SOLOPOS.COM - Harian Jogja edisi Senin (27/1/2014)

Harian Jogja edisi cetak hari ini, Senin (27/1/2014) :

Tiga Koloni Monyet Invasi Gunungkidul

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Serangan monyet ekor panjang (macaca fascicularis) di Gunungkidul makin ganas. Ketersediaan pangan di tempat tinggalnya yang menipis membuat hewan tersebut mencari di lahan warga.

Awalnya koloni monyet ekor panjang di Gunungkidul terkonsentrasi di Hutan Namberan, Paliyan, Gunungkidul. Namun setelah ada penggundulan hutan dan diusir oleh masyarakat, koloni monyet tersebut menjadi terpisah.
Kelompok-kelompok kecil tersebut kemudian menjadi koloni-koloni sendiri dan menyebar ke seluruh wilayah Gunungkidul.

Gunung Berapi di Jawa Masih Aman

Gempa di Kebumen yang terjadi Sabtu (25/1/2014) belum berpengaruh terhadap aktivitas gunung berapi di Pulau Jawa.

Kepala Bidang Mitigasi Bencana Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Gede Suantika mengatakan, aktivitas gunung api di wilayah selatan Jawa yang berada relatif dekat dengan pusat gempa masih normal.

BERITA UTAMA : KPK Awasi Dana Hibah di Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau kepala daerah dan jajarannya untuk berhati-hati dalam mengelola dana bantuan sosial dan dana hibah, menyusul alokasi anggarannya yang terus meningkat dan maraknya dugaan korupsi dalam penggunaan anggaran tersebut.

Bahkan, KPK sudah menyebarkan surat imbauan kepada seluruh kepala negara yang tertuang dalam surat himbauan bernomor B-14/01-15/01/2014 tertanggal 6 Januari 2014 yang dikirimkan kepada seluruh gubernur dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri.

JOGJA : Langgar Aturan Keamanan Pangan, Terancam Dipenjara

Pelaksanaan Rencangan Peraturan Daerah tentang Penjaminan Mutu dan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan yang kini tengah dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD DIY bakal dilakukan secara bertahap.

“Diberlakukan ke supermaket dulu karena relatif lebih mudah pemantauannya, baru ke pasar- pasar tradisional,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY Sri Haryanto, akhir pekan kemarin.

KULONPROGO : Bedah Rumah Dinilai Belum Tepat Sasaran

Persoalan administrasi program bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang digagas Pemerintah Kabupaten Kulonprogo sejak 2012 lalu dinilai sangat susah.

Imbasnya, program bedah kerap salah kaprah atau justru tidak menyasar pada warga yang sebenarnya masuk dalam sasaran program itu.

SEPAKBOLA INTERNASIONAL : Madrid Melejit

Sejak meraih penghargaan Ballon ‘Or pada 13 Januari lalu, Cristiano Ronaldo semakin rajin mengemas gol. Ronaldo pun kembali menymbang gol untuk membantu Real Madrid menekuk Granada 2-0 pada lanjutan Liga Primera di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (25/1/2014).

SPORT JOGJA : PSS Sleman 2 – Persikabo 1, Malamnya Guy Junior

Guy Junior, striker anyar PSS Sleman asal Kamerun tampil cemerlang tadi malam.

PSS Sleman unggul 2-1 atas lawan uji cobanya, Persikabo Kabupaten Bogor di Stadion Maguwoharjo, Minggu (26/1) malam. Dua gol keunggulan PSS disumbang Guy Junior. Striker yang baru merapat ke PSS Sleman sejak sepekan belakangan itu bermain gemilang. Menit ke-3 kaki kananya melesakkan tendangan ke gawang lawan lewat titik penalti. Tendangan tidak keras, namun akurat dan mampu mengecoh Tema Mursadat, kiper Persikabo.

Lebih lengkap Anda bisa membaca Harian Jogja dalam versi kertas seharga Rp2.000 yang bisa Anda dapatkan di agen-agen koran terdekat.

SELAMAT MEMBACA… HARIAN JOGJA Berbudaya dan Membangun Kemandirian…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya