Hari Pertama Buka, Wisata WGM Wonogiri Dikunjungi 1.158 Orang
Petugas menyemprotkan disinfektan di area wahana permainan anak di Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Minggu (29/11/2020). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 1.158 orang mengunjungi Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri saat hari pertama buka, Minggu (29/11/2020). Pendapatan dari tiket lebih dari Rp12 juta.

Kepala UPTD Pengelolaa Wisata Wonogiri, Pardianto, kepada Solopos.com, Senin (30/11/2020), mengatakan tingkat kunjungan hari pertama buka cukup positif, meski jumlah pengunjung tak sebanyak saat kondisi normal. Pada kondisi normal di akhir pekan jumlah pengunjung rata-rata mencapai 2.000 orang.

Sementara, pada hari biasa pengunjung rata-rata 500 orang. Menurut Pardianto jumlah pengunjung belum seperti biasa lantaran sekarang ini Covid-19 masih mewabah. Selain itu belum banyak masyarakat luar Wonogiri yang mengetahui Wisata WGM sudah buka.

Pilkada Sukoharjo: Ratusan Pendukung EA Ramai-Ramai Datangi Panwascam Gatak, Ada Apa?

“Kami sudah menyosialisasikan Wisata WGM buka melalui media sosial. Setelah ada banyak orang yang berkunjung kemarin [Minggu] kemungkinan besar masyarakat luas akan mengetahui bahwa Wisata WGM sudah buka. Karena, biasanya orang yang berkunjung berfoto lalu diunggah di akun media sosial pribadi,” kata Pardianto.

Dia melanjutkan pemasukan yang diperoleh hanya dari tiket karena wahana belum ada yang dibuka. Harga tiket masuk wisata pada hari biasa Rp10.000/orang dan akhir pekan Rp14.000/orang. Tiket wahana rata-rata Rp5.000/orang. Pengelola masih akan menyiapkan wahana dengan menyesuaikan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Wahana

Dia mencontohkan wahana Omah Jungkir atau tempat berfoto dengan latar terbalik. Wahana itu berada di ruangan tertutup, sehingga perlu diatur sedemikian rupa agar pengunjung tidak berlama-lama dan berkerumun di dalam ruangan. Selain itu ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki terlebih dahulu.

Pengelola akan membatasi kapasitas penumpang perahu. Perahu yang dalam kondisi normal dapat mengangkut 20 orang kini dibatasi maksimal 10 orang. Sementara, perahu cepat atau speed boat yang biasanya dapat mengangkut delapan hingga 10 pengunjung dibatasi maksimal empat sampai lima orang.

Elpiji Biru 12 Kg Akan Ditarik, Pemkab Sukoharjo Gencarkan Penggunaan Bright Gas

Demikian halnya kereta kelinci. Pada kondisi normal satu deret kursi dapat diduduki empat orang. Selama pandemi Covid-19 kapasitasnya dibatasi maksimal dua orang/deret kursi.

“Pembukaan Wisata WGM ini sifatnya masih uji coba. Kami masih perlu membenahi sejumlah fasilitas. Wahana kami targetkan bisa dioperasikan mulai pekan depan,” imbuh Pardianto.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom