SOLOPOS.COM - Harian Jogja Edisi Jumat, 12 September 2014 (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harian Jogja Edisi Jumat (12/9/2014)

Anas Akan Dimiskinkan : Dituntut 15 Tahun dan Kembalikan Uang Rp152 Miliar
JAKARTA—Setelah melalui persidangan panjang, kasus korupsi dengan terdakwa Anas Urbaningrumg, Kamis (11/9) memasuki tahapan penuntutan. Jaksa penuntut umum dari KPK mengarah pada upaya memiskinkan mantan Ketua Umum Parta Demokrat tersebut.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

RUU PILKADA : Kepala Daerah Tak Mau Jadi ATM Dewan
JAKARTA—Upaya sejumlah partai untuk mengubah mekanisme pemilihan kepala daerah melalui DPRD terus ditentang.  Sejumlah kepala daerah pun mengikuti langkah Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahja Purnama, alias Ahok untuk memilih bertentangan dengan partai politik pengusungnya.

SENI TRADISIONAL : Akhirnya Topeng Kembali Menari di Luweng Ombo
Ada semangat baru bagi para pelaku seni di Dusun Luweng dan Danggolo, Desa Purwodadi, Tepus. Tari Topeng yang telah 31 tahun tak lagi ada kini akan tampil kembali. Berikut kisah yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Kusnul Isti Qomah.

HUNIAN BERTINGKAT : Pemkot Tetapkan 20% untuk MBR
JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan mengatur alokasi 20% pembangunan hunian bertingkat alias vertical housing untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Namun, kebijakan tersebut dinilai memberatkan jika tidak ada penataan ruangan khusus.

SIAGA BENCANA : Slamet Menggelegar, Warga Kalang-kabut
PURWOKERTO—Aktivitas Gunung Slamet semakin tinggi. Gunung di Jawa Tengah tersebut terus mengeluarkan dentuman cukup keras dan terdengar hingga radius 20 kilometer. Warga panik, sebagian di antaranya bersiap mengungsi.

HARGA GAS : Pasokan Elpiji 3 Kg Berkurang
GUNUNGKIDUL—Kenaikan harga elpiji 12 kg diprediksi akan meningkatkan pembelian untuk ukuran 3 kg. Tetapi di sejumlah pihak, pasokan gas ukuran ini justru berkurang.

KECELAKAAN : Hanifah Tewas Tabrak Panser
BANTUL—Pengendara sepeda motor, Hanifah Kurniawati, 22, warga Dusun Soropadan, Desa Tirtomulyo, Kecamatan Kretek tewas setelah bertabrakan dengan panser milik TNI Angkatan Darat di Jalan Samas, Kamis (11/9).

Ayo Berburu Buah Segar di Agrowisata
Merasakan segarnya suasana perbukitan atau perdesaan sembari menikmati serunya memetik buah langsung dari pohon agaknya menarik dicoba akhir pekan ini. Kalau sudah setuju, lokasi berikut ini bisa menjadi destinasi agrowisata yang memberikan pengalaman unik dan menyenangkan. Berikut laporan wartawan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) Gilang Jiwana dan Farid Syafrodhi.

PEMANFAATAN LAHAN PESISIR : Belum Ada Perdes Atur Pendirian Kandang Ayam
TANJUNGSARI-Keberadaan kandang ayam di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sudah mencapai 15 titik. Namun, Pemerintah Desa Kemadang mengaku belum memiliki peraturan desa (Perdes) yang mengatur keberadaan kandang ayam.

Dana Keistimewaan : Penataan Tugu-Kraton Dianggarkan Rp20 Miliar
JOGJA – Penataan area sumbu filosofi Kraton hingga Tugu dianggarkan Rp20 miliar dari dana keistimewaan. Dana itu termasuk untuk membersihkan kabel listrik yang malang melintang di simpang empat Tugu.

DANAIS TERMIN II : Semua Dilakukan agar Cepat Habis
JOGJA—Semua agenda mulai dari festival kesenian sampai kegiatan fisik akan dilakukan untuk mempercepat penyerapan dana keistimewaan termin kedua sebesar Rp288 miliar.

BUDIDAYA ILEGAL : Petugas Setop Tambak Baru
PANJATAN–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Diskepenak) Kulonprogo menghentikan aktivitas pengerukan tambak udang liar di sempadan Pantai Bugel, Kamis (11/9).

FILM DOKUMENTER : Kisah Penyanyi Latar dalam  Twenty Feet From Stardom
JOGJA—Tak boleh ada dua bintang dalam sekeping album. Hanya ada satu penyanyi yang namanya boleh dicantumkan sebagai artis pemilik album. Padahal di balik itu, tersembunyi banyak suara emas yang mendukung suksesnya karya.

PEMBUNUHAN MAHASISWI : Sempat Pamit Tidur Sebelum Menghilang
SLEMAN—Jajaran Sat Reskrim Polres Sleman terus menyelidiki tewasnya mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) YKPN Jogja, Rani Askilia, 22, yang mayatnya ditemukan di area persawahan Dusun Kanoman, Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Sleman, Rabu (10/9) pagi. Polisi memeriksa sejumlah saksi, termasuk beberapa teman korban di Mapolres Sleman, Kamis (11/9).

SENI TRADISIONAL : Akhirnya Topeng Kembali Menari di Luweng Ombo
Ada semangat baru bagi para pelaku seni di Dusun Luweng dan Danggolo, Desa Purwodadi, Tepus. Tari Topeng yang telah 31 tahun tak lagi ada kini akan tampil kembali. Berikut kisah yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Kusnul Isti Qomah.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja edisi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp2.000 di agen terdekat.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, Membangun Kemandirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya