SOLOPOS.COM - TERIMA LENCANA PRAMUKA UTAMA

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paku Alam IX mengharapkan anggota pramuka memberikan teladan sikap disiplin dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sri Paku Alam IX mengatakan dalam menyongsong Indonesia emas, 31 tahun lagi anak-anak yang duduk di bangku SMA sederajat telah menjadi pemimpin negeri.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

“Oleh karena itu, pembentukan karakter menjadi sangat utama apabila tidak ingin 2045 banyak korupsi dan dekadensi moral,” kata Sri Paku Alam IX dalam acara puncak Hari Pramuka ke-53 se-DIY yang digelar di Alun-Alun Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (14/8/2014).

Ia mengatakan gerakan pramuka merupakan media untuk pembentukan karakter anak bangsa. Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka secara tegas dan jelas merumuskan tujuan sikap pramuka yang memiliki kepribadian, beriman, taat hukum, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan menjaga NKRI.

Ia mengharapkan pada Hari Pramuka ke-53, gerakan pramuka membentuk anak didik yang siap menjadi pemimpin yang mampu memajukan dan mengembangkan bangsa Indonesia.

“Strategisnya gerakan pramuka maka melalui departeman pendidikan dan kebudayaan diputuskan gerakan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib disekolah,” katanya.

Dia berharap, kebijakan itu segera disosialisasikan kepada jajaran kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota, kepala bidang terkait, kwartir cabang, kepala sekolah, dan seluruh guru.

“Implementasi dari keputusan ini memang harus dikoordinasikan dan disiapkan bersama,” kata dia.

Petugas Humas Kwarda Gerakan Pramuka DIY Ika Prasetyo Dwiantoro mengatakan upacara apel itu diikuti dari SD, SMP, dan SMA di Kecamatan Wonosari.

Dalam apel itu, juga disuguhkan berbagai unjuk kebolehan para peserta apel.

“Harapannya, seluruh gugus depan di seluruh DIY bisa mewujudkan tujuan pramuka. Selain itu, para pembina diharapkan lebih optimal lagi untuk pembentukan karakter kaum muda lebih masif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya