Tutup Iklan

HARI SANTRI NASIONAL : Puluhan Komikus Bikin Komik 300 M

HARI SANTRI NASIONAL : Puluhan Komikus Bikin Komik 300 M

SOLOPOS.COM - Komikus dari berbagai daerah di Tanah Air memeriahkan pembuatan komik sepanjang 300 meter di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (21/10/2017). (Okezone.com)

Hari Santri Nasional (HSN) 2017 di Semarang diperingati puluhan komikus dengan membuat komik terpanjang.

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 31 komikus dari berbagai daerah di Tanah Air memeriahkan pembuatan komik sepanjang 300 meter di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah. Komik itu menceritakan tentang penyebaran agama Islam pada era wali songo hingga semangat kebangsaan untuk meneguhkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Ini adalah bagaimana artikulasi para santri tentang nilai-nilai keislaman dalam bentuk visual berdarsarkan rasa. Sekarang [pembuatan komik terpanjang] diikuti oleh setidaknya 31 komikus dari seluruh penjuru Tanah Air bahkan ada pula dari Malaysia,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menyaksikan pembuatan komik terpanjang itu, Sabtu (21/10/2017).

Dia mengatakan, untuk merayakan Hari Santri Nasional (HSN) itu sengaja digelar dengan kegiatan-kegiatan yang moderat. Peran santri itu akan digambarkan sejak dari masuknya Islam ke Indonesia, era penjajahan, perang Jawa, perlawanan santri, berdirinya ormas Islam, hingga resolusi jihad 22 Oktober 1945 dan perang 10 November 1945.

“Alhamdulillah ini adalah cara kita memeringati dengan acara-acara yang moderat, senantiasa bercirikan toleransi, menghargai, sekaligus memunjukkan cintanya pada Tanah Air. Ini bagian yang terus-menerus ditunjukkan oleh para santri,” ujarnya sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com, Minggu (22/10/2017).

Komik sepanjang 300 meter itu sedianya akan dicatat sebagai rekor pada Museum Rekor Indonesia (Muri). Rekor sebelumnya adalah komik sepanjang 207 meter di Universitas Surabaya pada 2011. Sebanyak 31 komikus yang ambil bagian berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatra Utara, dan bahkan Malaysia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).