tapi Romelu Lukaku yang ada di tiang jauh gagal menjangkau bola tepat waktu.

Irlandia gantian mendapat peluang lewat sepak pojok enam menit kemudian. Tapi sundulan Shane Long masih mengarah ke Thibaut Courtois.

Eden Hazard melewatkan sebuah peluang bagus di menit ke-21. Crossing De Bruyne dari sisi kiri yang dihalau oleh John O’Shea jatuh ke kaki Hazard. Berdiri bebas tanpa tekanan di dalam kotak penalti, Hazard justru gagal menyarangkan bola ke dalam gawang. Tendangannya melayang di atas gawang.

Serangan Belgia di menit ke-25 sempat menghasilkan gol. Namun gol tersebut dianulir karena Yannick Ferreira-Carrasco lebih dulu berada dalam posisi offside saat menerima bola dari De Bruyne.

De Bruyne mencoba melepaskan tembakan dari kotak penalti. Tapi upayanya itu tak terlalu keras sehingga bola bisa diamankan oleh Randolph. Sementara itu, sepakan Thomas Meunier masih menyamping dari gawang.

Tiga menit jelang turun minum, Belgia nyaris membuka keunggulan. Sepak pojok De Bruyne diteruskan Alderweireld dengan sundulan. Tapi bola dihalau Wes Hoolahan tepat di garis gawang.

Memasuki babak kedua, Republik Irlandia mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Tapi Belgia yang berhasil memecah kebuntuan. Lewat serangan balik, Belgia menyengat Republik Irlandia.

Babak Kedua

De Bruyne memimpin serangan balik Belgia dari sisi kanan di menit ke-48. Dia kemudian mengoper bola kepada Lukaku yang ada di depan kotak penalti. Lukaku lantas melepaskan tembakan kaki kiri yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang Republik Irlandia.

Republik Irlandia mendapat peluang di menit ke-59. Lini belakang Belgia gagal menghalau crossing pemain Irlandia dari sisi kanan dan jatuh ke kaki Robert Brady. Dia kemudian mencoba melepaskan tembakan, tapi masih diblok oleh Meunier.

Dua menit berselang, Belgia menggandakan keunggulannya. Umpan Meunier dari sisi kanan disundul oleh Axel Witsel yang luput dari kawalan barisan pertahanan Republik Irlandia.

De Bruyne kembali menebar ancaman untuk Republik Irlandia. Mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi masih melambung di atas gawang.

Menit ke-70, Belgia makin jauh meninggalkan Republik Irlandia. Dari sebuah serangan balik, Belgia kembali mengoyak jala gawang Republik Irlandia.

Serangan balik Belgia diawali dari Meunier yang berhasil merebut bola dari kaki James McClean. Meunier langsung mengirim bola kepada Hazard yang kemudian melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti. Melihat Lukaku berdiri bebas, Hazard mengoper kepada rekan setimnya itu. Lukaku dengan tenang menaklukkan Randolph untuk membawa Belgia unggul 3-0.

Unggul tiga gol tak membuat Belgia mengendurkan serangan. De Bruyne masih berupaya untuk mencatatkan namanya di papan skor. Namun upayanya kembali belum membuahkan hasil. Tendangannya dari luar kotak penalti masih bisa dihentikan oleh Randolph.

Sampai pertandingan usai, tidak ada tambahan gol lagi yang tercipta. Skor 3-0 untuk Belgia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Belgia: Courtois, Meunier, Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen, Witsel, Dembele (Nainggolan 57′), De Bruyne, Hazard, Carrasco (Mertens 64′), R. Lukaku (Benteke 82′)
Rep. Irlandia: Randolph, Coleman, O’Shea, Clark, Ward, Hendrick, Whelan, McCarthy (McClean 62′), Hoolahan (McGeady 71′), Brady, Long

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya