Hari Pertama PTM Madiun, Pelajar SD Swab Antigen Sebelum Masuk Kelas

Pembelajaran tatap muka hari pertama di Kota Madiun dilaksanakan Senin (27/9/2021). Sejumlah sekolah mensyaratkan tes swab antigen Covid-19 sebelum masuk kelas.

 Petugas kesehatan mengambil spesimen rapid test antigen bagi siswa di SDN 01 Kartoharjo, Kota Madiun, Senin (27/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Petugas kesehatan mengambil spesimen rapid test antigen bagi siswa di SDN 01 Kartoharjo, Kota Madiun, Senin (27/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Suara riuh anak-anak berseragam merah putih kembali menggema di sekolah dasar Kota Madiun, Senin (27/9/2021) pagi. Mereka mulai mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

Senin menjadi hari pertama pelajar sekolah dasar masuk sekolah. Orangtua terlihat mengantarkan anaknya ke sekolahan. Pemandangan baru setelah hampir 19 bulan aktivitas pembelajaran di sekolah ditutup karena pandemi Covid-19.

Pantauan Madiunpos.com di SDN 05 Madiun Lor dan SDN 01 Kartoharjo, siswa yang masuk sekolah harus menjalani rapid test antigen Covid-19. Pihak sekolah bekerja sama dengan petugas kesehatan puskesmas setempat untuk mengambil spesimen seluruh siswa.

Baca Juga: Unipma Siap Gelar PTM, Mahasiswa Wajib Vaksin Covid-19 Dosis Satu

Anak-anak sekolah dasar itu harus mengantre pemeriksaan tes swab antigen Covid-19 sebelum masuk kelas. Mereka diperbolehkan masuk kelas untuk mengikuti belajar tatap muka setelah dinyatakan negatif Covid-19.

Siswa kelas VI SDN 01 Kartoharjo, Tarangga Yuvian Syah Hartono, mengaku senang bisa kembali belajar tatap muka di sekolah. Dia senang karena bisa bertemu teman-teman serta guru.

“Syaratnya tadi harus vaksin dan mengikuti rapid test antigen. Tadi pas diswab [ambil spesimen], lumayan sakit,” kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com.

Hal senada disampaikan siswi kelas V SDN 01 Kartoharjo lainnya, Chianiq Elmaira Eksiananta. Selama masa pandemi, dia belajar secara online di rumah. Chianiq menuturkan kegiatan belajar di kelas sangat mengasyikkan.

Baca Juga: Duh, 3 Siswa di Madiun Diketahui Positif Covid-19 saat Skrining PTM

“Ya lebih enak belajar di sekolah. Penjelasan dari guru bisa lebih dipahami. Kalau pembelajaran online hanya dikasih video saja,” kata dia.

Kepala SDN 01 Kartoharjo, Sriyatun, mengatakan 173 siswa di sekolahnya menjalani PTM terbatas. Siswa kelas IV, V, dan VI mengikuti PTM. PTM dilakukan dua sesi dalam satu hari. Sekolah membatasi PTM pada Senin dan Rabu.

Sriyatun menyampaikan kegembiraan guru tidak kalah dibandingkan siswa. Akhirnya guru bisa melepas rindu dengan siswa.

“Siswa kelas IV sebanyak 56. Kelas V sebanyak 54 anak. Dan kelas VI sebanyak 62 anak. Tadi sebelum masuk kelas di-antigen terlebih dahulu. Rencananya siswa kelas I, II, dan III juga akan PTM. Tapi masih pekan depan. Untuk harinya direncanakan Selasa dan Kamis,” katanya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tidak Tes DNA, Kasus Pengusaha Sragen Hamili Gadis Madiun Dilimpahkan

Polres Madiun Kota tidak melakukan tes DNA, tetapi langsung melimpahkan kasus penculikan dan pencabulan anak melibatkan pengusaha Kabupaten Sragen ke kejari setempat.

Ini Penampakan Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya Usai Digerebek Polisi

Polisi tidak memasang garis polisi pada bangunan kantor pinjol ilegal di Surabaya yang digerebek Kamis (21/10/2021).

Pos Polisi Angker Disulap Jadi Warung Pecel Lele, Horor Gak Ya?

Pos polisi yang angker di Jombang, Jawa Timur, disulap menjadi warung pecel lele.

Giliran Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya, 13 Orang Ditangkap

Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menggerebek kantor pinjol ilegal di Surabaya, Kamis (21/10/2021) dan menangkap 13 orang.

Hari Ini, Anak Di Bawah Usia 12 Tahun Boleh Naik Kereta, Cek Syaratnya

PT KAI mengeluarkan peraturan terbaru terkait penumpang kereta api, khususnya anak-anak di bawah usia 12 tahun sudah diperbolehkan naik kereta api mulai Jumat (22/10/2021).

Malang Berguncang Gara-gara Gempa Magnitudo 5,3

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 terjadi di Kabupaten Malang pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.21.15 WIB.

Penampakan Ikan Tanpa Ekor di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Dew Wijck

Nelayan di Lamongan menyebut lokasi tenggelamnya kapal van der Wijck angker karena banyak penampakan, seperti ikan besar tanpa ekor.

Buntut Perusakan Bus Arema FC, Persebaya Kirim Permintaan Maaf

Buntut perusakan bus Arema FC di Jogja, Persebaya Surabaya menyampaikan permintaan maaf.

Horor! Ini Cerita Penyelam di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Lokasi tenggelamnya kapal Van der Wijck di perairan Lamongan tahun 1936 dikenal angker.

Hore! Kabupaten Madiun Level 2, Sudah Boleh Piknik?

Pemkab Madiun belum mengizinkan tempat wisata beroperasi padahal Kabupaten Madiun masuk daerah yang menerapkan PPKM Level 2.

Inspektorat Panggil Pejabat Pemkab Madiun yang Telantarkan Istri Siri

Inspektorat Kabupaten Madiun memanggil pejabat Pemkab Madiun yang dilaporkan karena telah menelantarkan istri sirinya.

Mobil Panther Tabrak Truk Tangki di Madiun, Pengemudi Luka-Luka

Pengemudi mobil Isuzu Panther, Indra Yuga Eko Hasmoro, 28, mengalami luka-luka setelah terlibat kecelakaan Kamis (21/10/2021) sekitar pukul 14.15 WIB.

100 Ton Sampah per Hari, TPA Winongo Madiun Penuh

TPA Winongo di Kota Madiun sudah penuh bahkan kelebihan kapasitas karena rata-rata 100 ton sampah masuk ke TPA per hari.

Bus Arema FC Diserang Oknum Suporter Berbendera Persebaya

Bus Arema FC diserang oknum suporter berbendera Persebaya di Jogja, Rabu (20/10/2021) malam.

Viral! Bupati Jember-Istri Nyanyi dan Joget di Pesta Pernikahan

Bupati Jember bersama istrinya bernyanyi dan berjoget dalam acara pernikahan, Minggu (17/10/2021) siang.