SOLOPOS.COM - Kapten Inggris Harry Kane meluapkan kegembiraannya seusai mencetak gol ke gawang Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor, Senin (5/12/2022) dini hari WIB. (Twitter @FIFAWroldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Inggris menang besar melawan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bermain di  Al Bayt Stadium Al Khor, Senin (5/12/2022) dini hari WIB, Three Lions membantai Senegal dengan skor 3-0.

Tiga gol Inggris dibagi rata oleh Jordan Henderson pada menit 38, Harry Kane menit 45+3 dan Bukayo Saka menit 57.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut statistik Transfermarkt, Inggris mendominasi permainan dengan ball possession 61 persen. Namun Three Lions kalah melakukan tembakan ke gawang dengan catatan 8 kali sedangkan Senegal 10 kali.

 Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia 2022, Mbappe Kembali ke Puncak

Pada laga dini hari tadi kedua tim bermain hati-hati di 15 menit babak pertama. Inggris yang mengontrol pertandingan, mencoba membongkar pertahanan Senegal yang diperkuat duo Chelsea, Kalidou Koulibaly dan Edouard Mendy.

Hingga 15 menit babak pertama berjalan, belum banyak peluang bersih mencetak gol yang dibuat kedua tim. Senegal yang merupakan juara Piala Afrika 2021 lebih banyak menunggu di pertahanan sambil melakukan serangan balik melalui Boulaye Dia dan Ismaila Sarr.

Senegal mendapat peluang mencetak gol di menit 22, namun sontekan Sarr di depan gawang Inggris masih melambung tinggi. Pertandingan sempat dihentikan untuk melihat kemungkinan penalti akibat bola mengenai tangan John Stones, namun wasit menganggap hal tersebut bukan pelanggaran.

 Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Polandia 3-1, Prancis Mantap ke Perempat Final

Hingga menit 25, skor Inggris vs Senegal masih sama kuat 0-0. Pada menit 31 Senegal lagi-lagi mendapat peluang kali ini lewat Boulaye seusai menerima umpan matang Sarr.

Namun sepakan kencang Dia bisa ditepis kiper Inggris, Jordan Pickford dengan tangan kirinya. Gooll. Inggris mencetak gol pada menit 39 lewat kaki kanan Henderson.

Senegal yang mulai berani keluar menyerang ternyata masuk perangkap serangan balik Inggris. Lewat serangan balik cepat yang dimotori Jude Bellingham, Henderson yang menerima umpan dengan tenang menyontek bola ke gawang Mendy.

 Baca Juga: Dominasi Permainan, Prancis Atasi Polandia 1-0 di Babak Pertama

Seusai kebobolan, pertahanan Senegal mulai rapuh. Hal ini terbukti saat Inggris menjebol gawang Mendy untuk kali kedua di pengujung laga lewat kaki Harry Kane memanfaatkan assist Phil Foden. Inggris unggul 2-0 atas Senegal di babak pertama.

Masuk di babak kedua, Inggris tetap bermain seperti di paruh pertama. Tidak terlalu frontal menyerang namun efektif melakukan counter attack.

Inggris mendapat dua peluang dalam waktu 10 di menit babak kedua. Namun sepakan Bukayo Saka dan Kane belum bisa berubah menjadi gol.

 Baca Juga: Skenario 16 Besar Inggris vs Senegal: Three Lions Haus Gol

Serangan balik Inggris di pertandingan ini benar-benar maut. Terbukti gol ketiga The Three Lions pada menit 58 kembali terjadi berkat skema ini. Lewat serangan balik cepat, umpan tarik Phil Foden dengan tenang disontek Saka melewati kiper Senegal, Mendy. Skor Inggris vs Senegal 3-0.

Senegal mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit 74, namun sepakan Pape Sarr hanya menerpa jaring samping luar gawang Inggris. Skor masih 3-0 untuk keunggulan Inggris.

Pelatih Inggris Gareth Southgate mulai menarik pemain intinya guna diistirahatkan menjelang babak perempat final. Skor Inggris vs Senegal tidak berubah, untuk kemengan The Three Lions dengan skor 3-0. Hasil ini membuat Inggris lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 menghadapi Prancis, Sabtu pekan ini.

 

Susunan pemain Inggris vs Senegal:

Inggris (4-3-3)

Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jordan Henderson, Jude Bellingham; Bukayo Saka, Harry Kane, Phil Foden

 



Senegal (4-3-3)

Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Krepin Diatta, Nampalys Mendy, Pathe Ciss; Iliman Ndiaye, Boulaye Dia, Ismaila Sarr

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya