SOLOPOS.COM - Suryadarma Ali (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Suryadarma Ali (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

KLATEN—Menteri Agama Suryadarma Ali menghadiri Upacara Tawur Agung di area Candi Wisnu Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (22/3). Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi kepada umat hindu di Seluruh Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suryadarma Ali dalam sambutannya mengatakan, setiap timbulnya gangguan kerukunan beragama mengakibatkan hilangnya suasana kondusif di masyarakat. Umat Hindu merawat semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar kerukunan rakyat. Ia berharap makna Tawur Agung bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Upacara Tawur Agung akan sangat bermakna bila tidak berhenti dalam ritual semata,” katanya.

Menurut dia, dalam kehidupan bermasyarakat seperti halnya prinsip Dharma Shanti, bangsa Indonesia masih butuh banyak lagi ruang mediasi untuk jalin kekeluargaan tanpa batas. “Suku, agama, kelompok dan golongan bila terjalin komunikasi kekeluargaan yang baik akan mencapai titik temu kerukunan antar beragama,” imbuhnya.

Suryadarma juga meminta para pemimpin agama menjadi teladan umatnya. Menjauhkan dari kesan pamer, serta meningkatkan solidaritas dan menjauhkan diri dari tindakan tidak terpuji.

Upacara Tawur Agung dihadiri ribuan umat Hindu dari Jawa Tengah dan DIY. Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Ketua Parisadhe Hindu Dharma Pusat, Mayjen Purn Suwisme. Doa dipimpin oleh Pedande Putra Telabah. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya