SOLOPOS.COM - Gianluigi Buffon dan Leonardo Bonucci berhasil membuat gawang Italia tetap terjada. (JIBI/Reuters/Lee Smith)

Italia memastikan diri lolos ke perempatfinal usai menggasak Spanyol 2-0.

Solopos.com, SAINT-DENNIS – Italia berhak lolos ke perempatfinal usai menang dengan skor 2-0 saat menghadapi Spanyol di Stade de France, Saint-Dennis, Prancis, Senin (28/6/2016). Bek Giorgio Chiellini dan Graciano Pelle mencetak gol kemenangan Italia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Babak Pertama

Seperti biasanya, Spanyol memulai dengan mencoba menguasai permainan. Italia di lain sisi mencoba membangun serangan lewat bola-bola langsung ke depan.

Sebuah upaya dari Graziano Pelle di menit kedua melalui sundulan meneruskan umpan Marco Parolo, cuma melaju lemah dan mengarah ke samping gawang.

Empat menit berselang, Italia menyerang lewat sisi kiri di mana Mattia De Sciglio mengoper ke Eder di tengah. Eder coba melepaskan sepakan, tapi membentur bek Spanyol dan bisa diamankan dengan mudah oleh David De Gea.

Dari bola mati di sisi kiri dua menit kemudian, Italia nyaris memetik keunggulan. Alessandro Florenzi melepaskan umpan lambung dan berhasil ditanduk Pelle ke pojok kanan bawah gawang Spanyol. De Gea sigap menepis bola sembari menjatuhkan diri.

Serangan lain dari Italia di menit ke-11 semakin mendekatkan mereka dengan gol. Bola panjang diarahkan ke Pelle yang berdiri di sisi kiri di dalam kotak penalti, dan berhasil disundul ke tengah.

Di sana ada Emanuele Giaccherini yang menyambut bola dengan sepakan akrobatik. Bola mengarah deras ke gawang, tapi De Gea kembali menunjukkan refleksnya untuk menepis bola, yang kemudian menghantam tiang gawang dan diamankan pertahanan Spanyol.

Spanyol mulai menekan lebih gencar. Tapi percobaan pertama mereka dari Cesc Fabregas di menit ke-19 masih membentur barisan pertahanan Italia.

ebuah serangan balik Italia di menit ke-25 kembali menunjukkan potensi ancaman mereka. Dari kiri umpan silang De Sciglio diarahkan ke tiang jauh dan disambut tandukan Marco Parolo. Namun upaya sang gelandang masih melebar.

Spanyol mencatatkan upaya on target pertamanya di menit ke-28. Nolito memainkan umpan pendek ke Andres Iniesta dalam sebuah sepak pojok, dan diteruskan dengan sepakan dari luar kotak penalti. Masih mudah untuk diamankan Gianluigi Buffon.

Italia berangsur-angsur mulai nyaman menguasai bola. Dalam sebuah serangan di menit ke-31 memaksa Sergio Ramos menghentikan lewat tekel terhadap Pelle yang berbuah pelanggaran, tak jauh di depan kotak penalti.

Dari tendangan bebas ini, Italia memetik keunggulan. Eksekusi keras Eder ditepis De Gea, bola pantulan coba disambar Giaccherini tapi gagal dan malah terjatuh. Namun dari belakang muncul Giorgio Chiellini yang mencocor bola ke dalam gawang. Italia unggul sementara di menit 32 setelah gol Chiellini.

Gioegio Chiellini mencetak gol untuk italia. (JIBI/Reuter/John Sibley)

Gioegio Chiellini mencetak gol untuk italia. (JIBI/Reuter/John Sibley)

Giaccherini lagi! Berlari sendiri dan menggocek dua bek di kanan pertahanan Spanyol, pemain dengan nomor punggung 23 itu menembak ke arah gawang. Untungnya De Gea cekatan. Italia 1-0 Spanyol sampai menit 45.

Babak Kedua

La Furia Roja mengambil inisiatif menyerang saat memasuki babak kedua. Andres Iniesta mengomandoi beberapa kali serangan Spanyol.

Kans nyata Spanyol untuk bisa menyamakan kedudukan berawal dari Morata di menit 49. Hanya saja kandas setelah sundulannya di muka gawang Italia lemah dan tak merepotkan Buffon.

Deretan peluang mampu diciptakan Spanyol dalam kurun waktu berdekatan di sekitar menit 50-an. Tendangan bebas Fabregas membuat barisan pertahanan Italia kerja keras.

Italia sepertinya ingin mengamankan kedudukan dengan bertahan sejak di lini tengah. Conte memasukkan Thiago Motta di menit 54 untuk mempertebal pertahanan. Seperti biasa, Motta masuk menggantikan De Rossi.

Menit 63, Kemelut di muka gawang Spanyol. Lagi-lagi berawal dari serangan cepat Italia! Kali ini bola umpan silang De Sciglio tak menjangkau rekan-rekannya hingga akhirnya disapu bersih oleh pertahanan Spanyol.

Menit 70, menyambut sebuah umpan silang Jordi Alba dengan tembakan kaki kirinya, namun arah bola melebar di kanan gawang Buffon.

Selang beberapa menit, Iniesta mengancam gawang Italia. Tembakan first-time dilepaskannya sesaat setelah menerima umpan Vazquez. Akan tetapi Buffon dalam posisi yang tepat untuk mementahkan kesempatan tersebut.



Buffon membuat beberapa penyelamatan penting di pertandingan ini. (JIBI/Reuters/Darren Staples)

Buffon membuat beberapa penyelamatan penting di pertandingan ini. (JIBI/Reuters/Darren Staples)

Keasyikan menyerang, Spanyol nyaris saja kecolongan lewat serangan balik. Solo run Insigne melewati satu pemain belakang Spanyol dan melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Tapi, De Gea berdiri di posisi yang tepat untuk mementahkan peluang ini.

Spanyol terus menekan Italia hingga babak kedua berakhir. Sayangnya, justru Italia yang memperlebar jarak. Graciano Pelle berhasil mencetak gol di masa injury time. Golnya membuat Italia menang dengan skor 2-0.

Susunan pemain:

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Fiorenzi (Darmian, 84), Parolo, De Rossi (Motta, 54), Giaccherini, De Sciglio; Eder (Insigne, 82), Pelle.

Spanyol: De Gea; Juanfran, Pique, Ramos, Alba; Busquets, Fabregas, Iniesta; Nolito (Aduriz, 45) (Pedro, 81), Silva, Morata (Vazquez, 70).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya