SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di flyover Purwosari Solo yang buka untuk uji coba enam hari mulai Senin (21/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Penantian warga Solo untuk melintasi flyover Purwosari akhir berakhir setelah jalan layang itu buka untuk umum mulai Senin (21/12/2020). Pembukaan itu hanya berlangsung enam hari atau sampai 26 Desember 2020.

Warga pun rela menunggu prosesi peresmian oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Senin pagi supaya segera bisa menjajal infrastruktur baru itu. Selama kurun waktu lebih dari 10 bulan, warga harus menghindari kawasan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka harus melintasi jalur lain sesuai manajemen rekayasa lalu lintas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Pengguna jalan yang biasa melintasi kawasan Purwosari mayoritas beralih ke flyover Manahan, underpass Makam Haji, Pasar Nangka, dan Jl A Yani.

Bantah Keterlibatan Gibran, Sritex Tegaskan Pesanan Goodie Bag Kemensos Sesuai Prosedur

Ekspedisi Mudik 2024

Pada Senin pagi, sejumlah pengguna sepeda motor antusias menunggu flyover Purwosari Solo itu buka. Mereka memarkir kendaraan pada citywalk Jl Slamet Riyadi.

Mereka menunggu untuk menjajal jalan sambil memantau rombongan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, sejak pukul 08.00 WIB. Sebagian dari warga tampak mengabadikan gambar melalui kamera telepon seluler.

Pelepasan sejumlah kendaraan dari jajaran Pemkot Solo dan TNI/Polri oleh Wali Kota Solo pada pukul 08.57 WIB menandai pembukaan untuk uji coba flyover itu. Rombongan Wali Kota Solo melakukan perjalanan dari sisi barat.

Skandal Korupsi Bansos Kemensos, Sritex: Tak Ada Rekomendasi Dari Gibran

10 Titik Rawan

Sedangkan sebagian rombongan pejabat Pemkot Solo mulai menjajal jalan layang dari sisi timur flyover Purwosari yang baru buka itu. Kedua rombongan dari barat maupun timur berpapasan pada jalan layang lalu menuju ke underpass Transito, Pajang, yang juga diresmikan pagi itu.

Pengguna jalan atau masyarakat yang antusias atau kebetulan melintasi kawasan Purwosari pun langsung ikut menjajal jalan layang di belakang rombongan. Pembukaan flyover Purwosari yang disambut antusias pengguna jalan berdampak pada berkurangnya jumlah kendaraan pada flyover Manahan, underpass Makamhaji, Pasar Nongko, dan Jl A Yani.

Disebut Terlibat Kasus Korupsi Bansos Kemensos, Segini Dana Kampanye Gibran Rakabuming

Pengguna jalan yang melintasi kawasan Purwosari tidak perlu membayangkan macet pada perlintasan sebidang itu. Kepala Bidang Preservasi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng-DIY, Wahyu S, menjelaskan proyek flyover Purwosari bertujuan mengurangi kemacetan dan kecelakaan pada perlintasan sebidang Purwosari.

Pelaksana proyek berkomitmen menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu walaupun terdapat refocusing 30 persen dari pagu anggaran Rp104 miliar. Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, menjelaskan Pemkot melakukan evaluasi setelah uji coba selama enam hari flyover Purwosari buka untuk umum.

Flyover Purwosari Solo Dibuka Senin Pukul 08.00 WIB, Begini Pengaturan Lalu Lintasnya

Petugas akan bersiaga pada sekitar 10 titik rawan kawasan Purwosari serta memantau dari kamera pengawas. “Pengguna jalan dari arah barat ke stasiun ada dua opsi. Bisa memutar ke Jl Perintis Kemerdekaan, Jl KH Samanhudi, dan Jl Agus Salim. Atau U-turn langsung. Ada pengaturan pada traffic light Purwosari jadi kendaraan arah timur ke barat berhenti. Aman,” katanya.

Kepadatan Lalu Lintas

Menurut Ari, Dishub Kota Solo memprediksi jumlah kendaraan yang melintasi Flyover Manahan turun sekitar 40 persen setelah pembukaan flyover Purwosari hingga pukul 15.00 WIB. Titik kepadatan lalu lintas terpantau pada simpang empat Purwosari dan Gendengan.

“Banyak pengguna jalan yang kembali melintasi Purwosari karena mungkin merupakan lintasan terpendeknya. Selain itu banyak masyarakat yang bereuforia ingin mencoba flyover Purwosari,” paparnya.

Solo Zona Merah, Tidak Ada Lagi Kelurahan 0 Kasus Positif Covid-19

Ia berharap masyarakat yang telah menjajal jalan layang baru itu dapat menggunakan lintasan terdekat. Warga juga ia imbau tidak berswafoto pada jalur flyover khususnya malam hari karena berbahaya.

Semantara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan flyover Purwosari rencananya buka total awal Februari 2021. Hal mengingat pelaksana proyek masih perlu merampungkan sejumlah bagian kawasan.

Pemkot Solo masih memiliki PR untuk empat perlintasan sebidang di Jl HOS Cokroaminoto, Jl Jend Urip Sumoharjo, Pasar Nongko, dan Palang Joglo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya