SOLOPOS.COM - Portugal merayakan kemenangan di babak 16 besar kontra Kroasia. (JIBI/Reuters/Charles Platiau)

Portugal mencatatkan diri lolos ke perempatfinal usai menang tipis 1-0 lewat gol di babak tambahan.

Solopos.com, LENS – Portugal berhasil melangkah ke perempatfinal Piala Eropa 2016. Gol tunggal Ricardo Quaresma di babak tambahan membawa mereka menang 1-0 atas Kroasia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil ini membuat Portugal lolos ke perempatfinal. Mereka selanjutnya akan berhadapan dengan Polandia.

Babak Pertama

Ekspedisi Mudik 2024

Kroasia memulai laga dengan mengambil inisiatif menguasai permainan. Tapi Portugal tampil rapat di sekitar kotak penalti untuk menutup celah. Portugal sendiri beberapa kali mencoba melancarkan serangan lewat kedua sisi, tapi masih bisa dihalau pertahanan Kroasia.

Tak ada peluang tercipta sampai 20 menit pertandingan berjalan. Kesempatan pertama baru tercipta di menit ke-25 oleh Portugal. Umpan lambung Raphael Guerreiro dari tendangan bebas di sisi kiri disambut sundulan Pepe, namun melambung.

Lima menit berselang, Kroasia balas mengancam. Bermula dari Nani yang memberikan bola cuma-cuma di tengah lapangan, Milan Badelj melepaskan umpan terobosan ke Ivan Perisic di sisi kanan. Perisic mencoba melakukan gerakan memotong ke tengah dan melepaskan sepakan, tapi masih melebar di sisi kanan gawang.

Kroasia mendapatkan kesempatan dari sepak pojok di menit ke-35. Umpan lambung Darijo Srna coba ditanduk Mario Mandzukic di tengah kotak penalti, berakhir jauh dari sasaran. Mandzukic kesulitan menyambut bola dengan bersih karena dijaga dua pemain Portugal.

Kroasia punya kesempatan bagus di menit ke-40, ketika Ivan Strinic menerima umpan terobosan di sisi kiri dan dalam posisi bebas. Hanya saja upayanya melepaskan umpan silang tak menemui rekan setim dan dihalau Portugal.

Tak ada peluang lagi yang tercipta sampai babak pertama berakhir. Kedua tim sama-sama tak mencatatkan percobaan tepat sasaran selama 45 menit pertama.

Babak Kedua

Kroasia memulai babak kedua pertandingan ini dengan tempo permainan yang cepat. Alhasil dua kans mampu mereka dapatkan melalui aksi Mandzukic dan Perisic. Namun sayang dua kesempatan mereka itu masih mampu digagalkan para pemain bertahan Portugal.

Tidak berselang beberapa lama, Kroasia kembali membuat lini pertahanan kocar-kacir. Kali ini adalah Rakitic yang menjadi aktor antagonis untuk pertahanan Portugal melalui sundulannya. Akan tetapi upayanya tersebut masih belum menghasilkan gol untuk Kroasia.

Babak kedua memasuki 30 menit babak kedua berjalan, Portugal akhirnya mampu mendapatkan peluang perdananya di pertandingan ini melalui aksi dari Renato Sanches. Sayang sepakan yang dilepaskan pemain anyar Bayern Munich itu masih belum menemui sasaran.

Pada menit 83, Kroasia kembali gagal memanfaatkan peluang emas mereka untuk bisa unggul lebih dahulu dari Portugal di laga ini. Adalah upaya sundulan Brozovic yang gagal memanfaatkan umpan silang dari Modric.

Di penghujung babak kedua, Kroasia sejatinya bisa saja mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan mereka atas Portugal. Namun sepak pojok yang dilepaskan Rakitic masih dengan mudah dihalau oleh Pepe.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya babak kedua, tak gol yang mampu dicetak oleh kedua tim. Situasi ini pun membawa laga Portugal kontra Kroasia harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Babak Tambahan    

Di menit ke-94, sundulan Perisic dari luar kotak penalti menyambut umpan Vedran Corluka masih tipis di atas gawang. Dua menit berselang, Nikola Kalinic mendapatkan ruang di sisi kanan tapi tembakannya melebar.

Kroasia kembali mencoba peruntungan dari luar kotak penalti melalui Brozovic. Lagi-lagi tak mengarah ke gawang.

Sebuah kans bagus didapatkan Kroasia di menit ke-113 lewat sepak pojok. Umpan lambung Brozovic ditanduk Vida, sementara gawang Portugal kosong setelah Rui Patricio sebelumnya mencoba memotong umpan. Lagi-lagi bola cuma melambung.

Kroasia nyaris saja memetik keunggulan, tapi sundulan Perisic dimentahkan tiang gawang. Portugal lantas melakukan serangan balik dan berbuah gol.

Umpan silang Nani dari kiri disepak Ronaldo di tiang jauh, tapi bisa ditepis Danijel Subasic. Bola muntah lantas disambar Ricardo Quaresma ke dalam gawang.

Di menit-menit akhir babak tambahan, Kroasia hampir menyamakan kedudukan. Tapi sepakan Vida tipis saja menyamping di kanan gawang. Laga berakhir tanpa gol lain.



Susunan pemain:

Kroasia: Subasic, Strinic, Perisic, Corluka (Kramaric 120′), Rakitic (Pjaca 110′), Modric, Srna, Brozovic, Mandzukic (Kalinic 88′), Badelj, Vida

Portugal: Rui Patricio, Pepe, Fonte, Raphael Guerreiro, Ronaldo, Joao Mario (Quaresma 87′), Carvalho, Gomes (Sanches 50′), Nani, Cedric, Adrien Silva (Danilo 108′)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya