SOLOPOS.COM - Ilustrasi umat Hindu mengitari candi sambil berdoa dalam upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, Klaten. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KLATEN — Umat Hindu di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta diperkirakan bakal mengalir mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran timur Candi Prambanan, Minggu (30/3/2014). Kegiatan itu diprediksi bakal dihadiri sekitar 15.000 umat Hindu di pelbagai pelosok Indonesia.

Rangkaian upacara nasional itu, Minggu (23/3/2014), telah diawali Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Klaten dengan menggelar upacara Melasti menyambut Hari Raya Nyepi Tahun 1936 Saka di sekitar Umbul Geneng di Desa Geneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten. Salah seorang anggota panitia acara tersebut, I Wayan Sahopiartha, perayaan itu dihadiri sekitar 5.000 orang.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

“Di dalam rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi kali ini, kami mengangkat tema menyukseskan Pemilu 2014. Kami ingin mengajak semua umat Hindu untuk tidak golput dan memberikan hak suara saat pemilu. Jadi, siapa pun pemimpinannya nanti, itu merupakan pilihan terbaik dari rakyat,” katanya saat ditemui di lokasi sebelum kegiatan dimulai.

Selanjutnya, imbuh dia, sehari sebelum Hari Raya Nyepi atau pada 30 Maret 2014, umat Hindu akan menggelar upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran timur Candi Prambanan. Rencananya, acara itu dihadiri sekitar 15.000 umat Hindu dari berbagai provinsi di Indonesia.

Upacara melasti yang diselenggarakan di sekitar Umbul Geneng di Desa Geneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten itu adalah simbol pembersihan diri, baik dalam perbuatan, perkataan dan pikiran. Upacara itu juga bermakna penyucian alam semesta dan bumi pertiwi agar diberikan keselamatan, perdamaian dan kesejahteraan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya