SOLOPOS.COM - Harian Jogja Hari Ini Edisi Kamis Wage, 26 November 2015 (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harian Jogja Hari Ini Edisi Kamis Wage, 26 November 2015

Waspada Keamanan Bandara : Pemerikasaan Penumpang di Bandara Akan Lebih Lama
JOGJA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meningkatkan status keamanan bandara di seluruh Indonesia menyusul besarnya ancaman penerbangan sipil. Waktu pemeriksaan di bandara bakal lebih lama, namun kenyamanan penumpang tetap dijamin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PENCATUTAN PRESIDEN : Anggota MKD Ditawari Sogokan Rp20 Miliar
JAKARTA—Isu tawaran suap senilai Rp20 miliar kepada anggota Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) merebak menjelang persidangan kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden yang membelit Ketua DPR Setya Novanto.

BANDARA BARU : Relokasi Fasilitas Umum Sudah Disiapkan
KULONPROGO—Proses pengukuran dan inventarisasi tanah di lokasi calon New Yogyakarta International Airport (NYIA) masih terus berjalan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo sudah mulai mempersiapkan relokasi untuk sejumlah fasilitas umum.

HARI GURU : Gara-gara Maling Sepeda, Tawaran Jadi Wakil Rakyat Ditampik
Salah satu guru tertua di Kabupaten Bantul mengenang kembali perjalanannya menjadi tenaga pengajar. Berawal dari kehilangan sepeda, dia dihormati karena kemampuannya mengajarkan bahasa Jawa. Berikut laporan wartawan Harian Jogja Arief Junianto.

GANGGUAN KETERTIBAN : Rumah Karaoke Langgar Batas Jam Buka
SANDEN—Warga Dusun Ngepet, Desa Srigading, Kecamatan Sanden mengeluhkan keberadaan rumah karaoke di kawasan Pantai Samas, yang terang-terangan melanggar peraturan dan kesepakatan yang ditetapkan oleh pemerintah dusun setempat.

FORMULA PENGUPAHAN : Pemerintah Siapkan Sanksi Untuk Gubernur
JAKARTA–Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Ketenagakerjaan tengah merumuskan regulasi yang mengatur tentang pemberian sanksi kepada kepala daerah yang tidak mematuhi PP No. 78/2015 tentang Pengupahan.

PILKADA 2015 : Kecurangan Terbungkus Rapi
WONOSARI—Panitia Pengawas Pemilu Gunungkidul mengendus adanya kecurangan model baru dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015. Modus untuk menarik simpati publik dilakukan mulai dari memberikan bantuan bahan pokok berbalut dengan pembekalan saksi sampai pemanfaatan taruhan.

BUKU AJAR : Menag Bentuk Tim Khusus Monitor Buku Asusila  
JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) membentuk tim khusus untuk memonitor dan meneliti buku-buku yang bermuatan asusila yang beredar di sejumlah sekolah.  Menurut Menteri  Agama Lukman Hakim Saifuddin, tim itu saat ini sudah bekerja.

KRISIS SURIAH : Rusia Berang, Turunkan Kapal Perang
MOSKWA—Pasca ditembaknya jet SU-24 milik Rusia oleh jet tempurAngkatan Udara Turki, pada Selasa (24/11), Moskwa mengumumkan akan mengirimkan kapal perangnya ke lepas pantai Suriah  untuk memperkuat pertahanan udaranya dan segera menempatkan sistem pertahanan rudal anti-pesawat paling canggih milik mereka.

PENOBATAN  PA X : Sudah Legal, Tak Perlu Rembuk
JOGJA—Penghageng Kawedanan Hageng Kasentanan Kadipaten Pakualaman, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Tjondrokusumo menegaskan proses jumenengan Kanjeng Bendoro Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo menjadi Paku Alam (PA) X tetap jalan terus meski ada penolakan dari kubu Anglingkusumo, saudara almarhum PA IX.

FASILITAS PUBLIK : Ruang Laktasi Sentolo Baru Tak Berguna
SENTOLO—Ruang laktasi di Pasar Sentolo Baru yang diresmikan pada Sabtu (21/11) ternyata tidak berguna. Sejumlah pedagang di pasar tidak bisa memanfaatkan fasilitas publik itu karena ruang laktasi dalam kondisi terkunci.

Pra-PON 2015 : Peluang DIY Terbuka Lebar
JAKARTA — Peluang kontingen DIY untuk merealisasikan target meraih 18 tiket di cabang panahan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat terbuka lebar.

INFRSTRUKTUR : Proyek Pasar Sleman Selesai 20 Desember
SLEMAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menargetkan pembangunan Pasar Sleman selesai 20 Desember 2015. Gedung pasar tradisional yang baru ini diharapkan diimbangi dengan peningkatan manajemen agar bisa bersaing dengan toko modern yang saat ini semakin banyak.

Su-24 Ditembak Turki : 5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui
Timur Tengah semakin gelisah setelah insiden mematikan pesawat tempur Rusia Su-24 ditembak jatuh oleh F-16 Turki. Situasi ini akan memanaskan hubungan Moskow dan Ankara serta NATO  mengingat Turki adalah anggota pakta pertahanan tersebut. Dan berikut lima hal  yang sejauh ini perlu anda ketahui seputar peristiwa yang terjadi pada Selasa 24 November 2015 tersebut. Berikut ulasan wartawan Harian Jogja, Amiruddin Zuhri & Arif Wahyudi.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja edisi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, Membangun Kemandirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya