SOLOPOS.COM - Anggota Pramuka Kota Solo membersihkan area CFD di Jl. Slamet Riyadi Solo, Minggu (14/8/2016). Aksi tersebut dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-55. (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Hari Pramuka diperingati di arena car free day (CFD) pada Minggu (14/8/2016).

Solopos.com, SOLO – Di antara ribuan warga yang memenuhi area hari bebas asap kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di Jl. Slamet Riyadi Solo, Minggu (14/8/2016) pagi, terlihat sepasukan anggota Pramuka mendatangi kawasan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagian dari mereka membawa kantong plastik hitam dengan berbagai ukuran. Sebagian lagi ada yang membawa sapu lidi. Ada pula beberapa yang membawa catut di tangannya.

Mereka berjalan kaki menyusuri sepanjang jalan protokol di Kota Solo itu sembari memasukkan beragam jenis sampah, seperti plastik bekas kemasan makanan atau minuman dan kertas-kertas yang dibuang sembarangan di jalan, ke dalam kantong plastik yang mereka bawa.

Mereka juga membersihkan dedaunan yang berserakan di jalan tersebut dengan menggunakan sapu lidi. Setelah terkumpul, mereka lalu memasukkannya ke kantong plastik.

Sementara yang membawa catut, mencabut paku-paku yang tertancap di pepohonan yang ada di tepian jalan.

Ya, aksi tersebut dilakukan sekitar 200 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Solo dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-55.

Di antara anggota Pramuka tersebut adalah Luthfi, Jessica, dan Davelly, para pelajar Kelas VIII dari SMP Negeri (SMPN) 3 Solo. Dengan penuh semangat, mereka memunguti sampah yang terlihat di sepanjang jalan yang mereka lalui itu.

“Kami sengaja bergabung dalam aksi ini dalam rangka memperingati Hari Pramuka 2016,” ungkap Luthfi ketika ditemui Espos di sela-sela aksi di area CFD, Minggu.

Jessica berharap dengan aksi mereka hari itu, area CFD Minggu pagi tersebut akan terlihat lebih bersih.

“Kami ingin membantu supaya pengunjung CFD juga nyaman,” katanya.

Ketua Bidang Kegiatan Kepramukaan Dewan Kerja Cabang (DKC) Solo, Dionisius Bayu Wiratmoko, menjelaskan, aksi tersebut diawali dengan pelaksanaan upacara pembukaan di Kantor Kwarcab Solo, sekitar pukul 06.30 WIB. Aksi dimulai dari Hotel Novotel sampai perempatan Gendengan.

“Pesertanya adalah anggota Pramuka dari sejumlah SMA dan SMK, antara lain SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, SMA Kristen 1, SMKN 1, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 7, SMKN 8, SMKN 9, SMK Smart Informatika (SMKIT), dan SMK Kristen 2. Ada juga anggota Pramuka dari SMPN 3 yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan sumbangsih Pramuka untuk pelestarian alam.

Terpisah, Kepala Kantor Gerakan Pramuka Kwarcab Solo, Bambang Tri W, menambahkan, dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-55, diadakan serangkaian kegiatan selama Agustus 2016 ini.

“Salah satu agendanya adalah Ulang Janji yang dilaksanakan Sabtu (13/8) malam di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Solo. Kegiatan diikuti sekitar 226 anggota Pramuka Kota Solo. Ulang Janji dipimpin oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo,” jelasnya.

Sebagai informasi Kota Solo juga telah mengirimkan 32 kontingen untuk mengikuti Jambore Nasional 2016, di Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, mulai Minggu hingga Minggu (21/8/2016). Mereka telah dilepas Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo, Selasa (9/8/2016).

Bambang menginformasikan, upacara peringatan Hari Pramuka tahun ini akan digelar 6 September mendatang, sekaligus saat pelaksanaan Estafet Tunas Kelapa 2016.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya