SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemuka agama Buddha (tipitakapali.blogspot.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Hari Raya Waisak 2558 Tahun Buddha (TB) tahun 2014 jatuh Kamis (15/5/2014), namun Vihara Veluana Boyolali baru menggelar perayaan atas trisuci Waisak itu pada 25 Mei 2014mendatang.

Menurut sangha Vihara Veluana, Samaneri Citikara, umat Buddha di Kabupaten Boyolali detik-detik peringatan tiga hal penting dalam hidup Sidharta Gautama di Candi Sewu, Klaten. “Para jemaah sudah mengikuti prosesi detik-detik Waisak dan perayaannya dan di Candi Sewu, kami akan mengadakan perayaan lanjutan pada 25 Mei mendatang,” ujar Citikara saat ditemui Solopos.com di Vihara Veluana, Kamis.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Nantinya perayaan Waisak di Vihara Veluana akan mengundang jemaah vihara-vihara di Kecamatan Ampel. Saat ini, pihaknya masih dalam tahap persiapan termasuk mempersiapkan vihara yang akan menjadi venue.

“Kami baru datang dari Candi Sewu Kamis pagi, saat ini masih persiapan. Nantinya kami akan mengundang vihara-vihara sekitar untuk turut serta pada acara 25 Mei nanti,” tambahnya.

Perayaan Hari Raya Waisak sendiri diperingati untuk mengenang tiga hal penting dalam perjalanan Sidharta Gautama selaku Sang Buddha, yang pertama mengenang kelahiran Sidharta Gautama, kedua ketika Sidharta mencapai penerangan sempurna menjadi Sang Buddha. “Dan yang ketiga mengenang wafatnya Sidharta Gautama, yaitu Sang Buddha,” beber Citikara. Hari Raya Waisak tahun ini bertema kerukunan dasar keutuhan. Sedangkan untuk tahun lalu bertema keteladanan dasar kemuliaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya