SOLOPOS.COM - Tottenham Hotspur (Reuters-David Klein)

Solopos.com, JAKARTA--Tottenham Hotspur tersungkur di markas Brighton & Hove Albion saat menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah dalam laga penutup rangkaian pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Minggu (31/1/2021) waktu setempat atau Senin (1/2/2021) WIB.

Absennya Harry Kane yang cedera membuat lini depan Tottenham semakin mandul dan gagal menyarangkan bola ke gawang Brighton dari delapan percobaan tembakan yang mereka lepaskan sepanjang laga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebaliknya, Brighton bermain agresif melepaskan tak kurang dari 16 percobaan tembakan yang satu di antaranya mampu dikonversi Leandro Trossard jadi gol semata wayang penentu kemenangan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Burger Terbuka Dengan Rp6,5 Juta

Hasil itu jadi kemenangan perdana Brighton di laga kandang mereka musim ini, tetapi tim besutan Graham Potter itu belum beranjak dari urutan ke-17 klasemen dengan koleksi 21 poin.

Sedangkan, Tottenham (33) membuang peluang untuk melewati West Ham United (35) yang kalah di laga lebih awal. Tottenham tertahan di urutan keenam, persis di bawah West Ham, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Jose Mourinho berusaha mengatasi masalah absennya Kane dengan menempatkan Steven Bergwijn sebagai ujung tombak Tottenham, disokong duet Gareth Bale dan Son Heung-min di lapis kedua serangan.

Baca Juga: Pemkot Madiun Sediakan Rp5 Miliar Untuk Internet Gratis Tahun Ini

Lebih Tajam

Alih-alih, justru Brighton yang hampir membuka keunggulan tiga menit selepas sepak mula ketika Pascal Gross berusaha menyelesaikan umpan kiriman Alexis Mac Allister, tetapi tembakannya masih membentur tiang gawang.

Pun demikian, Brighton tetap tampak lebih tajam di lini depan dan hasilnya pada menit ke-17 Trossard mengkonversi umpan Gross dengan sontekan jarak dekat untuk membawa tuan rumah memimpin.

Tottenham yang lebih banyak tertekan baru menciptakan peluang lagi pada menit ke-30 saat Bergwijn menyambut umpan Son, tetapi tembakannya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Baca Juga: Petik Kemenangan, Tuchel Sebut Penampilan Chelsea Komplet Saat Kalahkan Burnley

Tujuh menit kemudian, Bale yang diharapkan membantu lini serang Tottenham malah jadi penyelamat gawang timnya saat ia berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola tandukan Lewis Dunk dalam situasi sepak pojok.

Keunggulan Brighton bertahan hingga turun minum dan Tottenham memasuki babak kedua dengan upaya membalas, tetapi tandukan Carlos Vinicius menyambut sepak pojok Bale masih bisa dihentikan oleh kiper Robert Sanchez.

Di sisi gawang berbeda, Hugo Lloris juga dipaksa berjibaku untuk menghadang sontekan Ben White yang membelokkan umpan silang Gross.

Pada menit ke-75, Son melakukan tusukan tapi minimnya bantuan membuat dia memutuskan menyelesaikan serangan sendiri dan tembakannya masih mudah dijinakkan oleh Sanchez.

Baca Juga: Istri Korban Tragedi Sriwijaya Air SJ 182 Asal Sragen Mimpi Ketemu Suami: Dia Tersenyum Bahagia

Sesaat berselang Sanchez kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau tembakan melengkung Vinicius.

Brighton tentu patut berpuas bisa meraih tiga poin, kendati mereka berkesempatan menang dengan skor lebih nyaman enam menit jelang bubaran jika saja sepakan Aaron Connolly tak dihalau oleh Toby Alderweireld yang pasang badan di muka gawang Tottenham.

Di pertandingan berikutnya, Brighton akan main lebih awal pada Rabu (3/2/2021) saat melawat ke markas Liverpool, sehari sebelum Tottenham melakoni Derbi London Barat Laut menjamu Chelsea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya