SOLOPOS.COM - Ilustrasi harimau. (ANTARA/HO-Pengelola Serulingmas Zoo)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Informasi kemunculan harimau di area persawahan Desa Penawaran, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, langsung direspons Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng). Lembaga pemerintah di bawah Kementerian Perhutanan yang bertugas menangani satwa-satwa dilindungi inipun langsung menerjunkan tim untuk mengecek kebenaran kabar tersebut.

Kepala BKSDA Jateng, Darmanto, mengaku telah menerjunkan dua tim untuk melakukan pengecekan terkait informasi munculnya kawanan harimau yang meresahkan warga Desa Penawaran di Kabupaten Banjarnegara itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini saya sedang di lokasi [Banjarnegara]. Saya mengecek langsung, menerjunkan tim [pencari fakta]. Ada dua [tim yang diterjunkan],” ujar Darmanto saat dihubungi Solopos.com, Senin (23/5/2022).

Darmanto mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait munculnya harimau pada permukiman warga desa di Banjarnegara itu. Meski demikian, ia pernah menerima informasi serupa dari Rembang.

“Sekarang belum bisa [memberi keterangan]. Bisa saja ini hoaks, seperti di wilayah Rembang waktu itu. Setelah diselidiki, ternyata videonya dari India,” ujarnya.

Baca juga: Harimau Dikabarkan Muncul di Banjarnegara, Ini Kata BKSDA Jateng

Ia juga tidak mau berasumsi tentang harimau yang dilihat warga di Banjarnegara itu ternyata merupakan macan tutul. Ia masih perlu mengetahui lokasi kemunculan harimau yang kabarnya diceritakan warga itu. Apakah lokasi itu dekat dengan hutan atau dekat dengan habitat macan tutul.

“Jadi daerah itu apakah dekat kawasan hutan, ada habitat macan tutul atau enggak? Ini sedang kita crosscheck. Kami perlu lihat langsung benar atau tidaknya. Nanti, baru saya bisa jelaskan secara pasti,” imbuhnya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, kabar kemunculan harimau di area persawahan milik warga itu disampaikan Koordinator sukarelawan Radio Antar-Penduduk Indonesia (RAPI) Banjarnegara, Tejo Sumarmo. Ia mengaku mendapat informasi dari warga yang melihat kemunculan harimau di area persawahan.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler: Harimau Muncul di Banjarnegara Termasuk Langka?

Kabarnya kawanan harimau itu kerap muncul di dekat Hutan Jlengong dan membuat warga yang hendak beraktivitas di sawah menjadi resah dan ketakutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya