SOLOPOS.COM - vivayogamauladi.com

vivayogamauladi.com

[SPFM], Ketua Majelis Nasional Partai NasDem, Surya Paloh menilai, lebih baik pada Pilpres 2014 mendatang, Capres berasal dari partai besar. Terutama partai yang menduduki peringkat 3 besar pada Pemilu legislatif (Pileg).

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Wakil Ketua Umum PD, Max Sopacua menganggap relevan usulan hanya Parpol yang menduduki posisi 3 besar yang bisa mengusung Capres pada Pilpres 2014. Menurutnya, dengan adanya sistem ini, membuat tidak ada lagi pengabaian terhadap pemenang Parpol pemenang pemilu.

Senada dikatakan Partai Golkar. Partai ini menilai usulan hanya partai yang menempati urutan 3 besar pada Pileg yang boleh mengajukan calon presiden merupakan usulan yang progresif. Dengan UU yang ada sekarang, menurut Golkar, sebenarnya sudah cukup baik, namun jika bisa dirampingkan kembali hanya menjadi 3, itu menjadi lebih baik.

Sementara itu, Wasekejen PDIP, Eriko Sotarduga menilai usulan itu wajar saja untuk kepentingan Parpol. Akan tetapi, katanya, partai sebagai representasi rakyat harus menangkap apa yang diinginkan pemilihnya.

Usulan mengenai pembatasan jumlah pasangan Capres pada 2014 mendapat tentangan dari Partai Gerindra. Menurut Gerindra, apabila mekanisme itu dijalankan, maka terlihat bahwa partai-partai tersebut tidak pro pada perubahan bangsa ke arah yang lebih baik.

PPP juga tidak sependapat jika pengusungan Capres pada Pilpres 2014 hanya diperbolehkan bagi Parpol yang lolos 3 besar dalam Pileg 2014. Usulan yang dilontarkan Surya Paloh itu dinilai tidak menjawab kritik berbagai pihak atas oligarki Parpol yang selama ini terus bergulir. PAN menambahkan, usulan tersebut juga telah melanggar Undang undang Pemilu.

Nah, bagaimana dengan Anda? Anda juga menentang usulan tersebut? Atau Anda justru setuju dengan pembatasan itu? Mengapa?

Sampaikan pendapat, komentar, dan pengalaman Anda melalui Dinamika 103 edisi Senin (1/10) pukul 08.10-10.00 WIB dengan mengirim SMS ke 0817444103, 081226103103, atau telepon [0271] 739389, 739367. [SPFM/rda]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya