SOLOPOS.COM - Harian Jogja Edisi Sabtu Pahing, 20 Septemebr 2014 (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harian Jogja Edisi Sabtu (20/9/2014)

Tangan Cepat Pasar Kuncen
JOGJA—Pasar Klitikan di Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, ludes terbakar, Kamis (18/9) tengah malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dering Tengah Malam & Angsuran Bank yang Terancam Macet
Kebakaran yang menghanguskan Pasar Klitikan, Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Jogja, Kamis (18/9) tengah malam menyisakan penderitaan bagi sejumlah pedagang. Mereka kebingungan membayar angsuran bank. Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Ujang Hasanudin.

Memasak Mi Instan Menggunakan Air Kencing Kambing
Kotoran dan urine kambing diolah menjadi pupuk organik oleh Kelompok Ternak Perkasa di Dusun Ndari, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman. Gas metan dari pengolahan limbah itu akan dimanfaatkan sebagai biogas untuk disalurkan ke rumah warga. Berikut laporan wartawan Harian Jogja, Rima Sekarani I.N.

LEGISLATIF : Partai Besar Berebut Komisi
BANTUL—Alih-alih kerja sebagai wakil rakyat, anggota partai-partai besar yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bantul malah berebut pimpinan komisi.

KECELAKAAN MAUT : Ban Truk Pecah, 4 Tewas
BOGOR—Kecelakaan maut terjadi di Tol Jagorawi, Kelurahan Puspasari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jumat (19/9) siang.

SUMBER ENERGI : SMAN 3 Pilot Project Sekolah Bertenaga Surya
JOGJA—SMAN 3 Jogja menjadi pilot project atau proyek percontohan untuk program green school yang dimotori PT Pertamina Persero dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Green school atau sekolah hijau yang dimaksudkan adalah sekolah yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi.

DIY Lokasi Praktik Mandarin
JOGJA—Upaya peningkatan kualitas pendidikan bahasa mandarin di DIY terus ditingkatkan. Kali ini New Era College University (NEC), Kajang, Malaysia berencana menjadikan DIY dan Bandung sebagai pusat praktik mahasiswa NEC yang mengambil jurusan Pengajaran Bahasa Mandarin dan Pendidikan Anak Usia Dini.

PEMANFAATAN DANAIS : Warga Masih Iuran untuk Gelar Bersih Desa
WONOSARI – Warga Desa Kepek, Kecamatan Wonosari mengaku belum bisa mengakses dana keistimewaan (danais) secara optimal. Hingga saat ini, untuk menggelar acara adat seperti bersih desa, warga masih harus ditarik iuran.

Pendidikan : Tawuran, Nilai Kepsek Rendah
JOGJA-Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mulai merancang Key Performance Indicator (KPI), sebagai standar baru penilaian kinerja kepala sekolah (kepsek).

PERGURUAN TINGGI : Tim Wooden Windmill Sanata Dharma Juarai Kincir Angin 2014
JOGJA—Tim Wooden Windmill Universitas Sanata Dharma Jogja berhasil mempertahankan gelar juara dalam Kejuaraan Kincir Angin Indonesia (KKAI) 2014 yang berlangsung di Pantai Baru, Bantul, 16-19 September lalu. Pada ajang serupa 2013 lalu, posisi juara juga disabet USD.

KISAH ARTIS : 6 Bintang ini Terlibat Banyak Skandal
JAKARTA—Walt Disney bukan hanya memproduksi film, tetapi juga melahirkan bintang berbakat di dunia hiburan. Disney terbilang berhasil melahirkan anak-anak dan para bintang yang berbakat. Ini dilihat dari eksistensi artis jebolan Disney masih eksis sampai sekarang, bahkan makin gemilang dari tahun ke tahun.

SOSIALISASI BANDARA : Daftar Hadir Dikira Pernyataan Setuju
TEMON—Sebagian warga salah anggapan soal sosialisasi rencana pembangunan bandara. Hal ini tampak saat sosialisasi tidak semua warga bersedia menandatangani daftar hadir. Mereka beranggapan, menandatangani daftar hadir sosialisasi sama dengan menyetujui pembangunan bandara di Kecamatan Temon.

BENDA PURBAKALA : Batu Candi Relief Kala Ditemukan di Dasar Kolam
SLEMAN—Seorang warga Dusun Pulerejo, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Untoro, 35, menemukan benda purbakala di pekarangan rumahnya, Rabu (17/9). Batu besar dengan relief hiasan perwajahan kala (raksasa) itu ditemukan di dasar kolam, saat Untoro berniat membersihkan dan memperdalam kolam ikan nila miliknya.Benda bersejarah yang diduga sebagai pintu gerbang itu baru berhasil dievakuasi oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Jumat (19/9).

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja edisi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp2.000 di agen terdekat.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, Membangun Kemandirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya