Tutup Iklan

HARI SUMPAH PEMUDA : Gora Swara Nusantara Serukan Ajakan Menjaga Merapi

HARI SUMPAH PEMUDA : Gora Swara Nusantara Serukan Ajakan Menjaga Merapi

SOLOPOS.COM - Peserta Gora Swara Nusantara menampilkan tari bertajuk Gedrug Merapi di sekitar Sabo Dam 1 Karangbutan, Kali Woro, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jumat (28/10/2016). Kegiatan itu digelar guna memperingati Sumpah Pemuda. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Hari Sumpah Pemuda diperingati dengan berbagai kegiatan.

Solopos.com, KLATEN - Ratusan warga menyaksikan pentas seni bertajuk Gora Swara Nusantara yang dihelat di Sabo Dam 1 Karangbutan, Kali Woro, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten , Jumat (28/10/2016) siang.

Di ketinggian sekitar 10 meter, pandangan mereka tertuju pada sekumpulan orang berkerumun di dasar kali yang berhulu di puncak Gunung Merapi. Siang itu, puncak Gunung Merapi tak terlihat lantaran tertutup kabut.

Tak seperti biasanya, kawasan Kali Woro yang dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi penambangan pasir dan batu itu berubah menjadi panggung atraksi. Berbagai kesenian ditampilkan di dasar Kali Woro, di antara material sisa erupsi Gunung Merapi.

Kesenian yang ditampilkan seperti karawitan, perkusi, tari, gejog lesung, musik etnik, terbangan, cokekan, wayang, ogoh-ogoh, paduan suara, musik pasir, hingga barongsai. Dalam gelaran itu juga ditampilkan wayang klitik atau wayang yang terbuat dari kayu menggambarkan sosok Petruk setinggi 3 meter dengan bobot 100 kg.

Lebih dari 500 orang tampil di kawasan yang berjarak sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi. Penampil yakni orang dewasa hingga anak-anak yang berasal dari sekitar 30 kelompok serta komunitas kesenian dengan beragam latar belakang serta daerah di Kabupaten Bersinar. Hujan yang mengguyur di tengah gelaran tak menyurutkan semangat mereka menyajikan atraksi hingga bubar. Gelaran ditutup dengan pembacaan Sumpah Pemuda serta doa kebangsaan dari berbagai unsur agama.

Salah satu tari yang disajikan pada gelaran tersebut yakni Gedrug Merapi. Tarian menggambarkan kehidupan warga kawasan lereng Gunung Merapi yang bercocok tanam ketika hujan mulai turun. Mereka bersuka cita atas hasil panen yang didapatkan.

Kegiatan itu diinisiasi masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Peduli Klaten. Bekerja sama dengan pemkab, mereka mengadakan gelaran yang baru kali pertama digelar di tengah alur Kali Woro. “Kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tujuan lain, kami ingin mengangkat pariwisata di Kabupaten Klaten terutama Objek Wisata Deles Indah,” kata Sekretaris panitia, M. Anshori.

Kegiatan itu mengusung format kolaborasi. Beragam kesenian tak ditampilkan secara bergantian melainkan secara bersama-sama. Disinggung pemilihan lokasi gelaran di Sabo Dam 1 Karangbutan, Anshori menjelaskan secara pemandangan tempat tersebut langsung berhadapan dengan Gunung Merapi.

“Merapi menjadi simbol kehidupan masyarakat Klaten. Nilai filosofisnya mari mencintai alam, mencintai merapi. Ketika mencintai alam Merapi dan budaya yang ada di dalamnya, artinya mencintai dan merawat budaya yang ada di Klaten,” urai dia.

Bupati Klaten, Sri Hartini, yang hadir dalam gelaran itu menyambut baik kegiatan yang diinisiasi masyarakat. Ia mendukung gelaran tersebut lantaran memiliki potensi pariwisata. “Kami sangat mendukung karena pagelaran ini memiliki potensi wisata sehingga diharapkan mampu meningkatkan pariwisata di Kabupaten Klaten,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Sidorejo, Pujo, 70, mengatakan selama ini belum ada kegiatan yang digelar di alur Kali Woro. “Ya senang dengan kegiatan. Menjadi hiburan bagi warga,” urai dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.