SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ANTRE--Puluhan warga Wonogiri mengantre di loket pembuatan akta kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Jumat (30/12/2011). (JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP)

WONOGIRI–Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri dipenuhi antrean warga yang mengurus KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disebabkan karena batas akhir pengurusan surat untuk pemutihan akta kelahiran, jatuh pada Sabtu (31/12/2011).

Ekspedisi Mudik 2024

“Munculnya antrian itu, karena warga bersamaan mengurus akta kelahiran hari ini (Jumat-red) karena batas akhirnya Sabtu yang merupakan hari libur. Saat ini, juga ada beberapa warga yang masih mengurus di tingkat kecamatan,” papar Sekretaris Komisi A DPRD Wonogiri, Samino, saat dijumpai wartawan saat meninjau Kantor Dispendukcapil, Jumat (30/12).

Ia pun menyarankan pada dinas terkait menambah waktu pelayanan supaya masyarakat yang mengantre terlayani. Selain itu ia juga mengusulkan kepada Pemkab terutama Bupati untuk mengambil kebijakan memperpanjang waktu pelayanan minimal satu bulan di Bulan Januari 2012.

Sementara itu, Plt Kepala Dispendukcapil, Gembong Muria Hadi menyatakan mulai beberapa hari lalu pemohon untuk akta kelahiran meningkat hingga 400-600 orang setiap harinya. Apalagi, pada hari Jumat yang merupakan hari terakhir, karena Sabtu merupakan hari libur.

“Kami telah menyampaikan kepada warga yang mengantre untuk dilayani hingga selesai. Saya juga akan menunggu hingga semua pengurusan administrasi warga di Dispendukcapil selesai. Terkait perpanjangan di tahun 2012, kami akan berkoordinasi dengan Bupati karena itu menyangkut kebijakan,” terangnya saat ditemui wartawan di Kantor Disdukcapil, Jumat.

(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya