HARI PERS NASIONAL 2018 : PWI Surakarta Bareng MPN dan PFI Gelar Aneka Kegiatan Peringati HPN

 Monumen Pers Nasional Solo (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLOPOS.COM - Monumen Pers Nasional Solo (JIBI/SOLOPOS/dok)

Hari Pers Nasional di Solo diperingati dengan berbagai kegiatan.

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo akan membuka rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Solo. Pada peringatan HPN kali ini, Monumen Pers Nasional (MPN) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta serta Pewarta Foto Indonesia (PFI) Surakarta juga menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi Workshop Penulisan Buku untuk Guru, Pameran Foto, Workshop Fotografi, Workshop Vlog, Lomba Mewarnai untuk anak PAUD/TK, tirakatan dan lainnya. Rangkaian kegiatan tersebut digelar 9-16 Pebruari 2018.

“Pengurus PWI sudah audiensi dengan Pak Rudy [Wali Kota Solo]. Beliau antusias untuk datang sekaligus membuka rangkaian kegiatan ini,” ungkap Sekretaris PWI Surakarta, Asep Abdullah Rowi, dalam siaran pers yang diterima solopos.com, Senin (12/2/2018).

Untuk diketahui puncak acara HPN 9 Pebruari 2018 telah digelar di Padang dihadiri Presiden Joko Widodo bersama menteri Kabinet Kerja.

Sebelumnya, PWI Surakarta sudah mengawali rangkaian kegiatan Hari Pers dengan melakukan anjangsana kepada para wartawan senior yang sedang dirundung cobaan sakit, pada 5 Pebruari lalu. Antara lain ke rumah Joko Widodo (wartawan Antara), Sakdani Darmopamujo (mantan Ketua PWI), Abdullah (mantan wartawan RRI).

“Tak ketinggalan pula kami mendoakan dan berziarah ke sejumlah wartawan yang sudah almarhum yang tahun ini diwakili ke makam Almarhum Kastoyo Ramelan. Karena setiap tahun kita gilir perwakilan kunjungan makamnya. Apa yang dilakukan ini sebagai upaya tetap menjalin keakraban dan perhatian di antara para wartawan dan keluarganya,” ungkap Asep Abdullah.

Ketua Panitia HPN dari PWI Surakarta, Ade Udjianingsih, menambahkan tirakatan hari pers akan digelar di Ruang Stupa Kompleks Monumen Pers pada Senin (12/2/2018) malam. “Kami harapkan rekan-rekan wartawan di eks Karesidenan Surakarta bisa hadir,” katanya.

Kepala MPN, Yuliarso, menambahkan selain HPN, kali ini juga memperingati satu abad Gedung Monumen Pers atau yang dulunya bernama Gedung Sasana Soeka.

“Jadi rangkaian kegiatan ini sekaligus juga memperingati satu abad gedung MPN. Kali ini kita juga akan menggelar Museum Talk, yakni kami mengundang museum-museum di kawasan eks Karesidenan Surakarta sharing bersama tentang persoalan museum di kawasan ini,” ungkap Yuliarso.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB

Pencemaran Bengawan Solo, Pelaku Ngaku Buang Ribuan Liter Limbah Ciu Ke Sungai Samin Setiap Hari

Polres Sukoharjo menggelar perkara kasus buang limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo dengan peragaan oleh dua pelaku.

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargisari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Upaya Penyisiran Lokasi Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Cilacap

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV menyebabkan dua orang meninggal

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.

Mau Tahu Harta Kekayaan Para Artis yang Jadi Anggota DPR? Ini Daftarnya

Masyarakat sebenarnya bisa ikut memantau harta kekayaan para artis yang jadi anggota DPR ini.

Kelola Sampah Organik dengan Maggot, Omah Limbah Gempol Klaten Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Omah Limbah Gempol mengelola sampah organik agar berdaya guna sebagai pakan utama maggot alias belatung dari lalat BSF.

Hati-Hati Lur! Jembatan Trobayan Sragen Retak-Retak, Rawan Ambles

Jembatan Trobayan di Kalijambe Sragen kembali rusak hingga mengancam keselamatan pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan roda empat atau lebih.

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Kisah Kades Gempol Klaten yang Diprimpeni Arwah Leluhur saat Jalani Isoman

Kepala Desa (Kades) Gempol, Kecamatan Karanganom, Edy Suryanta, merupakan salah seorang penyintas Covid-19 di desanya, Jumat (17/9/2021).

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.