SOLOPOS.COM - Harrison Ford marah-marah di depan Menteri Kehutanan (youtube)

Solopos.com, SOLO – Artis Hollywood, Harrison Ford bersitegang dengan Menteri Kehutanan Indonesia, Zulkifli Hasan. Dalam video yang diunggah di Youtube Keduanya terlihat berdebat dalam sebuah ruangan. Apakah yang terjadi sebenarnya?

Sebuah video diunggah di situs berbagi video, Youtube, Minggu (8/6/2014), menunjukkan kunjungan Harrison Ford ke Indonesia. Belakangan diketahui, rekaman ini dibuat sekitar pertengahan 2013 untuk keperluan film dokumenter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Video diunggah oleh akun notfounder. Tidak diketahui motif apa yang ada dibalik pengunggahan ini. Pasalnya akun yang bersangkutan baru saja dibuat dan hanya mengunggah satu video sejauh ini.

Di awal video terlihat sebuah hutan di Riau. Belakangan diketahui hutan yang dimaksud adalah Taman Nasional Tesso Nilo. Ford bersama koleganya terlihat berkeliling melihat-lihat hutan itu. Dalam film digambarkan bagaimana hutan itu tampak rusak dan suram.

“Saya tak sabar untuk menemui Menteri Kehutanan!” kata Ford membuka video itu.

Ford lantas menemi Zulkifli untuk berdialog. Ia memulai dengan fakta bahwa 80 persen hutan rusak dalam 15 tahun terakhir karena eksploitasi serta anggapan bahwa rusaknya hutan terjadi karena keterkaitan erat bisnis dan politik.

Zulkilfi menanggapi protes Ford dengan bahasa Indonesia. “Itu mungkin saja benar. Tapi Anda tahu kita baru berdemokrasi tetapi kita yakin kita akan mencapai titik seimbang dalam jangka panjang,” katanya.

Ketegangan dimulai ketika Ford mengatakan bahwa dirinya bersama kru telah berkunjung ke Tesso Nilo. Zulkifli meresponsnya dengan gembira dan tertawa. Namun, Ford menanggapi sinis. “Itu tidak lucu,” kata Ford.

Ford menceritakan pengalamannya. “Hanya 18 persen hutan yang masih tersisa. Kami melihatnya, hutan yang terbakar, jalur ilegal logging, pohon yang tumbang, sungguh menghancurkan serta menyayat hati,” urai Ford.

Zulkifli menyatakan awalnya dia juga kaget dengan kondisi ini. Namun perlahan dirinya akan memperbaiki keadaan. Menteri membahas lagi tentang demokrasi, mengatakan bahwa sekarang sedang terjadi surplus demokrasi, bahwa orang bebas berbuat. Zulkifli menegaskan lagi bahwa pihaknya berusaha terus mengatasi masalah hutan.

Namun Ford tak terima. Menurut pengamatannya, perusakan terjadi dalam selang waktu yang tak lama ini. For menyebut sebenarnya ada waktu untuk mengatasinya, bukan membiarkannya.

Emosi Ford kemudian tampak memuncak. “Oke, jadi Anda siap-siap kalah dalam pertarungan?” cetusnya. Zulkifli menjawab singkat, “Ya.” Ford kemudian masih meneruskan kemarahannya sebelum akhirnya membereskan berkasnya dan pergi.

[Video] http://www.youtube.com/watch?v=oZnzZxumGcw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya