SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banjarbaru–Rusdiansyah, calon Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, bisa jadi calon kepala daerah paling kaya se-Indonesia. Total kekayaannya mencapai lebih dari Rp 200 miliar.

Itu berarti sekitar 28 kali lipat dari total kekayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sampai tahun 2007 dilaporkan hanya Rp 7,144 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarbaru Fitriyadi, Senin (17/5), mengatakan, harta kekayaan calon wali kota itu sesuai dengan laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam surat bernomor B-1111/12/05/2010 yang diterima tanggal 14 Mei 2010.

Dia mengungkapkan, angka pasti kekayaan calon wali kota itu Rp 200.795.950.000. “Itu terdiri dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, giro, dan setara kas lainnya serta piutang. Total kekayaan adalah data harta dikurangi utang,” ujar Fitriyadi.

Menurut dia, berdasarkan penilaian KPK, harta Rusdiansyah dengan nilai terbesar berupa tanah seluas 20.000 hektar di Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, dengan nilai jual obyek pajak (NJOP) Rp 200 miliar lebih. “Informasi yang kami terima, harta tidak bergerak berupa tanah seluas 20.000 hektar itu merupakan tanah warisan sejak tahun 1975 dan saat ini NJOP tanahnya mencapai Rp 200 miliar lebih,” katanya.

Dikatakan, laporan harta kekayaan para calon ini merupakan hasil verifikasi KPK periode Maret-April 2010, terhitung sejak pasangan calon menyerahkan daftar kekayaan. “Harta kekayaan berupa tanah itu adalah warisan orangtua saya dan sesuai NJOP yang berlaku saat ini sebesar Rp 1.000 per meter dikalikan luas tanah 20.000 hektar, maka totalnya mencapai Rp 200 miliar,” kata Rusdiansyah.

Dikatakannya, kondisi tanah warisan di Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut itu, berupa tanah kosong yang dulunya merupakan kawasan hutan pekat (rotan). Ia yakin, nilai tanah di situ semakin besar apabila di bawahnya terkandung batu bara.

“Totalnya bisa mencapai triliunan rupiah, tetapi kami belum tahu apakah ada kandungan batu baranya atau tidak,” ujarnya.

kompas.com/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya