SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Sebagian siswa Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMU/SMK) yang berencana mengikuti proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2019, mendapati kenyataan kurang menggembirakan lantaran susah mengakses situs SNMPTN, https://web.snmptn.ac.id.

Para siswa ingin melihat hasil penilaian dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), apakah berhak mengikuti proses pendaftaran SNMPTN 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut jadwal, pada Senin (4/2/2019), LTMPT mengumumkan  siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibel untuk mendaftar SNMPTN tahun 2019. Termasuk pengumuman jumlah sekolah yang siswanya eligibel (berhak) bisa mendaftar di SNMPTN 2019.

Siswa yang hendak melihat pengumuman hasil tersebut, menumpahkan kekecewaannya di akun media sosial masing-masing di antaranya di Twitter. Berikut beberapa ocehan mereka:

@athirasafiraa: ada yang udah bisa log in? #Snmptn2019
‏@icepangriz: memang sengaja ingin membuat aku marah #SNMPTN2019
‏@stillstayforskz: Temen temen ku udah pada kirim gambar yang tulisannya selamat anda memenuhi persyaratan untuk mengikuti snmptn 2019, lah aku buka aja belum :’)))
@bewhy131: Buat yang masih menghadapi server snmptn down, dicoba terus ya gaesss, reload teross sampe sukses!! Semangatt!

Panitia LTMPT memberikan panduan singkat kepada siswa yang dinyatakan berhak mendaftar SNMPTN 2019. Tercatat sebanyak 613.860 siswa yang dinyatakan berhak mendaftar SNMPTN 2019. Adapun jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Bagaimana cara mendaftar SNMPTN 2019? Ikuti panduan singkat berikut ini:

  • Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  • Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami “seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan”.
  • Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-cita.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan  memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya